ANALISIS KEMAMPUAN SISWA DALAM MENJAWAB SOAL-SOAL LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BAHASA ARAB KELAS VIII E MTs NEGERI 1 SEMARANG TAHUN AJARAN 2012/2013

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Ismatul Maula

Abstract

Skripsi ini berjudul “Analisis Kemampuan Siswa dalam Menjawab Soal-soal Lembar Kerja Siswa (LKS) Bahasa Arab Kelas VIII E MTs N 1 Semarang Tahun Ajaran 2012/2013â€. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menjawab soal-soal Lembar Kerja Siswa (LKS) dan faktor internal serta eksternal yang mempengaruhi kemampuan siswa dalam menjawab soal-soal Lembar Kerja Siswa (LKS). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan desain deskriptif, yang menggunakan instrumen berupa tes dan non tes. Instrumen meliputi soal-soal yang terdapat pada LKS dan non tes yang meliputi observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi.. Penelitian ini dilakukan pada mata pelajaran Bahasa Arab pada kelas VIII E di Mts N 1 Semarang. Dari hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa; (1). Nilai rata-rata 20 siswa kelas VIII E MTs N 1 Semarang  disetiap keterampilan (Maharoh) adalah: Maharoh menyimak 23,96, Maharoh berbicara 16,08, Maharoh membaca 17,61, Maharoh menulis 17,75.

 

This thesis entitled "Analysis Capabilities Students in Answering Problems Student Worksheet (LKS) Arabic Class VIII E MTS N 1 Semarang in Academic Year 2012/2013". This study aims to determine students 'ability to answer the questions in Student Worksheet (BLM) and the internal and external factors that affect students' ability to answer the questions in Student Worksheet (LKS). This study is a qualitative study using a descriptive design, which uses instruments such as tests and non-test. Instruments include the matters contained in the non-test worksheets and include observation, questionnaires, interviews, and documentation .. This research was conducted on the subjects of Arabic in the eighth grade E in Mts N 1 Semarang. From these results, it shows that; (1). The average value of E 20 eighth grade students of MTs N 1 Semarang in each skill (Maharoh) is: 23.96 Maharoh listening, speaking Maharoh 16.08, 17.61 Maharoh reading, writing Maharoh 17.75.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

Author Biography

Ismatul Maula, Gedung B4 Lantai 1 FBS Unnes Kampus Sekaran, Gunungpati, Semarang, 50229

Jurusan Bahasa Asing, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang

References

Dalyono. 2009. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Ghalayani, Mustafa. 1973. Jamiu Addurusu Al Arabiyah. Cet XII. Beirut: Maida.

Hadi, Sutrisno. 2004. Statistik. Yogyakarta: AndiOffset.

Makruf, Imam. 2009. Strategi Pembelajaran Bahasa Arab. Semarang: Need’s Press.

Moeleong, Lexy J. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Prastowo, Andi. 2012. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Siregar, Syofian. 2010. Statistika Deskriptif Untuk Penelitian. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sudijono, Anas. 2010. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta : Rajawali Press.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukamto, Imaduddin & Akhmad Munawwari. 2005. Tata Bahasa Arab Sistematis Yogyakarta: Nurma Media Idea.

Tarigan, Henry Guntur. 1981. Pengajaran Kompetensi Bahasa. Bandung: Angkasa.

Hadi, Sutrisno. 2004. Statistik. Yogyakarta: AndiOffset.