ENSIKLOPEDIA SEBAGAI PENUNJANG MATERI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI R.A PLUS QIRAATI IQBAL JEPARA
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Bahasa sebagai alat yang sangat penting, memiliki fungsi yang signifikan bagi manusia (Djamarah 2008:46). Paling tidak, ada dua fungsi bahasa, yaitu: pertama, bahasa sebagai sarana pembangkit dan pembangun perhubungan yang memperluas pikiran seseorang sehingga kehidupan mental seorang individu menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan mental kelompok. Kedua, bahasa sebgai sarana yang mempengaruhi kepribadian. Ensiklopedia bahasa Arab merupakan kumpulan informasi yang memuat materi pelajaran bahasa Arab untuk menggambarkan lebih jelas mengenai arti dari sebuah kosakata. Ensiklopedia bahasa Arab ini memuat materi-materi pelajaran bahasa Arab untuk tingkat R.A yang disusun sesuai dengan kurikulum R.A. Berdasarkan penjelasan tersebut perlu diadakannya pengembangan bahan ajar untuk membantu meningkatkan kualitas belajar bahasa Arab anak di tingkat R.A, oleh karena itu penelitian ini akan mengembangkan Ensiklopedi sebagai penunjang materi pembelajaran bahasa Arab di R.A.
Penelitian ini menggunakan jenis deskriptif kualitatif dengan desain penelitian dan pengembangan (research and developnment). Penelitian dan pengembangan adalah penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu, dan menguji keefektifan produk tersebut (Sugiyono 2010:407).
Penelitian ini menggunakan jenis deskriptif kualitatif dengan desain penelitian dan pengembangan (research and developnment). Penelitian dan pengembangan adalah penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu, dan menguji keefektifan produk tersebut (Sugiyono 2010:407).
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
References
Arifin, Zainal. 2011. Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta
-------------------------. 2010. Prosedur Penelitian (edisi revisi). Jakarta: Rineka Cipta
Chaer, Leonie Agustina. 2004. Sosiolinguistik. Jakarta: Rineka Cipta
Djamarah, Syaiful Bahri. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamalik, Oemar. 2008. Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Lestari, Ika. 2013. Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Jakarta: Rineka Cipta
Majid, Abdul. 2007. Perencanaan Pembelajaran. Bandung. PT Remaja Rosdakarya
Muslich, Mansur. 2010. Text Book Writing. Jakarta: Ar-Ruzz Media
Pannen, 2001. Penulisan Bahan Ajar. Jakarta: Dirjen Dikti Depdiknas
Prastowo, Andi. 2012. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: Diva
Purwanto, M. Ngalim. 2002. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif R&D. Jakarta: Alfabeta
Sukmadinata, Nanasyaodih. 2009. Metode Penelitian dan Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Sumarsono. 2011. Sosiolinguistik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Ayuningrum, Bekti Kartika. 2012. Pengembangan Buku Ajar Sebagai Pedoman dalam Meningkatkan Pembelajaran Bahasa Arab RA. Sinar Pelangi Kecamatan Gunungpati Semarang. Semarang. UNNES
Priotomo. 2011. Pengembangan Bahan Ajar TIK dengan menggunakan Komputer Berbasis WEB di SMA Negeri 1 Pemalang Pokok Bahasan Openoffice.org. Semarang. UNNES
Tyas, Layli Hayuning. 2011. Analisis kelayakan Penyajian Materi Kompetensi Berbicara Pada Buku Teks Basaku Basamu Basa Jawa dan Mersudi Basa lan Sastra jawa Anyar Kelas VII. Semarang. UNNES
http://wikipedia bahasa.org. 2012-11-08 : 11.02 wib
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta
-------------------------. 2010. Prosedur Penelitian (edisi revisi). Jakarta: Rineka Cipta
Chaer, Leonie Agustina. 2004. Sosiolinguistik. Jakarta: Rineka Cipta
Djamarah, Syaiful Bahri. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamalik, Oemar. 2008. Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Lestari, Ika. 2013. Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Jakarta: Rineka Cipta
Majid, Abdul. 2007. Perencanaan Pembelajaran. Bandung. PT Remaja Rosdakarya
Muslich, Mansur. 2010. Text Book Writing. Jakarta: Ar-Ruzz Media
Pannen, 2001. Penulisan Bahan Ajar. Jakarta: Dirjen Dikti Depdiknas
Prastowo, Andi. 2012. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: Diva
Purwanto, M. Ngalim. 2002. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif R&D. Jakarta: Alfabeta
Sukmadinata, Nanasyaodih. 2009. Metode Penelitian dan Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Sumarsono. 2011. Sosiolinguistik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Ayuningrum, Bekti Kartika. 2012. Pengembangan Buku Ajar Sebagai Pedoman dalam Meningkatkan Pembelajaran Bahasa Arab RA. Sinar Pelangi Kecamatan Gunungpati Semarang. Semarang. UNNES
Priotomo. 2011. Pengembangan Bahan Ajar TIK dengan menggunakan Komputer Berbasis WEB di SMA Negeri 1 Pemalang Pokok Bahasan Openoffice.org. Semarang. UNNES
Tyas, Layli Hayuning. 2011. Analisis kelayakan Penyajian Materi Kompetensi Berbicara Pada Buku Teks Basaku Basamu Basa Jawa dan Mersudi Basa lan Sastra jawa Anyar Kelas VII. Semarang. UNNES
http://wikipedia bahasa.org. 2012-11-08 : 11.02 wib