Abstract

Faktor yang mempengaruhi atribut produk terhadap loyalitas pelanggan antara lain dimensi kualitas, desain, warna, label, dan estetika pada green product sepeda mo- tor Honda injection. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dimensi atribut produk terhadap loyalitas pelanggan pada green product sepeda motor Honda injection secara parsial dan simultan. Hasil uji parsial menunjukkan kualitas mempunyai nilai probabilitas thitung sebesar 4,224 dengan sig. Hitung sebesar 0,000 < 0,05, desain mempunyai nilai probabilitas thitung sebesar – 0,634 dengan sig. Hitung sebesar 0,530 > 0,05, warna mempunyai nilai probabilitas thi- tung sebesar – 1,624 dengan sig. Hitung sebesar 0,213 > 0,05, label mempunyai nilai probabilitas thitung sebesar 2,371 dengan sig. Hitung sebesar 0,023 < 0,05, este- tika mempunyai nilai probabilitas thitung sebesar 2,415 dengan sig. Hitung sebesar

0,020 < 0,05. Sedangkan uji simultan menunjukkan Fhitung sebesar 4,100 dengan taraf sig. Sebesar 0,004 < 0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pen- garuh dimensi kualitas, desain, warna, label dan estetika, secara simultan terhadap loyalitas pelanggan pada green product sepeda motor Honda injection. Berdasarkan hasil uji parsial dapat dilihat bahwa atribut produk dimensi kualitas, label, dan es- tetika berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Se- dangkan dimensi desain dan warna berpengaruh secara negatif dan tidak signifikan terhadap loyalitas pelanggan.

 

Abstract

Product attributes influence quality, design, color, label, and the aesthetics dimen- sions toward green product injection Honda motorcycle customers loyalty partially or simultaneously is needed to be known to measure customers loyalty. So, this researched is conducted to find that data. Based on the result, it shows that quality dimension has probability value thitung 4,224 with sig. Hitung 0,000 < 0,05, design dimension has probability value thitung - 0,634 with sig. Hitung 0,530 > 0,05, color dimension has probability value thitung  - 1,624 with sig. Hitung  0,213 > 0,05, label dimension has probability value thitung 2,371 with sig. Hitung 0,023 < 0,05, aesthetic dimension has probability value thitung  2,415 with sig. Hitung 0,020 <

0,05. While the result of simultance Fhitung 4,100 with sig. 0,004 < 0,05. This data shows that there is influence of quality, design, color, label and aesthetic dimension simultaneously towards customer loyalty to green product injection Honda motor- cycle. Partially, it can be known that the dimensions of quality, label, and aesthetic of product attributes influence green product injection Honda motorcycle.