Pengaruh Bukti Fisik dan Empati terhadap Loyalitas Konsumen melalui Kepuasan Konsumen
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan bukti fisik dan empati berpengaruh terhadap loyalitas kosnumen melalui kepuasan kosnumen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen Minimo Ice Cream Resto Semarang. Pengambilan sampel menggunakan teknik accidental sampling, sebanyak 100 responden. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Pengujian instrumen dilakukan dengan uji validitas dan reliabilitas. Metode analisis dalam penelitian menggunakan SPSS 21.0 for Windows. Hasil penelitian menemukan bahwa semua hipotesis pengaruh secara lngsung yang diajukan adalah diterima dimana nilai signifikansinya < 0,050, sedangkan untuk pengujian intervening diperoleh nilai total pengaruh tidak langsung > pengaruh langsung, yaitu bukti fisik sebesar 0,452 > 0,408 , dan empati sebesar 0, 461 > 0, 315. Hal ini membuktikan hipotesis baik secara langsung dan tidak langsung dalam penelitian ini semua diterima. Simpulannya semakin baik dan tinggi bukti fisik dan empati maka semakin meningkat kepuasan konsumen yang dapat berdampak pada brand loyalitas konsumen. Saran untuk perusahaan adalah meningkatkan ketahanan konsumen dengan cara memberikan diskon harga dan promo harga dengan ketentuan tertentu, menyediakan customer service untuk memberikan informasi kepada konsumen, memberikan reward kepada konsumen yang setia melakukan pembelian jangka panjang.