Abstract

Abstrak

Komunikasi antarpribadi merupakan aktivitas yang rutin dilakukan oleh makhluk sosial dalam kehidupan sehari-hari, salah satu diantaranya adalah siswa. Tujuan dari penelitian iniuntuk menghasilkan model bimbingan kelompok dengan teknikpermainan simulasi yang efektif  untuk meningkatkan kemampuan komunikasiantarpribadi siswa.DalamPenelitian inipeneliti menggunakan metode penelitiandan pengembangan (research and development). Model bimbingan kelompok denganteknik permainan simulasi ini divalidasi oleh empat orang pakar bimbingan dankonseling dan 2 orang praktisi bimbingan dan konseling, serta diuji cobakankepada 10 orang siswa yang dipilih secara purposive sampling. Berdasarkan hasiluji efektivitas, diperoleh nilai signifikansi hitung (Sig.2-tailed) pada uji-t sebesar0,001 pada taraf  signifikansi 95%. Hal ini menunjukkan bahwa model bimbingankelompok dengan teknik permainan simulasi inibahwahasilnya efektif  untukmeningkatkan kemampuan komunikasi antarpribadi siswa.

Abstract

Interpersonal communication is a daily activity which is needed in everyday life. The objectiveof  this research is to produce an effective group counseling model using simulation games toincrease students’ interpersonal communication ability. The type of  this research is researchand development in which the researcher formulates and produces the product. The productwas validated by four guidance and counseling experts, two practitioners of  guidance andcounseling, and ten students who were chosen using purposive sampling. Based on the t-testthat is used to calculate the affectivity of  a product, the result showed 0,001 to the significanceof  95%. It showed that the model developed is effective to increase the students interpersonalcommunication ability.