Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh citra merek, kualitas pelayanan, dan kepuasan konsumen terhadap loyalitas konsumen.  Populasi dalam penelitian ini adalah semua pasien rawat jalan RSUD Ungaran. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 responden dengan teknik Incidental Sampling. Metode pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan kuisoner. Analisis data menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) melalui program IBM SPSS AMOS 22. Hasil penelitian dengan analisis SEM, menunjukkan bahwa model penelitian ini dengan variabel citra merek, kualitas pelayanan, kepuasan konsumen, dan loyalitas konsumen dapat diterima secara fit atau baik sesuai dengan hasil perhitungan memenuhi kriteria goodness of fit index. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini terdapat 6 hipotesis dengan hasil semua hipotesis memiliki pengaruh yang signifikan (p<0.05). Simpulan dari penelitian ini membuktikan bahwa citra merek, kualitas pelayanan dan kepuasan konsumen mampu berpengaruh terhadap loyalitas konsumen. Saran dari peneliti untuk pihak RSUD Ungaran tetap menjaga citra merek, karena di benak konsumen citra yang baik ada kualitas pelayanan didalamnya yang baik juga. Saran untuk peneliti selanjutnya yaitu menambah variabel lain ataupun faktor lain yang terkait dengan penelitian ini.