ANALISIS KUALITAS DAN NILAI KARAKTER BUTIR SOAL ULANGAN AKHIR SEMESTER KELAS VII MTs NU UNGARAN
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Abstrak
___________________________________________________________________
Salah satu komponen utama dalam kurikulum yaitu penilaian atau evaluasi. Tes merupakan instrumen  dari evaluasi.  Untuk  mencerminkan baik  tidaknya tes sebagai alat evaluasi yang digunakan  dapat  dilakukan  dengan  menganalisis  dari  hasil ujian terlebih dahulu dari siswa selanjutnya  untuk  dilakukan  analisis  kualitas  butir  soal. Tujuan  penelitian  ini adalah  untuk  mengetahui kualitas  soal Ulangan  Akhir Semester bahasa Arab di MTs NU Ungaran. Jenis penelitian  ini  adalah  penelitian  deskriptif  kualitatif  kuantitatif  dan  menggunakan teknik dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa soal Ulangan Akhir Semester bahasa Arab kelas VII MTs NU Ungaran tahun 2014 memiliki validitas dengan kategori baik. Karena terdapat 47% indeks validitasnya yang memenuhi standar. Reliabilitas masuk dalam kategori kuat. Dengan perolehan angka 0,638 untuk butir soal essay dan 0,712 untuk butir soal pilihan ganda, dan terdapat 9 nilai karakter yang terintegrasi dalam 50 butir soal yaitu Bersahabat/ komunikatif terdapat pada 23 butir soal, Religius terdapat pada 1 butir soal, Cinta damai terdapat pada 5 butir soal, Toleransi terdapat pada 6 butir soal, Rasa ingin tahu terdapat pada 36 butir soal, Menghargai prestasi terdapat pada 1 butir soal, Gemar membaca terdapat pada 19 butir soal, Kerja keras terdapat pada 2 butir soal dan Mandiri terdapat pada 2 butir soal.
.
Abstract
___________________________________________________________________
One of the main components in the curriculum that assessment or evaluation. The test is an instrument of evaluation. To reflect whether or not the test as an evaluation tool used can be carried out by analyzing the results of the test in advance of the next person to do the analysis of quality items. The purpose of this study is to investigate the matter of Deuteronomy Final Arabic at MTs NU Ungaran. This research is a quantitative and qualitative descriptive study using documentation techniques. The results showed that about Deuteronomy Final Arabic class VII MTs NU Ungaran 2014 has validity in both categories. Because there is a 47% validity indices that meet the standards. Reliability included in the strong category. By scoring 0.638 for items essay and 0.712 for item multiple choice questions, and there is a 9-character value that is integrated in the 50 items that Bersahabat / communicative found on 23 items, Religious contained at 1 items, Love peace found in 5 eggs matter, Tolerance contained in 6 items, Curiosity found on 36 items, Rewarding achievements are at 1 items, Fond of reading found on 19 items, hard work are the two items and Self contained on two items.
___________________________________________________________________
Salah satu komponen utama dalam kurikulum yaitu penilaian atau evaluasi. Tes merupakan instrumen  dari evaluasi.  Untuk  mencerminkan baik  tidaknya tes sebagai alat evaluasi yang digunakan  dapat  dilakukan  dengan  menganalisis  dari  hasil ujian terlebih dahulu dari siswa selanjutnya  untuk  dilakukan  analisis  kualitas  butir  soal. Tujuan  penelitian  ini adalah  untuk  mengetahui kualitas  soal Ulangan  Akhir Semester bahasa Arab di MTs NU Ungaran. Jenis penelitian  ini  adalah  penelitian  deskriptif  kualitatif  kuantitatif  dan  menggunakan teknik dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa soal Ulangan Akhir Semester bahasa Arab kelas VII MTs NU Ungaran tahun 2014 memiliki validitas dengan kategori baik. Karena terdapat 47% indeks validitasnya yang memenuhi standar. Reliabilitas masuk dalam kategori kuat. Dengan perolehan angka 0,638 untuk butir soal essay dan 0,712 untuk butir soal pilihan ganda, dan terdapat 9 nilai karakter yang terintegrasi dalam 50 butir soal yaitu Bersahabat/ komunikatif terdapat pada 23 butir soal, Religius terdapat pada 1 butir soal, Cinta damai terdapat pada 5 butir soal, Toleransi terdapat pada 6 butir soal, Rasa ingin tahu terdapat pada 36 butir soal, Menghargai prestasi terdapat pada 1 butir soal, Gemar membaca terdapat pada 19 butir soal, Kerja keras terdapat pada 2 butir soal dan Mandiri terdapat pada 2 butir soal.
.
Abstract
___________________________________________________________________
One of the main components in the curriculum that assessment or evaluation. The test is an instrument of evaluation. To reflect whether or not the test as an evaluation tool used can be carried out by analyzing the results of the test in advance of the next person to do the analysis of quality items. The purpose of this study is to investigate the matter of Deuteronomy Final Arabic at MTs NU Ungaran. This research is a quantitative and qualitative descriptive study using documentation techniques. The results showed that about Deuteronomy Final Arabic class VII MTs NU Ungaran 2014 has validity in both categories. Because there is a 47% validity indices that meet the standards. Reliability included in the strong category. By scoring 0.638 for items essay and 0.712 for item multiple choice questions, and there is a 9-character value that is integrated in the 50 items that Bersahabat / communicative found on 23 items, Religious contained at 1 items, Love peace found in 5 eggs matter, Tolerance contained in 6 items, Curiosity found on 36 items, Rewarding achievements are at 1 items, Fond of reading found on 19 items, hard work are the two items and Self contained on two items.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
References
Buku Referensi
Ainin, Moh, Tohir dan Imam Asrori. 2012. Evaluasi Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: Misykat.
Al-Ghulayaini, Syeikh Mustafa. 2006. Jami’u Ad-Durusi Al-Arabiyah. Beirut: Maktabah Isriyah
Al-Ma’ruf, Ali Imran. Stlistika: Teori, Metode, dan Aplikasi Pengkajian Estetika Bahasa. Surakarta: Cakra Books Solo.
Anshar. 2013. “Variasi Kalimat dalam Bahasa Indonesia†(Artikel Penelitian). Blog Anshar. (http://anshar- mtk.blogspot.com/2013/03/variasi- kalimat-dalam-bahasa-indonesia.htmldiunduh pada tanggal 15 November 2015 pukul 13.40).
Arifin, Zainal. 2011. Evaluasi pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek . Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi. 2011. Dasar-dasar evaluasi pendidikan. Jakarta: Bumu Aksara.
Daryanto. 2007. Evaluasi pendidikan. Jakarta: PT: Rineka Cipta.
Djiwandono, M.Soenardi. 2008. Tes bahasa dalam pengajaran.Bandung: Penerbit ITB.
Hamalik, Oemar. 2007. Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Hamid, Abdul dkk, 2008. Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: UIN Malang Press.
Hartono. 2008. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Kemendiknas. 2010. Pembinaan Pendidikan Karakter di Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Kesuma, Dharma, dkk, Pendidikan Karakter Kajian Teori dan Praktik Di Sekolah, Bandung: PT. Remaja Rosda Karya, 2011.
Megawangi, Ratna (2007). Pendidikan Karakter Solusi Yang Tepat Untuk Membangun Bangsa, Cetakan Kedua (Revisi), Bogor: Indonesia Heritage Foundation.
Mulyasa. 2013. Pengembangan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung : PT. Remaja.
Nurgiyantoro, Burhan. 1988. Penialaian dalam Pengajaran Bahasa dan
Sastra. Yogyakarta: BPFE.
Nurgiyantoro, Burhan. 2011. Penilaian Otentik (dalam Pembelajaran Bahasa). Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Purwanto. 2008. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
S. Margono.2005. Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta : Rineka Cipta
Siregar, Syofian. 2010. Statistik deskriptif untuk penelitian. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Sudijono, Anas. 2005. Prosedur penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Sudijono, Anas. 2006. Pengantar evaluasi pendidikan. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.
Sudjana, Nana. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Ramaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2013. Statistika untuk penelitian. Bandung: CV. ALFABETA.
Sukardi. 2011. Metodologi penelitian pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sumadi Suryabrata. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan
Praktik . Jakarta: PT Rineka Cipta. Suryosubroto. 2009. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Syarbini, Amrulloh. 2011. Buku pintar pendidikan karakter. Jakarta:prima pustaka.
Skripsi
Arifiani , Nurul Fitria. 2011. “Analisis Butir Tes Soal Ujian Akhir Semester Mata Pelajaran Bahasa Arab Kelas IX MTs Negeri Brangsong Kabupaten Kendal Tahun Pelajaran 2010/ 2011â€. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang. Tidak Diterbitkan.
Setyowati , Anny. 2012. “Pembelajaran Bahasa Arab Yang Berkarakter dan Berbudaya yang Berbasis KTSP Pada Siswa Kelas VII MTs Negeri Kendalâ€. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang. Tidak Diterbitkan.
Iffah , Khiyarotul. 2013. “Analisis Karakteristik Butir Soal UAMBN Mata Pelajaran Bahasa Arab MAN Salatiga Tahun Ajaran 2011/ 2012â€. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang. Tidak Diterbitkan.
Gunawan , Wawan.2013.†Analisis Butir Soal Latihan Buku “Ta’lim Al Lughah Al Arabiyah†Karangan Dr.D.Hidayat Kelas X Madrasah Aliyah Negeri 01 Kota Magelang.â€. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang. Tidak Diterbitkan.
Rahayu, Murniyati. 2013. “Analisis Butir Soal Ujian Sekolah Bahasa Jepang Kelas XII di SMA Negeri 5 Magelangâ€. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang. Tidak Diterbitkan.
Soliha, Siti Nurochmatu. 2013. “Analisis Butir Soal Lembar Kerja Siswa Mata Pelajaran Bahasa Arab Kelas X Semester Gasal Madrasah Aliyah Negeri 1 Brebes.â€. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang. Tidak Diterbitkan.
Anwar, Chari Yogi. 2014. “Internalisasi Nilai- Nilai Karakter Dan Budaya Pada Kompetensi Membaca Bahasa Arab Kelas IV Tingkat Madrasah Ibtidaiyah Di Kabupaten Tegal.†Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang .Tidak Diterbitkan.
Ainin, Moh, Tohir dan Imam Asrori. 2012. Evaluasi Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: Misykat.
Al-Ghulayaini, Syeikh Mustafa. 2006. Jami’u Ad-Durusi Al-Arabiyah. Beirut: Maktabah Isriyah
Al-Ma’ruf, Ali Imran. Stlistika: Teori, Metode, dan Aplikasi Pengkajian Estetika Bahasa. Surakarta: Cakra Books Solo.
Anshar. 2013. “Variasi Kalimat dalam Bahasa Indonesia†(Artikel Penelitian). Blog Anshar. (http://anshar- mtk.blogspot.com/2013/03/variasi- kalimat-dalam-bahasa-indonesia.htmldiunduh pada tanggal 15 November 2015 pukul 13.40).
Arifin, Zainal. 2011. Evaluasi pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek . Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi. 2011. Dasar-dasar evaluasi pendidikan. Jakarta: Bumu Aksara.
Daryanto. 2007. Evaluasi pendidikan. Jakarta: PT: Rineka Cipta.
Djiwandono, M.Soenardi. 2008. Tes bahasa dalam pengajaran.Bandung: Penerbit ITB.
Hamalik, Oemar. 2007. Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Hamid, Abdul dkk, 2008. Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: UIN Malang Press.
Hartono. 2008. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Kemendiknas. 2010. Pembinaan Pendidikan Karakter di Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Kesuma, Dharma, dkk, Pendidikan Karakter Kajian Teori dan Praktik Di Sekolah, Bandung: PT. Remaja Rosda Karya, 2011.
Megawangi, Ratna (2007). Pendidikan Karakter Solusi Yang Tepat Untuk Membangun Bangsa, Cetakan Kedua (Revisi), Bogor: Indonesia Heritage Foundation.
Mulyasa. 2013. Pengembangan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung : PT. Remaja.
Nurgiyantoro, Burhan. 1988. Penialaian dalam Pengajaran Bahasa dan
Sastra. Yogyakarta: BPFE.
Nurgiyantoro, Burhan. 2011. Penilaian Otentik (dalam Pembelajaran Bahasa). Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Purwanto. 2008. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
S. Margono.2005. Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta : Rineka Cipta
Siregar, Syofian. 2010. Statistik deskriptif untuk penelitian. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Sudijono, Anas. 2005. Prosedur penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Sudijono, Anas. 2006. Pengantar evaluasi pendidikan. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.
Sudjana, Nana. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Ramaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2013. Statistika untuk penelitian. Bandung: CV. ALFABETA.
Sukardi. 2011. Metodologi penelitian pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sumadi Suryabrata. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan
Praktik . Jakarta: PT Rineka Cipta. Suryosubroto. 2009. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Syarbini, Amrulloh. 2011. Buku pintar pendidikan karakter. Jakarta:prima pustaka.
Skripsi
Arifiani , Nurul Fitria. 2011. “Analisis Butir Tes Soal Ujian Akhir Semester Mata Pelajaran Bahasa Arab Kelas IX MTs Negeri Brangsong Kabupaten Kendal Tahun Pelajaran 2010/ 2011â€. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang. Tidak Diterbitkan.
Setyowati , Anny. 2012. “Pembelajaran Bahasa Arab Yang Berkarakter dan Berbudaya yang Berbasis KTSP Pada Siswa Kelas VII MTs Negeri Kendalâ€. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang. Tidak Diterbitkan.
Iffah , Khiyarotul. 2013. “Analisis Karakteristik Butir Soal UAMBN Mata Pelajaran Bahasa Arab MAN Salatiga Tahun Ajaran 2011/ 2012â€. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang. Tidak Diterbitkan.
Gunawan , Wawan.2013.†Analisis Butir Soal Latihan Buku “Ta’lim Al Lughah Al Arabiyah†Karangan Dr.D.Hidayat Kelas X Madrasah Aliyah Negeri 01 Kota Magelang.â€. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang. Tidak Diterbitkan.
Rahayu, Murniyati. 2013. “Analisis Butir Soal Ujian Sekolah Bahasa Jepang Kelas XII di SMA Negeri 5 Magelangâ€. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang. Tidak Diterbitkan.
Soliha, Siti Nurochmatu. 2013. “Analisis Butir Soal Lembar Kerja Siswa Mata Pelajaran Bahasa Arab Kelas X Semester Gasal Madrasah Aliyah Negeri 1 Brebes.â€. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang. Tidak Diterbitkan.
Anwar, Chari Yogi. 2014. “Internalisasi Nilai- Nilai Karakter Dan Budaya Pada Kompetensi Membaca Bahasa Arab Kelas IV Tingkat Madrasah Ibtidaiyah Di Kabupaten Tegal.†Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang .Tidak Diterbitkan.