PENGARUH CITRA PERUSAHAAN DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menganalisis pengaruh citra perusahaan dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen PO.Nusantara jurusan Semarang-Jakarta.Variabel bebas yaitu citra perusahaan dan kualitas pelayanan, variable terikat yaitu kepuasan konsumen. Metode pengumpulan data dengan kuesioner. Metode analisis data dengan analisis deskriptif persentase dan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian diperoleh persamaan regresi linier berganda Y = 5,195 + 0,334 X1 + 0,206 X2. UjiĀ hipotesis parsial (t) menunjukan bahwa citra perusahaan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen(t1=5,702), kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen(t2=4,141). Uji hipotesis simultan (F=56,641) menunujukan bahwa ada pengaruh yang signifikan citra perusahaan dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen. Koefisien determinasi 52,4%, menunjukkan kepuasan konsumen PO.Nusantara dipengaruhi oleh citra perusahaan dan kualitas pelayanan sebesar 52,4%, sedangkan sisanya 47,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang berada di luar variabel yang diteliti dalam penelitian ini. Simpulan penelitian ini adalah ada pengaruh yang positif dan signifikan variabel citra perusahaan dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen PO.Nusantara. variabel citra perusahaan lebih dominan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen PO.Nusantara. Saran dari penelitian ini, diharapkan agar PO.Nusantara meningkatkan kualitas SDM dengan mengadakan diklat supir, member reward bagi karyawan berprestasi dan menambah fasilitas tv pada setiap tempat duduk.