Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Konsumen di Rocket Chicken Purbalingga
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan pengaruh store layout, harga, lokasi, dan promosi terhadap kepuasan konsumen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen Rocket Chicken Purbalingga. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik accidental sampling sejumlah 100 responden. Metode pengumpulan data yang digunakan metode studi kepustakaan dan metode kuesioner. Pengujian instrumen dilakukan dengan uji validitas dan uji reliabilitas, Metode analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda dengan program SPSS 21.0 for Windows. Hasil uji secara parsial diperoleh t hitung untuk variabel kualitas store layout 5,866 dengan signifikansi 0,000, untuk variabel harga diperoleh t hitung sebesar 3,750 dengan signifikansi 0,000 untuk variabel lokasi diperoleh t hitung sebesar 2,175 dengan signifikansi 0,032 dan untuk variabel promosi diperoleh t hitung sebesar 1,669 dengan signifikansi 0,098. Simpulannya secara simultan store layout, harga, lokasi, dan promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Secara parsial store layout, harga, dan lokasi berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen sementara variabel promosi berpengaruh namun tidak signifikan terhadap kepuasan konsumen. Mengingat store layout, harga, lokasi memiliki pengaruh positif dan signifikan pada Rocket Chicken Purbalingga, sebaiknya manajemen perusahaan memperhatikan variabel tersebut guna mempertahankan konsumen.