EFEKTIFITAS METODE SAVI (SOMATIC AUDITORY VISUALIZATION INTELLECTUALLY) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS BAHASA ARAB KELAS VIII MTs NEGERI 1 SEMARANG
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Abstrak
___________________________________________________________________
Keterampilan menulis bahasa Arab sering dianggap sebagai keterampilan yang paling sulit. Hal ini dapat dilihat dari kemampuan menulis bahasa Arab siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Semarang yang masih lemah dalam memahami tata penulisan, struktur kalimat, memahami kosakata dan materi. Selain itu, metode pembelajaran yang digunakan kurang bervariasi dan kurang efektif dan kurangnya dukungan siswa terhadap metode baru menjadi salah satu penyebab kurangnya kemampuan menulis bahasa Arab. Untuk itu perlu adanya alternatif metode pembelajaran yang tepat agar pembelajaran semakin aktif, interaktif dan menyenangkan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dan desain penelitian kuasi eksperimen dengan pola nonequivalent control group desain. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan non tes. Instrumen tes digunakan berupa tes tertulis. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji hipotesis. Hasil uji hipotesis diterima, dengan rincian hasil uji hipotesis memperoleh thitung 5,345 sedangkan ttabel untuk N= 32 dengan derajat kebebasan dk= 62 adalah 1,671 dengan taraf signifikansi 5%. Karena thitung berada pada daerah penolakan Ho maka yang diterima Ha yaitu pembelajaran dengan menggunakan metode SAVI efektif untuk meningkatkan keterampilan menulis bahasa Arab.
Abstract
___________________________________________________________________
Writing skill of Arabic language is almost considered as the difficult skill. We can see from the writing skill of the student grade VIII in Ismalic Junior High School 1 Semarang that still has low ability in understanding writing, structure of sentence, vocabularies and lesson. Beside that, it don’t have many variations of effective learning method and it doesn’t have support form student to new method. It becomes one of the problem of decreasing of writing skill of Arabic language. That’s way, it needs the alternative of appropriate learning method so that learning is more active, interactive and happiness. This research is quantitative research and uses design of quasi experiment research with model of Non Equivalent control group design. Technique of collecting data uses test and Non test. The instrument of test is used as writing test. Technique of data analysis is used for hypotheses test. And the result of hypotheses test is accepted, with details of result of hypotheses test gets thitung 5,345 but ttabel for N= 32 with standart of freedom dk= 62 is 1,671 with level signification 5%. Because thitung stays on rejection area Ho so, it’s accepted Ha that is learning by using SAVI method is effective for increasing writing skill of Arabic language.