Abstract

 


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh orientasi pelanggan dan orientasi kewirausahaan terhadap kinerja pemasaran secara langsung dan tidak langsung melalui keunggulan bersaing. Populasi dalam penelitian ini adalah pemilik UMKM Kerupuk Glopot di Kabupaten Tegal, yang berjumlah 80 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode sampling jenuh, diperoleh jumlah sampel sesuai dengan jumlah populasi yaitu 80 responden. Metode penelitian menggunakan analisis jalur (path analysis) melalui alat analisis SPSS Statistik 21. Hasil penelitian menyatakan bahwa orientasi pelanggan, orientasi kewirausahaan, dan keunggulan bersaing memiliki nilai signifikan. Pengaruh orientasi pelanggan terhadap kinerja pemasaran memiliki nilai signifikan. Pengaruh orientasi kewirausahaan terhadap kinerja pemasaran memiliki nilai tidak signifikan. Pengaruh keunggulan bersaing terhadap kinerja pemasaran memiliki nilai signifikan. Kemudian, pengaruh mediasi dihasilkan bahwa pengaruh total kedua variabel lebih besar dari pengaruh langsungnya. Simpulan dari penelitian ini membuktikan bahwa hanya orientasi kewirausahaan yang tidak berpengaruh langsung terhadap kinerja pemasaran, sedangkan keunggulan bersaing memediasi pengaruh tidak langsung orientasi pelanggan dan orientasi kewirausahaan terhadap kinerja pemasaran.