ARABIC DAIRY CAPTION PROJECT: REACTUALISATION OF PROJECT-BASED LEARNING FOR INSTAGRAM-BASED ARABIC WRITING SKILLS ARABIC DAIRY CAPTION PROJECT: REAKTUALISASI PROJECT BASED LEARNING PADA KETERAMPILAN MENULIS BAHASA ARAB BERBASIS MEDIA INSTAGRAM Section Articles

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Adib Alfalah
Asep Sopian
Nunung Nursyamsiah
Ashabul Kahfi Susanto

Abstract

Penerapan model dan media pembelajaran menulis bahasa Arab yang terbilang klasik dan tradisional membuat pembelajaran kurang optimal dan terkesan membosankan. Sementara perkembangan era digital abad 21 saat ini mengharuskan bagi guru bahasa Arab untuk lebih inovatif dan kreatif dalam memilih model pembelajaran yang sesuai dengan tumbuh kembang peserta didik sebagai generasi digital. Penelitian ini membahas tentang konsep “Arabic Dairy Caption Project” sebagai reaktualisasi model Project Based Learning dalam keterampilan menulis dengan memanfaatkan media sosial Instagram. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah studi literatur melalui buku, jurnal dan hasil penelitian terdahulu yang relevan dengan penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa reaktualisasi perpaduan antara Project Based Learning dan media kontemporer instagram sangat dibutuhkan untuk diterapkan dalam proses pembelajaran menulis bahasa Arab. Dengan menggunakan Instagram, memberikan kesempatan kepada guru untuk mengelola pembelajaran dikelas maupun diluar kelas dengan sebuah proyek yang interaktif. Pembelajaran berbasis proyek mampu memotivasi peserta didik lebih aktif, kooperatif dan kreatif dalam keterampilan menulis bahasa Arab.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

Ainin, M. 2010. Metodologi Penelitian Bahasa Arab. Malang: Hilal Pustaka.
Akhsan, & Muhammadiyah, A. 2020. Model Belajar dan Pembelajaran Bahasa Arab Generasi Milenial. Lahjah Arabiyah (Jurnal Bahasa Arab dan Pendidikan Bahasa Arab), Vol. 1, No. 2.
Asse, A. 2019. Model Pembelajaran Bahasa Arab Yang Terfokus Pada Siswa (Student-Centered Learning/SCL). Jurnal Paedagogia, Vol. 7, No. 1.
Audina, N. A., & Muassomah. 2020. Instagram: Alternatif Media Dalam Pengembangan Maharah Al-Kitabah. Al-Ta'rib (Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Palangka Raya), Vol. 8, No. 1.
Desrani, A., & Zamani, D. A. 2021. Pengembangan Kurikulum Pembelajaran Bahasa Arab di Masa. Jurnal Alfazuna, Vol. 05, No. 02.
Effendy, A. F. 2017. Metodologi Pengajaran Bahasa Arab. Malang: MISYKAT.
Fuadah, S. 2020. Penggunaan Media Instagram @Nahwu_Pedia dalam Maharah Al Qira'ah dan Maharah Al Kitabah Mahasiswa Bahasa Arab. Yudharta, Vol. 11, No. 2.
Gustianti, A. H., Nursyamsiah, N., & Sopian, A. 2021. The Use of Quizizz Web Tool to Support Writing Skills in Arabic. International Conference on Arabic Language and Literature.
Hastang. 2018. Upaya Optimalisasi Maharah Kitabah Melalui Model Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Materi Al-Jumlah. Didaktika Jurnal Kependidikan, Vol. 12, No. 1.
Juwanti, A. E., Salsabila, U. H., Putri, C. J., Nurany, A. L., & Cholifah, F. N. 2020. Project-Based Learning (PJBL) Untuk PAI Selama Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 3, No. 2.
Larassary, A., & Wulandari, S. 2022. Optimalisasi pembelajaran pendidikan jasmani menggunakan model project-based learning dengan media Instagram pada masa new-normal. Jurnal Olahraga Pendidikan Indonesia (JOPI), Vol. 2, No. 1.
Mufti, A. 2022. Project-Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi pada Mata Pelajaran Bahasa Arab. Al-Ma'rifah (Jurnal Budaya, Bahasa, dan Sastra Arab), Vol. 19, No. 1.
Nurazmi, I. A. 2020. Pengaruh Penggunaan Whatssapp Dan Metode Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Pembelajaran Bahasa Arab. Hijai Journal on Arabic Language and Literature, Vol. 03, No. 02.
Setyawan, C. E., & Ahsan. 2020. Arah Perencanaan Pembelajaran Bahasa Arab Abad 21. Jurnal Komunikasi dan Pendidikan Islam, Vol. 9, No. 1.
Shodiqoh, M., & Mansyur, M. 2022. Reaktualisasi Project Based Learning Model Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Tanfidziya: Journal of Arabic Education, Vol. 01, No. 03.
Sopian, A., & Supriadi, R. 2021. Problematic of Character-Based Arabic Learning During Pandemic Time at Boarding School Assyifa Subang. International Conference on Arabic Language and Literature.
Sudarto. 2020. Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Pada Masa Pandemi Covid-19 Di MTSN 1 Pulang Pisau. Palangkaraya.
Suhartatik, A. 2014. Pengembangan Model Project-Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris Siswa Ponpes Modern Di Malang Raya. LINGUA, Vol. 9, No. 2.
Syukriya, A. U. 2019. Implementasi PjBL dengan Media Instagram pada Keterampilan. PROSIDING Konferensi Nasional Bahasa Arab (KONASBARA). Vol. 5.
Utami, R. P., Probosari, R. M., & Fatmawati, U. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Berbantu Instagram Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas X SMA Negeri 8 Surakarta. Bio-Pedagogi, Vol. 4, No. 1.
https://kbbi.lektur.id/reaktualisasi (diakses pada tanggal 14 Oktober 2022, pukul 09.35 WIB)