EKSISTENSI BI’AH LUGHAWIYAH SEBAGAI MEDIA BERBAHASA ARAB DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MUHADATSAH MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN BAHASA ARAB IAIN CURUP
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan eksistensi Bi’ah Lughawiyah sebagai media berbahasa Arab dalam meningkatkan kemampuan muhadatsah mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Curup. Penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data menurut Matthew B. Miles dan A. Michael Huberman (Koleksi Data, Reduksi Data, Penyajian Data, Penyimpulan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan-kegiatan yang berlangsung di Bi’ah Lughawiyah adalah Pidato Bahasa Arab, Istinbath, Drama Bahasa Arab, Puisi Bahasa Arab, Master of Ceremony (MC) Bahasa Arab, dan Muhadatsah. Persepsi mahasiswa mengenai keberadaan Bi’ah Lughawiyah sebagai media berbahasa Arab adalah sangat baik terlihat dari mayoritas mahasiswa PBA mengetahui akan pentingnya Bi’ah Lughawiyah sebagai wadah untuk meningkatkan kecakapan mereka dalam mengkomunikasikan bahasa Arab sebagai bahasa pengantar sehari-hari dalam berkomunikasi pada lingkungan Prodi PBA. Eksistensi Bi’ah Lughawiyah sebagai Media Berbahasa Arab dalam meningkatkan kemampuan Muhadatsah di IAIN Curup terlihat dari kategori sedang dan tinggi mendominasi nilai muhadatsah mahasiswa PBA.