Abstract

 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh langsung dan tidak langsung kualitas layanan, promosi dan citra destinasi terhadap kepuasan pengunjung melalui keputusan pengunjung. Populasi penelitian ini seluruh pengunjung Taman Reptil Sanggaluri Park. Teknik pengambilan sampel menggunakan Incidental sampling berjumlah 100 responden. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner/angket. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis path (Jalur) melalui alat analisis yaitu IBM SPSS 23. Hasil penelitian membuktikan bahwa variabel kualitas layanan, promosi dan citra destinasi pengaruh secara langsung  adalah diterima dimana nilai signifikannya <0,50 sedangkan untuk pengujian intervening diperoleh nilai total pengaruh tidak  langsung > pengaruh langsung, yaitu kualitas layanan sebesar 0,328> 0,206, promosi sebesar 0,281> 0,217, dan citra destinasi sebesar 0,476> 0,401. Simpulan penelitian membuktian bahwa terdapat pengaruh kualitas ,layanan, promosi, dan citra destiansi terhadap kepuasan pengunjung baik secara langsung maupun tidak langsung. Keputusan pengunjung mampu memediasi kualitas layanan, promosi, dan citra destiansi terhadap kepuasan pengunjung, semakin tinggi tingkat kualitas layanan, promosi, dan citra destinasi maka dapat mempengaruhi keputusan berkunjung yang akan berdampak pada kepuasan pengunjung. Saran pada penelitian ini seperti memberikan sarana penyediaan keluhan dan saran,  membuat iklan yang lebih kreatif, menambah wahana yang tidak monoton.