MODEL BIMBINGAN BELAJAR BERBASIS HADITS NABI SALALLAHU’ALAIHI WA SALLAM UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan model bimbingan belajar berbasis hadits nabi salallahu’alaihi wa sallam untuk meningkatkan kecerdasan emosional siswa. Subjek penelitian adalah siswa SMK Kesehatan Bina Karya Medika Ponorogo. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Alat pengumpul data yang digunakan meliputi wawancara dan skala psikologis kecerdasan emosional. Hasil penelitian adalah model bimbingan belajar berbasis hadits nabi salallahu’alaihi wa sallam untuk meningkatkan kecerdasan emosional siswa, meliputi; rasional, asumsi dan pengertian, tujuan, target pengembangan, indikator pengembangan, konsep kunci, teknik, fungsi dan peran guru BK, kualifikasi guru BK, tahap-tahap pelaksanaan, fungsi, dan evaluasi. Hasil penelitian ini menunjukan kenaikan rata-rata sebesar 17,75 % dari kategori sedang ke tinggi. Sedangkan hasil analisis statistik uji wilcoxon menunjukkan nilai sig.=0.028<α = 0.05 maka dapat dikatakan bahwa â€terdapat perbedaan antara sebelum dan setelah mendapatkan perlakuanâ€, dengan kata lain hipotesis yang diajukan diterima. Simpulan penelitian, model bimbingan belajar berbasis hadits nabi salallahu’alaihi wa sallam efektif untuk meningkatkan kecerdasan emosional siswa.
Â
The goal of this research is to produce the learning guidance model based hadith prophet salallahu’alaihi wa sallam to improve student’s emotional intelligence. The subject of this research is vocational school students Kesehatan Bina Karya Medika Ponorogo. Sampling technique used was purposing sampling. Data collector tools which is used include interview and psychological scale of emotional intelligence. The result of the research is learning guidance model based hadith prophet salallahu’alaihi wa sallam to improve student’s emotional intelligence, including; rational, assumption and understanding, purpose, development targets, development indicators, key concepts, techniques, functions and roles of guidance and counseling teachers, the qualification of guidance and counseling teachers, stages of implementation, function and evaluation. The result of statistical analysis of wilcoxon test shows sig.= 0.028<0.05, which mean is “there are differences between before and after getting treatmentâ€. In other words, the hypothesis which is submitted has been accepted. Conclusion of research, the model of learning guidance based on hadith of prophet mohammed salallahu’alaihi wa sallam is effective enough to improve student’s emotional intelligence.