PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING BERBASIS APLIKASI LECTORA INSPIRE UNTUK KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA ARAB SISWA MTs KELAS VIII

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Toto Wijoyo

Abstract

Abstrak
___________________________________________________________________
Berdasarkan data dari badan pusat statistic (BPS), salah satu permasalahan siswa adalah kesulitan dalam pembelajaran membaca yang disebabkan oleh minat baca siswa sangat sedikit. Untuk itu perlu dikembangkan sebuah media pembelajaran yang dapat memotivasi siswa dalam meningkatkan minat baca siswa. Salah satunya dengan Media E-Learning. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas media E-Learning berbasis aplikasi Lectora Inspire untuk keterampilan membaca bahasa Arab dengan kelas uji coba adalah kelas VIII MTs Negeri 1 Semarang setelah dilakukan analisis kebutuhan, desain prototype, dan validitas ahli terhadap media. Desain penelitian ini adalah research and development (R&D). Data penelitian ini diperoleh melalui tes dan non tes. Kesimpulan penelitian ini adalah hasil analisis kebutuhan menunjukkan guru dan siswa menghendaki sebuah media E-Learning. Penilaian ahli media dan ahli materi menujukkan hasil kesesuaian pada media E-Learning. Hasil uji hipotesis diterima, dengan rincian hasil uji hipotesis pihak kanan yang dihasilkan dari nilai siswa mengerjakan soal tes menunjukkan t hitung 18,158 dan hasil penilaian siswa melalui angket menujukkan t hitung 35,05. Semuanya jatuh di daerah penerimaan Ha, sehingga Ha diterima dan produk baru lebih efektif dari produk lama.

Abstract
___________________________________________________________________
Based on data from the central statistical agency (BPS), one of the problems the students are difficulties in learning to read due to students read very little. For it is necessary to develop a media that can motivate students to improve students' reading interest. One of them with Media E-Learning. The purpose of this study to examine the effectiveness of media-based E-Learning applications for Lectora Inspire Arabic reading skills with classroom trials is a class VIII MTs Negeri 1 Semarang after a needs analysis, prototype design, and the validity of the expert to the media. This study design is a research and development (R & D). The research data was obtained through the test and non test. The conclusion of this study is the result of a needs analysis shows teachers and students require a media E-Learning. Expert assessment of media and subject matter experts in the media shows the results of the suitability of E-Learning. Hypothesis test results received, with details of the results of hypothesis testing right parties resulting from the value of students' work on the problems test showed t 18.158 and student assessment results through questionnaires showed t 35.05. Everything falls in the reception area Ha, so Ha is received and the new product is more effective than the old products.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

Buku Referensi
Ainin, Moh, M, Tohir dan Imam Asrori. 2006. Evaluasi dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: Misykat.
Ainin, Moh. 2010. Metodologi Penelitian Bahasa Arab. Malang: Hilal.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arsyad, Azhar. 2010. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Atho’, Ibrohim Muhammad. 1996. الهضة المصرية طريق تدريس اللغة العربية والتربية الدينية مكتبة.

Daryanto. 2011. Media Pembelajaran (Pernannya Sangat Penting Dalam Memenuhi Tujuan Pembelajaran. Yogyakata: Gava Media.
Effendy, Ahmad Fuad. 2009. Metodologi Pengajaran Bahasa Arab. Malang: Misykat.
-----------. 2012. Metodologi Pengajaran Bahasa Arab. Malang: Misykat.
Hamidi. 2000. Metode Penelitian Kualitatif. Malang: UMM Press.
Haryadi. 2006. Retorika Membaca:Model Membaca dan Teknik. Semarang: Rumah Indonesia.
Hoetomo, As’ad. 2005. Keterampilan Membaca Anak Indonesia. Bandung: Aneka Pustaka
Makruf, Imam. 2009. Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Aktif. Semarang: Need’s Press
Mas’ud, Muhamad. 2012. Tutorial Lectora 1 Membuat Media Pembelajaran dengan Lectora. Yogyakarta: Pustaka Shonif.
Mujib, Fathul dan Rahmawati nailur. 2012. Permainan Edukatif pendukung Pembelajaran Bahasa Arab. Yogjakarta: Diva Press
Mukhtar. 2013. Metode Praktis Penelitian Deskriptif Kualitatif. Jakarta: Referensi.
Nuha, Ulin. 2012. Metodologi Super Efektif Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: DIVA Press.
Nurgiyantoro, Burhan. 2011. Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE.
Rahim, Haryadi. 2008. Retorika Membaca: Model Membaca dan Teknik. Semarang: Rumah Indonesia.
Setiyadi, Bambang. 2006. Metodologi Penelitian untuk Pengajaran Bahasa Asing. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Seifert, Kelvin. 2007. Manajemen Pembelajaran Dan Instruksi Pendidikan. Yogjakarta: Ircisod.

Shalahuddin, M. Rosa, A.S. 2011. Modul Pembelajaran Rekayasa Perangkat Lunak (Terstruktur dan Berorientasi Objek). Bandung: Modula.
Siregar, Syofian. 2010. Statistika Deskriptif untuk Penelitian. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Sudijono. 2008. Pengantar Statistika Pendidikan. Jakarta : Raja Grafindo Perkasa.
Sudjana, Nana dan Ahmad Rivai. 2009. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sugiyono. 2013. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
-----------. 2014. Metode Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfa Beta.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Soeparno. 1988. Media Pengajaran Bahasa. Jakarta: Logos.
Suparno, Adi. 2001. Membaca: Strategi Pengantar dan Tekniknya. Jakarta: DepdikBud Dirjen.
Tampubolon, Dp. 1998. Kemampuan Membaca Teknik Membaca Efektif dan Efisien. Bandung: Angkasa.
Tarigan, Henry. 2008. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Skripsi
Anisah. 2011. Pemanfaatan Media Komik dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Nyaring Berbahasa Arab pada Siswa Kelas VIIIB MTs. Salafiyah Karangtengah Warungpring-Pemalang Tahun Ajaran 2010/2011. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Cismanto. 2011. Peningkatan Keterampilan Membaca Bahasa Arab melalui Media Weblog pada Internet bagi Siswa Kelas VIII MTs Negeri Petarukan-Pemalang Tahun Ajaran 2009/2010. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Firiyani, Dewi. 2013. Efektifitas Media E-Learning Terhadap Keterampilan Menulis Bahasa Arab Kelas XI Bahasa SMA Islam Sudirman Ambarawa. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Hidayah, Miftakhul. 2013. Pengoptimalan Keterampilan Membaca Bahasa Arab Dengan Model Pembelajaran Tutor Sebaya di Kelas VII H MTs Negeri Kendal Tahun 2012/2013. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Mursyid, Muhamad. 2013. Arabic Story Book : Media Keterampilan Membaca Bahasa Arab Kelas IV MI Miftahul Hidayah Visualisasi Tiga Dimensi. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Internet
http://bps.go.id diunduh pada 2 februari 2015 pukul 19.32
http://mudjiarahardjo.com diunduh pada 1 maret 2015 pukul 10.10 WIB
http://teknologipendidikan.net/2012/02/29/ragam-jenis-elearning/, diunduh pada 4 Februari 2013 pukul 18:37