WAYANG EDUKATIF: MEDIA PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA ARAB KELAS VII MTs

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Mahmudah Mahmudah
Retno Purnama Irawati

Abstract

Abstrak

___________________________________________________________________

Salah satu keterampilan berbahasa adalah berbicara. Pada umumnya berbicara bukanlah hal yang sulit, namun pada kenyataannya sering kali jarang dipraktekkan oleh siswa, terutama para siswa SMP/MTs. Hal ini terjadi karena faktor internal maupun dari faktor eksternal siswa. Dengan demikian, peneliti memberikan solusi yang diharapkan mampu membantu siswa dalam meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Arab, yaitu dengan memanfaatkan wayang edukatif. Sebuah inovasi baru yang dikemas secara menarik, dengan tujuan untuk menjadikan siswa gemar berbicara bahasa Arab. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini yaitu 1) bagaimana kebutuhan guru dan siswa terhadap media wayang edukatif yang sesuai kurikulum? 2) bagaimana prototipe media wayang edukatif? 3) bagaimana penilaian para ahli, guru dan dosen pembimbing terhadap prototipe wayang edukatif?. Desain penelitian ini adalah desain Research and Development (R&D). Data diambil dari hasil wawancara, observasi, dan angket kebutuhan yang disebar kepada guru dan siswa sebelum penyusunan prototipe media wayang edukatif, serta angket penilaian ahli, guru, dan dosen pembimbing terhadap prototipe media wayang edukatif. Kesimpulan penelitian ini adalah 1) semua responden atau guru dan siswa sangat membutuhkan media keterampilan berbicara bahasa Arab. 2) prototipe wayang edukatif dikemas dalam satu paket yang berisi tokoh wayang, panggung, background, kosakata, dan dialog dengan tema Al ‘Unwan, Baitiy, Usrotiy, 3) penilaian para ahli, guru dan dosen pembimbing terhadap prototipe wayang edukatif dengan jumlah nilai rata-rata 3,83 termasuk kategori sangat baik.

Abstract

___________________________________________________________________

One of language skills is to talk. Generally speaking not a difficult thing, but in reality is often less practiced by the students, especially students of SMP / MTs. This happens because of internal factors and external factors students. Thus, the researchers provide a solution that is expected to assist students in improving skills speak Arabic, that is by utilizing the educational puppet. A new innovation attractively packaged, with the aim to make students love to speak Arabic. Issues raised in this research: 1) how the needs of teachers and students of the puppet media appropriate educational curriculum? 2) how prototyping media educative puppet? 3) how the assessment of experts, teachers and lecturers to educational puppet prototype ?. This study design is the design of Research and Development (R & D). The data is taken from interviews, observations, and questionnaires were distributed to the needs of teachers and students prior to the preparation of prototype educational puppet media, as well as expert assessment questionnaire, teachers, and lecturers of the prototype educational puppet media. It is concluded that 1) all of the respondents, or teachers and students desperately need to speak Arabic media skills. 2) prototype puppet educative packed in one package containing puppet characters, stage, background, vocabulary, and dialogue with the theme Al 'Unwan, Baitiy, Usrotiy, 3) assessment experts, teachers and lecturers of the prototype puppet educative the number of average value -rata 3.83 including the excellent category.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

Ainin, dkk. 2010. Metodologi Penelitian Bahasa Arab. Surabaya: Hilal Pustaka.
Alwi, Hasan. 2007. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Arikunto. Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arsyad, Azhar. 2007. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Daryanto.2012. Media Pembelajaran. Bandung: PT Satu Nusa.
Djamarah, dan Zain. 2010. Macam, Teknik, Strategi Media Pembelajaran. Semarang: Need’s Press.
Effendy, Ahmad Fuad. 2009. Metodologi Pengajaran Bahasa Arab. Malang: Kinara Jombang.
Iskandarwassid. 2011. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Izzan, Ahmad. 2009. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Yogyakarta. Humaniora Yogyakarta.
Khalilullah, Muhammad. 2012. Media Pembelajaran Bahasa Arab. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Makruf, Imam. 2009. Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Aktif. Semarang: Need’s Press.
Margono, S. 2009. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Mujianto, Yan, dkk. 2010. Pengantar Ilmu Budaya. Yogyakarta: Pelangi Publishing
Nurgiyantoro, Burhan. 2001. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra Edisi Ketiga. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.
Purba, Mudini Salamat. 2009. Pembelajaran Berbicara. Jakarta: Modul Suplemen KKG Bermutu. https://www.scribd.com/doc/27898415/Penulis-Mudini-Salamat-Purba-Penyunting-Elina-Syarif (20 desember 2014)
Sadiman, Arief. Et al. 2011. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatanya. Jakarta: Rajawali Pers.
Sanjaya, Wina. 2013. Penelitian Pendidikan Jenis, Metode, dan Prosedur. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Slamet, Saddhono. 2014. Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Indonesia. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Slamet, St. Y. 2008. Dasar-dasar Keterampilan Berbahasa Indonesia. Surakarta: UNS Press.
Sudjana, Nana dan Ahamad Rivai. 2009. Media Pelajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Rosdakarya.
Tarigan, Henry Guntur. 2008. Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Yuniawan, Tommi. 2012. Terampil Retorika Berbicara. Semarang: Unnes Press.
إبراهيم محمد عطا. 1997. طرق تدريس اللغة العربية والتربية الدينية. القاهرة: مكتبة النهضة المصرية.
كمال بن إبراهيم بدري وآخرون. 1991. الموجة في تعليم العربية لغير الناطقين بها: المملكة العربية السعودية.

Anafi. 2012. “Peningkatan Keterampilan Bercerita dengan Menggunakan Media Wayang Boneka pada Siswa Kelas VII B SMP Negeri 1 Seyegan Sleman”. Skripsi: Universitas Negeri Yogyakarta.
Astuti, Dwi. 2011. “Penerapan Metode Langsung (Ath Thoriqoh Mubasyaroh) untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Arab pada siswa kelas VII MTs Negeri Kendal”. Skripsi: Universitas Negeri Semarang.
Faruq Al Umar. 2011. “Penggunaan Media Gambar dalam Pengajaran Keterampilan Berbicara”. Skripsi: UIN Maulana Malik Ibrahim.
Lathifiana, Oktavina. 2010. “Penerapan Metode Langsung dalam Meningkatkan Ketampilan Berbicara Bahasa Arab Kelas VII MTs Miftahul Huda Maguan Rembang”. Skripsi: UIN Sunan Kalijaga.
Muasyaroh, Husnul. 2014. “Evektifitas Penerapan Model Percakapan Bebas pada Mata Pelajaran Bahasa Arab terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas VIII MTs Negeri Kendal”. Skripsi: Universitas Negeri Semarang.
Mursyid, Muhammad. 2013. “Arabic Story Book: Media Keterampilan Membaca Bahasa Arab Kelas IV MI Miftahul Hidayah Visualisasi Tiga Dimensi”. Skripsi: Universitas Negeri Semarang.
Nugroho, Rohmat Teguh. 2011. “Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Peer Tutoring untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara pada mata kuliah Tadrib Muhadatsah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Negeri Semarang Tahun Ajaran 2010/2011”. Skripsi: Universitas Negeri Semarang.
Sana, Lailus. 2011. “Upaya Peningkatan Keterampilan Berbicara Bahasa Arab Melalui Strategi Active Learning pada Siswa Kelas X.2 SMA Islam Sudirman Ambarawa Tahun Ajaran 2010/2011”. Skripsi: Universitas Negeri Semarang.
Zaki Mubarok, Alif. 2010. “Peningkatan Kemampuan Berbicara Bahasa Arab Menggunakan Metode Bermain Peran atau Role Playing pada Siswa Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Ianatussibyan Mangkang Kulon Tugu Semarang”. Skripsi: Universitas Negeri Semarang.
http://eprints.undip.ac.id/1153/2/MICHAEL_TIRTA.pdf diunduh pada tanggal 24 April 2015.