Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh person-organization fit pada nilai-nilai kolektif dan komitmen afektif serta menemukan pengaruh nilai-nilai kolektif pada komitmen afektif. Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk menemukan pengaruh person-organization fit pada komitmen afektif dengan melalui nilai-nilai kolektif sebagai variabel mediasi. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan tetap yang bekerja di kantor pusat Lembaga Penyiaran Publik Televisi Republik Indonesia (LPP TVRI) stasiun Jawa Tengah. Dengan menggunakan teknik purposive sampling dan proportionate stratified random sampling diperoleh sampel sebanyak 122 karyawan. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif, uji asumsi klasik, dan analisis jalur melalui program SPSS 21.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukan bahwa dari emapat hipotesis secara keseluruhan dapat diterima. Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa person-organization fit berpengaruh positif signifikan pada nilai-nilai kolektif dan komitmen afektif. Begitupun juga nilai-nilai kolektif berpengaruh positif signifikan pada komitmen afektif. Sedangkan nilai-nilai kolektif juga mampu menjadi variabel mediasi dalam hubungan antara person-organization fit pada komitmen afektif.