Analisis Interferensi Fonologi dalam Kegiatan Tasyji'ul Lughah Santri Pondok Pesantren Al-Kamal Interferensi Fonologi dalam Kegiatan Tasyji'ul Lughah Section Articles

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Esthiningtyas Sheilla Purwandari

Abstract

Interferensi fonologi masih sering terjadi dalam pembelajaran bahasa Arab, terutama pada komunikasi sehari-hari. Penggunaan unsur-unsur bahasa lain dalam pemakaian bahasa, yang dianggap kesalahan karena menyimpang dari peraturan bahasa yang digunakan. Interferensi fonologi sering terjadi didalam kegiatan Tasyji’ul Lughah Pondok Pesantren Al-Kamal karena para santri ketika mengikuti kegiatan masih terbawa kaidah bahasa ibu. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bentuk dan penyebab terjadinya interferensi dalam kegiatan Tasyji’ul Lughah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, desain penelitian deskriptif. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik simak, observasi dan wawancara. Observasi digunakan untuk mengamati proses terjadinya interferensi fonologi dalam kegiatan tasyji’ul lughah dan wawancara dilakukan paada 17 santri serta 3 pembina. Hasil penelitian menunjukan 1) konsonan pharyngal menjadi konsoanan glottal, 2) konsonan interdental menjadi konsonan alveodental, 3) konsonan alveopalat menjadi konsonan alveolar, 4) konsonan interdental menjadi konsonan alveolar, 5) konsonan pharyngal menjadi konsonan labial, 6) konsonan velar menjadi konsonan velar. Penyebab yang mendorong terjadinya interferensi fonologi adalah faktor internal yang bersumber dari santri dan faktor eksternal yang bersumber dari pembina. Penelitian ini dapat digunakan untuk memberikan gambaran mengenai interferensi fonologi yang harus dihindari oleh santri saat belajar bahasa Arab.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

Aflisia, N., & Harahap, P. 2019. "Eksistensi Bi’ah Lughowiyah Sebagai Media Berbahasa Arab dalam Meningkatkan Kemampuan Muhadatsah Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Curup". Lisanul’ Arab: Journal of Arabic Learning and Teaching, Vol. 8, No. 1.
Ainin, M. 2010. Metodologi Penelitian Bahasa Arab. Hilal Pustaka.
Al-Nizar, F. 2014. "Interferensi Fonologis Dan Leksikal Bahasa Arab Terhadap Bahasa Indonesia Dalam Terjemahan Buku Washoya Al-Abaa’ Lil-Abnaa", Vol. 1, No. 1.
Muasa Ala, M., Miftahuddin,A., & Qutni, D. 2019. "Interferensi Fonologi dan Gramatikal Siswa Kelas VII MTs n 1 Kudus dalam Pembelajaran Bahasa Arab (Kajian Sosiolinguistik)". Lisanul Arab: Journal of Arabic Learning and Teaching, Vol. 8, No. 1.
Nur Kholis, M. 2019. "Proses Interferensi Fonologi pada Percakapan Bahasa Arab Santri", Tsaqofiya:Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Arab, Vol. 1, No. 2.
Diani, I., Yunita, W., & Syafrudin. 2019. "Interferensi Bahasa Indonesia terhadap Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Mahasiswa Universitas Bengkulu". Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa (Semiba), 164–173.
Khafifah, Siti. 2022. "Wawancara dengan Pembina dan Santri"
Marlina, L. 2019. Pengantar Ilmu Ashwat. In Fajar Media Bandung (Vol. 1). http://digilib.uinsgd.ac.id/30539/1/PENGANTAR ILMU ASHWAT.pdf
Qomariyah, L. 2019. "Interferensi Bahasa Jawa Dalam Bahasa Arab (Studi Atas Percakapan Santri Putri MA Pondok Pesantren Mamba'us Shalihin Suci Manyar Gresik", Tesis, UIN Sunan Kali Jaga.
Rafael, A. M. D. 2019. "Interferensi Fonologis Penutur Bahasa Melayu Kupang Ke Dalam Bahasa Indonesia Di Kota Kupang". Jurnal Penelitian Humaniora, 20(1), 47–58. https://doi.org/10.23917/humaniora.v20i1.7225
Rahman, F., Anto, P., & Maskur, A. 2018. "Interferensi Bahasa Arab terhadap Bahasa Indonesia dalam Percakapan Santri (Kajian pada Novel Negeri 5 Menara)". Jurnal IMAJERI, 01(1), 12–23. https://journal.uhamka.ac.id/index.php/imajeri/article/download/5052/1800
Ramadhan, F. 2016. "Kajian Sosiolinguistik. Jurnal Sosio Linguistik Universitas Sebelas Maret", 8(1), 1–12.
Thoyib, T., & Hamidah, H. 2018. "Interferensi Fonologis Bahasa Arab “Analisis Kontrastif Fonem Bahasa Arab Terhadap Fonem Bahasa Indonesia Pada Mahasiswa Universitas Al Azhar Bukan Jurusan Sastra Arab.” JURNAL Al-AZHAR INDONESIA SERI HUMANIORA, 4(2), 63. https://doi.org/10.36722/sh.v4i2.257