MODEL BIMBINGAN BELAJAR BEHAVIORISTIK UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA
Abstract
Hampir setiap kelas SMA ditemukan beberapa siswa yang kurang kreativitasnya.untuk itu dioandang perlu mencari berbagai alternatif untuk mengembangkannya. Salah satu cara yang diduga bisa dilakukan untuk mengembangkan adalah dengan bimbingan belajar dengan memperhatikan nilai-nilai behavioristik. Masalah bagaimanakah model bimbingan belajar behavioristik yang dapat meningkatkan kreativitas belajar siswa. Tujuan umum penelitian yaitu menghasilkan rumusan model bimbingan belajar yang dapat meningkatkan kreativitas belajar siswa. Untuk itu dilakukan penelitian dan pengembangan dengan uji coba terbatas terhadap siswa SMA negeri 2 Semarang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model bimbingan belajar behavioristik yang yang diuji cobakan secara terbatas terhadap siswa SMA Negeri 2 Semarang menunjukkan efektivitas bagi peningkatan kreativitas belajar siswa. Mendasarkan hasil penelitian tersebut, disarankan kepada guru-guru, khususnya guru SMA perlu memperhatikan kemampuan atau potensi siswa dalam mengembangkan kreativitasnya, menghargai kreativitas anak, bersikap terbuka terhadap gagasan-gagasan baru, mengakui dan menghargai adanya perbedaan individual. Bagi anak diharapkan bisa ikut mengambil bagian dalam merencanakan pekerjaan sendiri dan pekerjaan kelompok.
Almost in every classes in High-School we can find students with low creativity. Therefore finding alternatives to develop their creativity is needed. One of the way is doing a learning supervision by paying attention on behaviouristic values. The problem in this research is how to find a behaviour learning supervision which can increase student’s learning creativity. In order to achieve that goal, a research and development was carried out in State Senior-High School 2 of Semarang. The research result shows that the behaviour learning supervision model which is piloted in State Senior-High School 2 Semarang performs the effectivity to increase student’s learning creativity. Based on the research result, teachers (especially enior-High School Teachers) are suggested to focus on the students ability or potentials in developing creativity, respecting children’s creativity, and being open with new ideas, acknowledging and aware of indifidual different. Children are supposed to take part in planning a personal business and groupworks.