PENERAPAN METODE IMLA’ UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS SISWA KELAS VIIC MTs MUHAMMADIYAH 02 PEMALANG

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Zhul Fahmy Hasani

Abstract

Kemahiran menulis merupakan salah satu jenis kemampuan berbahasa yang ingin dicapai dalam pengajaran bahasa Arab. Mengingat pentingnya fungsi bahasa sebagai alat komunikasi, maka pembelajaran menulis bahasa Arab menjadi sangat penting. Karena menulis merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang digunakan dalam komunikasi secara tidak langsung Akan tetapi dalam kenyataannya, siswa masih banyak menemukan kesulitan dalam pembelajaran menulis bahasa Arab. Penyebab kesulitan yang dihadapi siswa antara lain karena kebanyakan dari siswa berasal dari SD yang belum mengecap Bahasa Arab dan belum pernah mempelajarinya. Oleh karena itu, perlu ada alternatif metode yang memberikan kesempatan bagi siswa untuk mengungkapkan gagasan atau pikiran melalui tulisan. Salah satunya adalah penerapan metode Imla’. guru berperan sebagai fasilitator serta motivator. Pembelajaran didesain menarik melalui variasi teknik pembelajaran. Sehingga siswa mudah dalam pembelajaran menulis bahasa Arab.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

Author Biography

Zhul Fahmy Hasani, Bahasa dan Sastra Asing

Pendidikan Bahasa Arab

References

Akhadiyan, Sabarti. 2003. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Aryani, Vera. 2011. Peningkatan Keterampilan Menulis Bahasa Arab dengan Model Pembelajaran Quantum-Teaching Teknik TANDUR pada Siswa Kelas VII SMP Islam Moga Kab. Pemalang. Semarang: UNNES.
BNSP. 2007.
Depdiknas. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Direktorat jendral pendidikan lanjutan Pertama.
Djuarie dan Suharti. 2005. Panduan Memebuat Karya Tulis. Bandung: Xrana Widya.
Djumarah, Bahri. 1997. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Effendy,Ahmad Fuad. 2009. Metodologi Pembelajaran BahasaArab. Malang: Mirikat.
Gie, Liang. 2002. Terampil Mengajar. Jogja: Andi offset.
Hermawan, Acep. 2011. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: PT remaja Rosda Karya.
Komaidi, Didik. 2008. Aku Bisa Menulis. Jogja: Sabda Meida.
Lie, Anita. 2005. Cooperatif Learning (edisi revisi). Jakarta: Grasindo.
Makruf Imam. 2009. Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Aktif. Semarang: Needs Press.
Parera, Jos Daniel. 1997. Linguistik Edukasional: Metode Pembelajaran Bahasa, Analisis Konstraktif Antar Bahasa, Analisi Kesalahan Berbahasa. Jakarta: Erlangga.
Purwanto, Mgalim M. 1997. Metodologi Pengajaran Bahasa. Jakarta: PT Rosda Jayapura.
Rosidi, A. 2006. Pembinaan Minat Baca Tulis Bahasa dan Sastra. Surabaya: Bina Ilmu.
Rosidin dan Zuhdi. 1997. Pembelajaran Menulis dengan Pendekatan Proses. Yogyakarta: IKIP.
Rosyidi, A. W. 2006. Active Learning. Malang: UIN Malang Press.
Sa’adah, Laily. 2011. Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Menggunakan Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa Kelas XI Bahasa di MAN 2 Kudus tahun 2010/2011. Semarang: UNNES
Soenardji. 1998. Asas-Asas Menulis. Semarang: IKIP Semarang Press.
Subiyantoro. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Semarang: Rumah Indonesia.
Suparno. 2007. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Depdiknas-UT
Suryobroto. 1990. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
Syafi’ie. 1998. Retorika dalam Menulis. Jakarta: Depdikbud.
Tarigan, Henry Guntur. 1987. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Thobroni, Rusyan. A. 2994. Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remajda Rosda karya.
Wagiran. 2005. Pemerolehan Bahasa dan Pengaruhnya terhadap Pengajaran Bahasa. Semarang: UNNES Press.
Wahab. M Abdul. 2004. Que Fadis Pendidikan Bahasa Arab di Era Globalisasi. Jakarta.
Wibowo, Wahyu. 2001. Manajemen Bahasa. Jakarta: Gramedia.
Yusuf, Tayar dan Syaiful Anwar. 1997. Metodologi Pengajaran. Tangerang: STAIN.
Yusuf, Tayar dan Syaiful Anwar. 1997. Metodologi Pengajaran Agama dan Bahasa Arab. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.