ANALISIS KESULITAN PEMBELAJARAN NAHWU PADA SISWA KELAS VIII MTS AL IRSYAD GAJAH DEMAK TAHUN AJARAN 2015/2016
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Abstrak
___________________________________________________________________
Belajar merupakan proses dasar perkembangan bagi hidup manusia. Dengan belajar, manusia mengalami perubahan-perubahan kualitatif individu sehingga tingkah lakunya berkembang. Faktor yang dapat menyebabkan kesulitan belajar di sekolah itu banyak dan beragam yaitu adanya faktor intern dan ekstern. Seperti input para siswa yang tidak semua berasal dari sekolah yang awalnya sudah mempelajari bahasa Arab khususnya ilmu nahwu. Selain itu juga disebabkan oleh output pendidikan dan guru yang berbeda. Ada guru yang lulusan dari universitas tetapi ada pula yang lulusan dari pondok pesantren yang karena hal itu menyebabkan metode yang digunakan berbeda pula. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini yaitu: 1) apa saja faktor kesulitan pembelajaran nahwu pada siswa kelas VIII MTs Al Irsyad Gajah Demak tahun ajaran 2015/2016? 2) bagaimana solusi kesulitan pembelajaran nahwu tentang kalam pada siswa kelas VIII MTs Al Irsyad Gajah Demak tahun ajaran 2015/2016. Tujuan penelitian ini yaitu: 1) untuk mengetahui faktor kesulitan pembelajaran nahwu tentang kalam pada siswa kelas VIII MTs Al Irsyad Gajah Demak tahun ajaran 2015/2016, 2) untuk mengetahui solusi kesulitan pembelajaran nahwu tentang kalam pada siswa kelas VIII MTs Al Irsyad Gajah Demak tahun ajaran 2015/2016. Data Penelitian ini melalui tes dan non tes. Alat pengambilan data tes yang digunakan berupa soal tes yang diberikan kepada siswa. Alat data non tes yang digunakan berupa angket, observasi, dan wawancara,. Kesimpulan penelitian ini adalah: 1) Faktor penyebab kesulitan siswa yang berasal dari diri sendiri yaitu sebesar 22, 04 %, faktor yang berasal dari lingkungan keluarga yaitu sebesar 30 %, faktor yang berasal dari lingkungan sekolah yaitu sebesar 35, 44 % dan yang terakhir faktor yang berasal dari lingkungan masyarakat yaitu sebesar 12, 52 % 2) Solusi yang di tawarkan oleh peneliti terhadap hasil penelitian tersebut diantaranya: a) Diri Sendiri: lebih fokus dalam memahami penjelasan materi yang diberikan oleh guru di kelas, kebiasaan belajar lebih diperhatikan lagi; b) Lingkungan Keluarga: masalah dalam keluarga sebaiknya diselesaikan dengan musyawarah dengan sesama anggota keluarga; c) Lingkungan Sekolah: fasilitas media, ala-alat pembelajaran, koleksi buku atau materi pembelajaran lebih diperbanyak dan diperbarui lagi; d) Lingkungan Masyarakat: memilih dalam pergaulan, manajemen waktu dalam belajar dan bekerja termasuk organisasi.
Abstract
___________________________________________________________________
Learning is a basic process of development for human life. By learning, humans undergo individual qualitative changes so that their behavior develops. Factors that can cause learning difficulties in school are many and varied, namely the existence of internal and external factors. Like the input of the students who are not all from schools who originally had studied Arabic especially nahwu science. It is also caused by different educational and teacher outputs. There are teachers who graduated from university but some are graduates from boarding school because that causes the method used is different too. The problems raised in this research are: 1) what are the factors of difficulty of learning nahwu in grade VIII students of MTs Al Irsyad Gajah Demak academic year 2015/2016? 2) how to solve the problem of learning nahwu about kalam in grade VIII student of MTs Al Irsyad Gajah Demak academic year 2015/2016. The purpose of this research are: 1) to find out the difficulty factor of learning nahwu about kalam in grade VIII student of MTs Al Irsyad Gajah Demak academic year 2015/2016, 2) to find out solution of learning difficulties nahwu about kalam on grade VIII student MTs Al Irsyad Gajah Demak tahun Teachings 2015/2016. Research data is through test and non test. Testing data retrieval tool used in the form of test questions given to students. Non-test data tools used in the form of questionnaires, observations, and interviews. The conclusion of this research are: 1) The factors that caused the students' self-difficulties are 22, 04%, the factor that comes from the family environment is 30%, the factor that comes from the school environment is 35, 44% and the last factor Derived from the community environment that is 12, 52% 2) Solutions offered by researchers on the results of the research include: a) Self: more focused in understanding the material explanations given by teachers in the class, study habits more attention again; B) Family Environment: family problems should be resolved by deliberation with fellow family members; C) School Environment: media facilities, learning tools, book collection or learning materials are further copied and updated; D) Community Environment: choosing socially, time management in learning and work including the organization.