PENGARUH MENGHAFAL AL QUR'AN JUZ 29 TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA DAN KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA ARAB KELAS X (STUDI KASUS DI MAPK AL IRSYAD DEMAK)

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Muhammad Wafaul Himam
Endah Suprihatin
Zaim Elmubarok
Hasan Busri

Abstract

Abstrak


___________________________________________________________________


Keterampilan Membaca dan penguasaan kosakata merupakan hal penting untuk dikuasai siswa dalam mempelajari bahasa Arab. Penguasaan kosakata dan keterampilan membaca siswa kelas X MAPK Al Irsyad Gajah Demak masih kurang, karena belum mampu meraih Kriteria Ketuntasan Minimal bahasa Arab yaitu 80,0. Tahun ini bidang Akademik MAPK Al Irsyad Gajah Demak membuat Program Tahfidz yang bisa diikuti oleh siswa yang berminat menghafalkan Al Qur'an. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan ada atau tidaknya pengaruh hafalan Al Qur'an Juz 29 terhadap penguasaan kosakata dan keterampilan membaca bahasa Arab siswa Kelas X MAPK Al Irsyad Gajah Demak. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non tes. Teknik analisis data dengan uji korelasi dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya korelasi antara hafalan Al Qur'an Juz 29 terhadap penguasaan kosakata dan keterampilan membaca dengan nilai korelasi 0,882 dan0,285. Kedua hipotesis yang diajukan peneliti diterima karena telah memenuhi syarat diterimanya suatu hipotesis dengan nilai 0,746 dan 0,442.


 


Abstract


___________________________________________________________________


Reading skill and vocabulary are an essential which  must be authorized by students who learn arabic language. Vocabulary and reading skill of X grade students in MAPK Al Irsyad Gajah Demak are low of completeness criteria minimal and that is problem for the students. In this year, the academic of this school makes new program and this program is Tahfidz program which can be followed by X grade  students who has interest in memorizing the Koran. The purpose of this research is to describe whether there is influence or not between memorize the Koran Juz 29 with vocabulary and Arabic reading skill of X grade  students in MAPK Al Irsyad Gajah Demak. This research is descriptive research which uses quantitative design. The analize data techniques of this research are correlation analize and hypothesis analize. The result of this research is positive correlation between memorize the Koran Juz 29 with vocabulary and Arabic reading skill by correlation value 0,882 and 0,285. Both of hypothesis in this research are accepted because both of them fulfill requirement of hypothesis acceptance by value 0,746 and 0,442.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

Author Biography

Muhammad Wafaul Himam, Fakultas Bahasa dan SeniBahasa dan Sastra AsingPendidikan Bahasa Arab

Jurnal itu indah