Alqurneh, M., Isa, F., & Othman, A. R. (2002). Tourism Destination Image , Satisfaction and Loyalty : A Study of the Dead Sea in Jordanian curative tourism. 1-10.
Aprilia, F. (2015). Pengaruh Word of Mouth terhadap Minat Berkunjung serta Dampaknya pada Keputusan Berkunjung (Survei pada Pengunjung Tempat Wisata Jawa Timur Park Kota Batu). Jurnal Administrasi Bisnis, 24(1), 1-6.
Ardiani, E., & Murwatiningsih. (2017). Membangun Loyalitas Konsumen Melalui Citra Merek, Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Konsumen. Management Analysis Journal, 6(3), 274-284.
Ermawati. (2018). The Influence of Destination Image, Push and Pull Travel Motivation towards Tourist Loyalty Through Tourist Satisfaction. Management Analysis Journal, 7(4).
Etchner, & Ritchie. (2003). The Meaning and Measurement of Destination Image. The Journal of Tourism Studies, 14(1), 37-48.
Farida, N. (2014). Analisis Model Kepuasan terhadap Pembelian Ulang. Jurnal Dinamika Manajemen, 5(2), 200-208.
Fuadillah, N. (2018). The Effect of Place Branding, Promotion and Tourism Product Atribute to Decision to Visit through the Destination Image. Management Analysis Journal, 7(3).
Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariat dengn Program IBM SPSS. (7th ed.). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hania, A., Sunarti, S., & Pangestuti, E. (2016). Pengaruh Bauran Promosi terhadap Keputusan Berkunjung dengan Citra Destinasi sebagai Variabel Mediasi (Survei pada Wisatawan Jawa Timur Park 1 Kota Batu). Jurnal Administrasi Bisnis, 40(1), 186-193.
Hanif, A., Kusumawati, A., & Mawardi, M. (2016). Pengaruh Citra Destinasi terhadap Kepuasan Wisatawan serta Dampaknya terhadap Loyalitas Wisatawan (Studi pada Wisatawan Nusantara yang Berkunjung ke Kota Batu). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 38(1), 44-52.
Hartono, A. (2015). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas terhadap Kepuasan Konsumen melalui Keputusan Pembelian sebagai Variabel Intervening. Management Analysis Journal, 4(2), 153-162.
Hasan, A., & Setiyaningtiyas, N. W. (2015). Pengaruh Electronic Word of Mouth pada Media Sosial Facebook terhadap Keputusan Berkunjung Ke Desa Wisata Nglanggeran Gunungkidul. Media Wisata, 13(1), 224-238.
Hennig-Thurau, T., Gwinner, K. P., Walsh, G., & Gremler, D. D. (2004). Electronic Word-of-Mouth via Consumer-Opinion Platforms: What Motivates Consumers to Articulate Themselves on the Internet? Journal of Interactive Marketing, 18(1), 38-52.
Humaira, A., & Wibowo, L. A. (2016). Analisis Faktor Electronik Word of Mouth (EWOM) dalam Mempengaruhi Keputusan Berkunjung Wisatawan. (THE) Journal, 6(2), 2016-1049.
Kotler, P. dan G. A. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Kozak, M., & Rimmington, M. (2000). Tourist Satisfaction with Mallorca, Spain, as an off-Season Holiday Destination. Journal of Travel Research, 38(3), 260-269.
Kristiutami, Y. P. (2015). Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan di Museum Geologi Bandung. Pariwisata, 2(2), 77-88.
Mardiyani, Y., & M. (2015). Pengaruh Fasilitas dan Promosi terhadap Kepuasan Pengunjung melalui Keputusan Berkunjung sebagai VAriabel Intervening pada Objek Wisata Kota Semarang. Management Analysis Journal, 4(1), 65-75.
Mulyati, Yofina. H. M. (2018). Pengaruh Electronic Word of Mouth terhadap Citra Destinasi Serta Dampaknya pada Minat dan Keputusan Berkunjung Wisatawan Domestik pada Destinasi Wisata Kota Bukittinggi. Jurnal Media Wisata, 13(1).
Paludi, S. (2016). Analisis Pengaruh Electronic Word of Mouth (e-WOM) terhadap Citra Destinasi, Kepuasan Wisatawan, dan Loyalitas Destinasi Perkampungan Budaya Betawi (PBB) Setu Babakan Jakarta Selatan. MM IBN Jakarta.
Permana, M. V. (2013). Peningkatan Kepuasan Pelanggan melalui Kualitas Produk dan Kualitas Layanan. Jurnal Dinamika Manajemen, 2(4), 115-131.
Pitana. (2005). Sosiologi dan Antropologi Pariwisata. Yogyakarta: Andi.
Priatmoko, S. (2017). Pengaruh Atraksi, Media sosial, dan Infrastruktur terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan ke Desa Wisata Pentingsari Yogyakarta. 8(1).
Putra, S. P. A. M. (2017). Pengaruh E-Wom terhadap Citra Destinasi, Kepuasan, dan Loyalitas (Studi pada kunjungan wisatawan di DIY). Modus, 29(2), 201-218.
Putri, R. A., Farida, N., & Dewi, R. S. (2015). Pengaruh Citra Destinasi, Fasilitas Wisata dan Experiential Marketing terhadap Loyalitas melalui Kepuasan (Studi pada Pengunjung Domestik Taman Wisata Candi Borobudur). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 4(1), 225-235.
Qu, H., Kim, L. H., & Im, H. H. (2011). A Model of Destination Branding: Integrating the Concepts of the Branding and Destination Image. Tourism Management, 32(3), 465-476.
Safitasari, C., Maftukhah, I., & Artikel, I. (2017). Pengaruh Kualitas Layanan, Promosi dan Citra Destinasi terhadap Kepuasan melalui Keputusan Pengunjung. Management Analysis Journal, 6(3), 310-319.
Sakitri., W., Arief, S., Maftukhah, I., & Tusyanah. (2009). Strategies Used by Indonesia Businessmen for Communication via Email in Global Trade Era. Asian EFL Journal, 38(August), 29-57.
Sangkaeng, S., Mananeke, L., & Oroh, S. (2015). Pengaruh Citra, Promosi dan Kualitas Pelayanan Objek Wisata terhadap Kepuasan Wisatawan di Objek Wisata Taman Laut Bunaken Sulawesi Utara. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 3(3), 1089-1100.
Sari, F., & Pangestuti, E. (2018). Pengaruh Electronic Word of Mouth (E-WoM) terhadap Minat Berkunjung dan Keputusan Berkunjung (Studi pada Wisata Coban Rais BKPH Pujon). Jurnal Administrasi Bisnis, 54(1), 189-196.
Setiadi, N. J. (2003). Perilaku Konsumen: Konsep dan Implikasi untuk. Strategi dan Penelitian Pemasaran. Jakarta: Kencana.
Setiawan, P. Y. (2014). The Effect of E-WoM on Destination Image, Satisfaction and Loyalty. International Journal of Business and Management Invention, 3(1), 2319-8028.
Setyaningsih, S., & M. (2017). Pengaruh Motivasi, Promosi dan Citra Destinasi pada Kepuasan Pengunjung Melalui Keputusan Pengunjung. Management Analysis Journal, 6(2).
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sundari, Siti, M. (2015). The Influence of Safety, Promotion and Trust towards Image, Satisfaction and Loyalty (the study on Domestic Tourist at Samosir Regency in North Sumatra Province. Journal of Management and Social Sciences, 5(2).
Suwarduki, P. R., Yulianto, E., & Mawardi, M. K. (2016). Pengaruh Electronic Word of Mouth terhadap Citra Destinasi serta Dampaknya pada Minat dan Keputusan Berkunjung (Survei pada Followers Aktif Akun Instagram Indtravel yang Telah Mengunjungi Destinasi Wisata di Indonesia. Jurnal Administrasi Bisnis, 37(2), 1-10.
Widyanto, A., Sunarti, & Pangestuti, E. (2017). Pengaruh E-WoM di Instagram terhadap Minat Berkunjung dan Dampaknya pada Keputusan Berkunjung. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 45(1), 94-101.
Zakia, S. Z., & Farida, N. (2016). Pengaruh Produk Wisata dan Word of Mouth terhadap Keputusan Berkunjung dengan Citra Destinasi sebagai Variabel Intervening (Studi pada Obyek Wisata Colo Kudus). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis.
- Abstract viewed - 666 times
- pdf downloaded - 671 times
Affiliations
Muhammad Arif Kurniawan
Universitas Negeri Semarang
Ida Maftukhah
Universitas Negeri Semarang
How to Cite
The Analysis of Electronic Word of Mouth, Destination Image, and Visiting Decision on Satisfaction
Vol 9 No 1 (2020): Management Analysis Journal
Submitted: Dec 4, 2019
Published: Mar 24, 2020
Abstract
The purpose of this study was to find out the influence of electronic word of mouth and destination image on satisfaction through the visiting decision to the visitors of Banjarejo Tourism Village. The population in this study were all visitors of the Banjarejo Tourism Village. The total of samples was 120 respondents with incidental sampling techniques through a Likert scale questionnaire. The data collection method used a questionnaire. Data analysis used classical assumption test and hypothesis test (t-test and path analysis) with SPSS 25 statistical version. The results showed that electronic word of mouth had a positive influence and significant on visitor satisfaction, destination image had a positive influence and significant on visitor satisfaction, visiting decision had a positive influence and significant on visitor satisfaction, and the visiting decision mediated the influence of electronic word of mouth and destination image on visitor satisfaction.