ANALISIS BUTIR SOAL LATIHAN BUKU PAKET TA’LIM AL LUGHAH AL ARABIYAH KARANGAN Dr. D HIDAYAT KELAS X MADRASAH ALIYAH NEGERI 01 KOTA MAGELANG TAHUN 2013

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Wawan Gunawan

Abstract

Rendahnya mutu pembelajaran bisa disebabkan oleh rendahnya kualitas bahan ajar yang digunakan. Bahan ajar bisa berupa buku paket/buku ajar dan lembar kerja siswa (LKS). Kualitas buku paket yang digunakan sangat berpengaruh terhadap kualitas pembelajaran. Banyak sekolah yang menggunakan buku paket sebagai bahan ajar untuk masing-masing mata pelajaran. Di Madrasah Aliyah Negeri 01 Kota Magelang, pembelajaran untuk mata pelajaran bahasa Arab menggunakan buku paket “Ta’lim Al Lughah Al Arabiyah†karangan Dr. D. Hidayat. Buku paket tersebut belum pernah dianalisis kualitas soalnya, sehingga penelitian ini dilakukan untuk menganalisis butir soal pada buku paket tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dan menggunakan teknik dokumentasi yaitu dengan cara mengumpulkan soal-soal latihan, lembar jawaban siswa, kunci jawaban buku paket “Ta’lim Al Lughah Al Arabiyah†karangan Dr. D. Hidayat kelas X Madrasah Aliyah Negeri 01 Kota Magelang, silabus dan RPP mata pelajaran bahasa Arab kelas X, daftar nama siswa kelas X Madrasah Aliyah Negeri 01 Kota Magelang untuk dijadikan sampel penelitian. Variabel diskrit dalam penelitian ini angka-angka yang digunakan dalam menghitung banyaknya siswa yang menjawab butir soal dari kelompok atas dan kelompok bawah, sedangkan Variabel kontinumnya adalah hasil dari analisis validitas, reliabilitas, daya pembeda, dan tingkat kesukaran soal.

 

The low quality of learning could be due to the poor quality of the teaching materials used. Teaching materials can be textbooks / textbook and student worksheet (LKS). The quality of textbooks used affects the quality of learning. Many schools use textbooks as teaching materials for each subject. 01 Madrasah Aliyah in Magelang, learning Arabic for subjects using textbooks "Ta'lim Al lughah Al Arabiyah" by Dr. D. Hidayat. Book the package because the quality has never been analyzed, so that the study was conducted to analyze the items in the textbooks. The research is a descriptive study using quantitative and technical documentation, that by collecting the practice questions, student answer sheets, answer key textbook "Al lughah Ta'lim Al Arabiyah" by Dr. D. Hidayat Class X Madrasah Aliyah 01 Magelang, syllabi and lesson plans Arabic subjects of class X, a list of names of students of class X Madrasah Aliyah Negeri Magelang 01 to be used as a sample. Discrete variables in this study the figures used in calculating the number of students who answered the item from the top group and the bottom group, whereas kontinumnya variable is the result of the analysis of the validity, reliability, distinguishing features, and level of difficulty of the questions.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

Author Biography

Wawan Gunawan, Gedung B4 Lantai 1 FBS Unnes Kampus Sekaran, Gunungpati, Semarang, 50229

Jurusan Bahasa Asing, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang

References

Ainin, M. dan M, Tohir. 2006. Evaluasi Dalam Pembelajaran Bahsa Arab. Malang: Misykat

Arifiani, Nurul Fitria. 2011. Analisis Butir Soal Ujian Akhir Semester Mata Pelajaran Bahsa Arab Kelas IX MTs Negeri Brangsong Kabupaten Kendal Tahun Pelajaran 2010/2011. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang

Arifin, Zainal. 2011. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Arikunto, Suharsini. 2011. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta: PT. Bumi Aksara

2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

2009. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta

Arsyad, Azhar. 2010. Bahasa Arab dan Metode Pengajarannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Haryanti, Puji. 2006. Analisis Soal-Soal Biologi KelasVII SMP Semester Gasal Pada Buku Pegangan Guru Se-Kabupaten Pati. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.

Huda, Muhammad Nur. 2011. Analisis Item Soal Pilihan Kelas XI IPS Semester Ganjil Mata Pelajaran Sosiologi Tahun Pelajaran 2010/2011 MAN Demak Berdasarkan Tingkat Kesukaran dan Daya Pembeda. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.
Iskandarwassid. Dan Sunendar, Dadang. 2009. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Muslich, Mansur. 2010. Text Book Writing. Jakarta: Ar-Ruzz Media

Nurgiyantoro, Burhan. 2010. Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta

2001. Penilaian Dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra (Edisi Ketiga). Yogyakarta: BPFE Yogyakarta

Purwanto. 2009. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Purwanto, Ngalim. 2009. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya

Rasyid, Harun. Dan Mansur. 2007. Penilaian Hasil Belajar. Bandung: CV Wacana Prima

Sudjana. 1996. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito

Sudjiono, Anas. 2009. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers

Sukrisdianto, Imam. 2012. Analisis Butir Soal Pilihan Ganda Mata Pelajaran Bahasa Jepang. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.
Tim Pengembang MKDP Kurikulum dan Pembelajaran. 2011. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grapindo Persada
http://khoirawatidempo.wordpress.com. 2012-11-08 : 11.02 wib