Abstract

Masalah penelitian ini adalah bagaimana model bimbingan kelompok dengan teknik role playing yang efektif untuk mengembangkan kepercayaan diri siswa? Tujuan penelitian ini menghasilkan model bimbingan kelompok dengan teknik role playing  yang  efektif  untuk  mengembangkan  kepercayaan diri siswa.

Penelitian ini menggunakan metode Penelitian dan Pengembangan Pendidikan (Educational Research and Development). Sampel yang digunakan purposive sampling. Ada enam tahap pengembangan yaitu: (1) study lapangan dan kajian pustaka, (2) merancang model, (3) uji kelayakan hipotetik dan uji kelayakan rasional model, (4) perbaikan model hipotetik, (5) uji lapangan dan (6) model akhir. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif.

Hasil penelitian adalah mengembangkan model bimbingan kelompok dengan teknik role playing. Tingkat kepercayaan diri siswa mengalami kenaikan sebesar 20,86% dari sebelumnya 57,57% meningkat menjadi 78,43%. Peningkatan tersebut terjadi pada semua aspek kepercayaan diri. Hasil uji statistik wicoxon menunjukkan nilai probabilitas dibawah 0,05 (0,0025<0,05), artinya bahwa bimbingan kelompok teknik role playing efektif untuk mengembangkan kepercayaan diri siswa. Hasil implementasi model menunjukkan bahwa model bimbingan kelompok dengan teknik role playing terbukti efektif mengembangkan kepercayaan diri siswa. Model bimbingan kelompok dengan teknik role dapat digunakan konselor sebagai salah satu model layanan dalam membantu siswa SMP untuk mengembangkan kepercayaan diri siswa

 

The research problem is how to model guidance role playing group with an effective technique to develop students' self-confidence? The purpose of this study produced a model guidance role playing group with an effective technique to develop students' confidence.

This study uses a Research and Development Education (Educational Research and Development). Sample of 10 students selected by purposive sampling. There are six stages of development, namely: (1) a field study and literature review, (2) designing the model, (3) test the feasibility and feasibility hypothetical rational models, (4) improving the hypothetical model, (5) and field testing (6) final model. Analysis of the data used is qualitative and quantitative data analysis.

The results of the research is to develop a model of group counseling with role playing techniques. Level of confidence of students increased by 20.86% from the previous 57.57% increase to 78.43%. The increase occurred in all aspects of self-confidence. Wicoxon statistical test results indicate the probability value below 0.05 (0.0025 <0.05), meaning that the role-playing group counseling techniques effectively to develop students' confidence. Group counseling models with role playing techniques should be used as a counselor in the service model helps junior high school students to develop students' confidencee