Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pelaksanaan bimbingan klasikal di TK Negeri Pembina Pontianak dan mengetahui tingkat kepercayaan diri anak sebelum diberikan layanan bimbingan klasikal dengan teknik role playing, menemukannya model bimbingan klasikal dengan teknik role playing untuk meningkatkan kepercayaan diri anak TK Negeri Pembina Pontianak, dan mengetahui tingkat efektifitas model bimbingan klasikal dengan teknik role playing untuk meningkatkan kepercayaan diri anak TK. Penelitian ini adalah sebuah penelitian dan pengembangan. Model bimbingan klasikal dengan teknik role playing untuk meningkatkan kepercayaan diri anak diujicobakan kepada 20 anak sebagai subjek penelitian yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model bimbingan klasikal dengan teknik role playing efektif meningkatkan kepercayaan diri anak. Hal ini ditunjukkan dengan perubahan tingkat kepercayaan diri sebelum diberikan perlakuan (pre-test) dan setelah diberikan perlakuan (post-test) sebesar 44,66%. Peneliti menyarankan guru dapat lebih aktif mengikuti pelatihan-pelatihan yang berkaitan dengan model bimbingan klasikal, agar guru dapat memiliki wawasan lebih mengenai bimbingan dan konseling khususnya bimbingan klasikal.

 

This  aims of this study  are: to describe the implementation of the classical guidance in  Pembina State kindergarten of Pontianak and to determine the level of confidence before giving the  classical guidance services with the role playing techniques, the discovery of the classical model of guidance with  role playing techniques to increase the confidence of kindergarten’s  student of Pembina State of Pontianak, and to determine the level of the effectiveness classical guidance techniques with role playing models to increase the confidence of  kindergarten’s  student. This study is a research and development. The classical guidance techniques with role playing  Model to boost the confidence of students. The research subjects were 20 children which selected with purposive sampling technique. The results showed that the model is classical guidance technique  using role playing effective to increas the students’ confidence. This is indicated by  the changes in the level of confidence before giving the treatment (pre-test) and after giving  the treatment (post-test) with the average score is 44.66%. The writer suggests that  teachers are  actively doing trainings  related to the classical guidance techniques, so that teachers are able to  holding  guidance and counseling especially classical guidance