PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ARABIC THEMATIC VIDEO PADA KETERAMPILAN BERBICARA BAGI SISWA KELAS VIII MTS
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Abstrak
___________________________________________________________________
Minat belajar bahasa Arab yang rendah dan kesulitan berbicara bahasa Arab dialami oleh banyak siswa pada tingkat MTs. Secara umum kesulitan ini terjadi karena adanya beberapa faktor baik faktor internal maupun eksternal, salah satunya yaitu minimnya penggunaan media pembelajaran yang sesuai dan variatif. Peneliti menawarkan solusi dari masalah tersebut dengan mengembangkan media pembelajaran berupa video pembelajaran bahasa Arab bertema (Arabic Thematic Video) untuk meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa. Desain penelitian ini adalah desain Research and Development (R&D). Data diperoleh dari hasil wawancara, observasi, dokumentasi, dan angket. Prototipe media pembelajaran Arabic Thematic Video disajikan secara interaktif dan dikembangkan menggunakan aplikasi Adobe Flash CS6 yang terdiri dari menu kompetensi, kosakata, video (percakapan), pembahasan, evaluasi, dan profil. Penilaian para ahli, dosen pembimbing, dan guru menunjukkan bahwa media ini secara umum sudah baik dan sangat sesuai baik dilihat dari aspek materi maupun tampilan.
Abstract
___________________________________________________________________
Interest in learning Arabic is low and difficulty speaking Arabic experienced by many students at the junior level. In general, this difficulty is due to several factors, both internal and external factors, one of which is the lack of appropriate use of instructional media and varied. Researchers offer solutions to these problems by developing a learning media such as video-themed learning Arabic (Arabic Thematic Video) to encourage and increase student motivation. This study design is the design of Research and Development (R & D). Data obtained from interviews, observation, documentation, and questionnaire. Thematic learning Arabic media Prototype Video is presented in an interactive and applications developed using Adobe Flash CS6 menu consists of competence, vocabulary, video (conversation), discussion, evaluation, and profiles. Assessment experts, lecturers, and teachers indicated that these media are generally good and very appropriate both from the aspect of material and appearance.
___________________________________________________________________
Minat belajar bahasa Arab yang rendah dan kesulitan berbicara bahasa Arab dialami oleh banyak siswa pada tingkat MTs. Secara umum kesulitan ini terjadi karena adanya beberapa faktor baik faktor internal maupun eksternal, salah satunya yaitu minimnya penggunaan media pembelajaran yang sesuai dan variatif. Peneliti menawarkan solusi dari masalah tersebut dengan mengembangkan media pembelajaran berupa video pembelajaran bahasa Arab bertema (Arabic Thematic Video) untuk meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa. Desain penelitian ini adalah desain Research and Development (R&D). Data diperoleh dari hasil wawancara, observasi, dokumentasi, dan angket. Prototipe media pembelajaran Arabic Thematic Video disajikan secara interaktif dan dikembangkan menggunakan aplikasi Adobe Flash CS6 yang terdiri dari menu kompetensi, kosakata, video (percakapan), pembahasan, evaluasi, dan profil. Penilaian para ahli, dosen pembimbing, dan guru menunjukkan bahwa media ini secara umum sudah baik dan sangat sesuai baik dilihat dari aspek materi maupun tampilan.
Abstract
___________________________________________________________________
Interest in learning Arabic is low and difficulty speaking Arabic experienced by many students at the junior level. In general, this difficulty is due to several factors, both internal and external factors, one of which is the lack of appropriate use of instructional media and varied. Researchers offer solutions to these problems by developing a learning media such as video-themed learning Arabic (Arabic Thematic Video) to encourage and increase student motivation. This study design is the design of Research and Development (R & D). Data obtained from interviews, observation, documentation, and questionnaire. Thematic learning Arabic media Prototype Video is presented in an interactive and applications developed using Adobe Flash CS6 menu consists of competence, vocabulary, video (conversation), discussion, evaluation, and profiles. Assessment experts, lecturers, and teachers indicated that these media are generally good and very appropriate both from the aspect of material and appearance.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
References
Ainin, dkk. 2010. Metodologi Penelitian Ainin, dkk. 2010. Metodologi Penelitian Bahasa Arab. Surabaya: Hilal Pustaka.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arsyad, Ashar. 2007. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Asyhar, Rayandra. 2012. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta:Referensi Jakarta.
Danasasmita, Wawan. 2009. Metodologi Pembelajaran Bahasa Jepang. Bandung: Rizqi Press.
Daryanto. 2011. Media Pembelajaran (Pernannya Sangat Penting dalam Memenuhi Tujuan Pembelajaran. Yogyakata: Gava Media.
Djiwandono, M.Soenardi. 1996. Tes Bahasa dalam Pengajaran. Bandung: Penerbit ITB Bandung.
Effendy, Ahmad Fuad. 2009. Metodologi Pengajaran Bahasa Arab. Malang: Misykat.
Hamalik, Oemar. 2007. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta:Bumi Aksara.
Harjanto. 2006. Perencanaan Pengajaran. Cet. Kedua. Jakarta: Rineka Cipta
Hermawan, Acep. 2013. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Iskandarwassid, Dadang Sunendar. 2011. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Izzan, Ahmad. 2009. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Yogyakarta: Humaniora Yogyakarta.
Kustandi, Cecep dan Bambang Sutjipto. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Margono, S. 2009. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Munadi, Yudhi. 2013. Media Pembelajaran Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta Selatan: GP Press Group.
Nuha, Ulin. 2012. Metodologi Super Efektif Pembelajaran Bahasa Arab. Jogjakarta: Diva Press.
Nurgiyantoro, Burhan. 2011. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE- YOGYAKARTA.
Poerwadarminta, W.J.S. 1983. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta:PN Balai Pustaka.
Rumpak, C. Julius, dkk. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta:Balai Pustaka.
Siregar, Sofyan. 2010. Statistika Deskriptif Untuk Penelitian. Jakarta: Rajawali Pers.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:Alfabeta.
Sugono, Dendy. 2008. Kamus Bahasa Indonesia Edisi
Keempat. 2008. Jakarta:Gramedia.
Sukiman. 2010. Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Insan Mada.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Yuniawan, Tommi. 2012. Terampil Retorika
Berbicara. Semarang: Unnes Press.
Zulhannan, 2014. Teknik Pembelajaran Bahasa Arab Interaktif. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Fadilah, Eli. 2011. “Pengembangan Media VCD Latihan Dasar Teater Untuk Siswa SMA Sebagai Persiapan Bermain Peranâ€. Skripsi. FBS Unnes.
Ibad, Chusnil. 2012. “Pemanfaatan Media CD Interaktif dalam Pembelajaran Berbicara Bahasa Arab Kelas VIII A MTs N Kendal Tahun Ajaran 2011/2012â€. Skripsi. FBS Unnes.
Lathifiana, Oktavina. 2010. “Penerapan Metode Langsung dalam Meningkatkan Ketampilan Berbicara Bahasa Arab Kelas VII MTs Miftahul Huda Maguan Rembangâ€. Skripsi. UIN Sunan Kalijaga.
Lutfiani, Wulan Ditar. 2015.“Pengembangan Video Pembelajaran Menyimak Bahasa Prancis untuk kelas XI Semester 1â€. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.
Mahmudah, 2015. “Wayang Edukatif: Media Pembelajaran Keterampilan Berbicara Bahasa Arab Kelas VII MTsâ€. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.
Muasyaroh, Husnul. 2014. “Efektivitas Penerapan Model Percakapan Bebas pada Mata Pelajaran Bahasa Arab terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas VIII MTs Negeri Kendalâ€. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.
Pradana, Adidtya. “Pengembangan Media Pembelajaran Menulis Puisi dalam Bentuk VCD Interaktif Berbasis Pendidikan Karakter untuk SMP Kelas VIIâ€. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.
Saifurrohmah, Yuliani. 2014. “Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Time Token untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas VIII MTs Sultan Agung Kalibangkang Kebumen Tahun Ajaran 2013/2014â€. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.
Syamsudin, Ahmad Sony. 2013. “Penerapan Model Muhadatsah Yaumiyah untuk Meningkatkan Kemahiran Berbicara Bahasa Arab Kelas X.10 MAN Kota Magelangâ€. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arsyad, Ashar. 2007. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Asyhar, Rayandra. 2012. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta:Referensi Jakarta.
Danasasmita, Wawan. 2009. Metodologi Pembelajaran Bahasa Jepang. Bandung: Rizqi Press.
Daryanto. 2011. Media Pembelajaran (Pernannya Sangat Penting dalam Memenuhi Tujuan Pembelajaran. Yogyakata: Gava Media.
Djiwandono, M.Soenardi. 1996. Tes Bahasa dalam Pengajaran. Bandung: Penerbit ITB Bandung.
Effendy, Ahmad Fuad. 2009. Metodologi Pengajaran Bahasa Arab. Malang: Misykat.
Hamalik, Oemar. 2007. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta:Bumi Aksara.
Harjanto. 2006. Perencanaan Pengajaran. Cet. Kedua. Jakarta: Rineka Cipta
Hermawan, Acep. 2013. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Iskandarwassid, Dadang Sunendar. 2011. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Izzan, Ahmad. 2009. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Yogyakarta: Humaniora Yogyakarta.
Kustandi, Cecep dan Bambang Sutjipto. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Margono, S. 2009. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Munadi, Yudhi. 2013. Media Pembelajaran Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta Selatan: GP Press Group.
Nuha, Ulin. 2012. Metodologi Super Efektif Pembelajaran Bahasa Arab. Jogjakarta: Diva Press.
Nurgiyantoro, Burhan. 2011. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE- YOGYAKARTA.
Poerwadarminta, W.J.S. 1983. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta:PN Balai Pustaka.
Rumpak, C. Julius, dkk. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta:Balai Pustaka.
Siregar, Sofyan. 2010. Statistika Deskriptif Untuk Penelitian. Jakarta: Rajawali Pers.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:Alfabeta.
Sugono, Dendy. 2008. Kamus Bahasa Indonesia Edisi
Keempat. 2008. Jakarta:Gramedia.
Sukiman. 2010. Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Insan Mada.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Yuniawan, Tommi. 2012. Terampil Retorika
Berbicara. Semarang: Unnes Press.
Zulhannan, 2014. Teknik Pembelajaran Bahasa Arab Interaktif. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Fadilah, Eli. 2011. “Pengembangan Media VCD Latihan Dasar Teater Untuk Siswa SMA Sebagai Persiapan Bermain Peranâ€. Skripsi. FBS Unnes.
Ibad, Chusnil. 2012. “Pemanfaatan Media CD Interaktif dalam Pembelajaran Berbicara Bahasa Arab Kelas VIII A MTs N Kendal Tahun Ajaran 2011/2012â€. Skripsi. FBS Unnes.
Lathifiana, Oktavina. 2010. “Penerapan Metode Langsung dalam Meningkatkan Ketampilan Berbicara Bahasa Arab Kelas VII MTs Miftahul Huda Maguan Rembangâ€. Skripsi. UIN Sunan Kalijaga.
Lutfiani, Wulan Ditar. 2015.“Pengembangan Video Pembelajaran Menyimak Bahasa Prancis untuk kelas XI Semester 1â€. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.
Mahmudah, 2015. “Wayang Edukatif: Media Pembelajaran Keterampilan Berbicara Bahasa Arab Kelas VII MTsâ€. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.
Muasyaroh, Husnul. 2014. “Efektivitas Penerapan Model Percakapan Bebas pada Mata Pelajaran Bahasa Arab terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas VIII MTs Negeri Kendalâ€. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.
Pradana, Adidtya. “Pengembangan Media Pembelajaran Menulis Puisi dalam Bentuk VCD Interaktif Berbasis Pendidikan Karakter untuk SMP Kelas VIIâ€. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.
Saifurrohmah, Yuliani. 2014. “Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Time Token untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas VIII MTs Sultan Agung Kalibangkang Kebumen Tahun Ajaran 2013/2014â€. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.
Syamsudin, Ahmad Sony. 2013. “Penerapan Model Muhadatsah Yaumiyah untuk Meningkatkan Kemahiran Berbicara Bahasa Arab Kelas X.10 MAN Kota Magelangâ€. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.