PENERAPAN PADUAN PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN KOOPERATIF TYPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA ARAB

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Retno Indraswari

Abstract

Skripsi ini berjudul â€Penerapan Paduan Pembelajaran Problem Based Leaning (PBL) dan Kooperatif type Student Teams Achievement Division (STAD) untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Bahasa Arabâ€. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan paduan metode PBL dan kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan keterampilan membaca bahasa Arab siswa kelas X MA Muhammadiyah Baturetno Wonogiri tahun ajaran 2012/2013. Masalah dalam penelitian ini yaitu (1) bagaimana penerapan paduan metode PBL dan kooperatif tipe STAD dalam meningkatkan keterampilan membaca bahasa Arab siswa kelas X MA Muhamammdiyah? (2) Bagaimana peningkatan keterampilan membaca bahasa Arab siswa kelas X MA Muhammdiyah setelah menggunakan paduan metode PBL dan kooperatif tipe STAD? (3) Bagaimana perubahan perilaku siswa kelas X MA Muhammadiyah terhadap metode PBL dan kooperatif tipe STAD dalam pembelajaran bahasa Arab pada keterampilan membaca?. Penelitian ini menggunakan menggunakan jenis penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Obyek penelitian ini adalah siswa kelas X MA Muhammadiyah Baturetno Wonogiri yang berjumlah 23 siswa. Instrumen pengumpulan data, teknik pengumpulan data, dan analisis data menggunakan tes dan nontes.

 

This thesis entitled "Application of Learning Problem Based Leaning Alloys (PBL) and the Cooperative type Student Teams Achievement Division (STAD) to Improve Reading Skills Arabic". The purpose of this study was to describe the application of PBL method alloys and STAD cooperative to improve the reading skills of Arabic class X MA Muhammadiyah Baturetno Winton academic year 2012/2013. The problem in this study are (1) how the application of PBL method alloys and STAD cooperative in improving the reading skills of Arabic class X MA Muhamammdiyah? (2) How to increase reading skills in Arabic class X MA Muhammadiyah after using a combination of methods of PBL and STAD cooperative? (3) How to change the behavior of the class X MA Muhammadiyah to the PBL method and STAD cooperative learning Arabic on reading skills ?. This study uses uses classroom action research conducted in two cycles. The object of this study is the class X MA Muhammadiyah Baturetno Winton totaling 23 students. Data collection instruments, data collection techniques, and data analysis using tests and nontes.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

Author Biography

Retno Indraswari, Gedung B4 Lantai 1 FBS Unnes Kampus Sekaran, Gunungpati, Semarang, 50229

Jurusan Bahasa Asing, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang

References

Ainin, Moh. 2010. Metodologi Penelitian Bahasa Arab. Surabaya: Hilal Pustaka.

Arikunto, Suharsimi, dkk. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

_____________________. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Effendy, Ahmad Fuad. 2009. Metodologi Pengajaran Bahasa Arab. Malang: Kinara Jombang.s

Hadi, Sutrisno. 2004. Statistik. Yogyakarta: AndiOffset.

Hermawan, Acep. 2011. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Iskandar dan Sunendar. 2008. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Lie, Anita. 2003. Cooperative Learning. Jakarta : PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.

Mujib dan Rahmawati. 2012. Permainan Edukatif Pendukung Pembelajaran Bahasa Arab. Yogyakarta: DIVA Press.

Munawwir, Achmad Warson dan Muhammad Fairuz. 2007. Kamus Al-Munawwir Indonesia-Arab. Surabaya: Pustaka Progressif.

Nuha, Ulin. 2012. Metode Super Efektif Pembelajaran Bahasa Arab. Yogyakarta: DIVA Press.

Nurhadi. 2005. Bagaimana Meningkatkan Kemampuan Membaca? “Suatu Teknik Memahami Literatur Yang Efisien”. Malang: Sinar Baru Algasindo.
Rahim, Farida. 2005. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

Slavin, Robert. E. 2008. Cooperative Learning Teart Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Subyantoro. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Semarang: CV. Widya Karya.

Sudjana, Nana. 2006. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendekatan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R & D. Bandung: Alfabeta.

Suwarno, Wiji. 2006. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jogjakarta: Ar Ruzz Media