Analisis Economic Value Added dan Market Value Added sebagai Alat Pengukur Kinerja Perusahaan serta Pengaruhnya terhadap Harga Saham
Abstract
Posisi dan kinerja perusahaan sangat penting artinya bagi perusahaan untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan perusahaan. Laporan keuangan perusahaan merupakan salah satu sumber informasi yang penting disamping informasi lain seperti informasi industri, kondisi perekonomian, pangsa pasar perusahaan, kualitas manajemen dan lainnnya. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di BEIĀ 2012-2015. Sampel pada penelitian ini diambil dengan teknik purposive sampling. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sebanyak 13 perusahaan makanan dan minuman. Pengaruh Economic Value Added (EVA) dan Market Value Added (MVA) terhadap harga saham melalui pengujian statistik uji F (ANOVA) menunjukkan bahwa Economic Value Added (EVA) dengan Market Value Added (MVA) secara bersama-sama tidak berpengaruh terhadap harga saham.