Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions Pada Perkuliahan Konsep Dasar Matematika

Main Article Content

Nurul Saila

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe student teams-achievement divisions (STAD) dalam perkuliahan Konsep Dasar Matematika.dan bagaimana hasil belajar yang diperoleh mahasiswa.  Rancangan penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (quasi experimen design) dengan model post test only control group design. Populasi penelitian adalah seluruh mahasiswa semester I tahun akademik 2014/2015 Program Studi PGSD FKIP Universitas Panca Marga, yang terdiri dari kelas A dan B sebanyak 76 mahasiswa.  Penentuan sampel menggunakan teknik undian kelas, yaitu kelas A sebanyak 38 mahasiswa sebagai kelas eksperimen dan kelas B sebanyak 38 mahasiswa sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Keterlaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berlangsung baik dengan nilai rata-rata keterlaksanaan 88,62%. (2) Terdapat perbedaan hasil belajar antara mahasiswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan mahasiswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional, dimana hasil belajar mahasiswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (83,32) lebih tinggi daripada hasil belajar mahasiswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional/ langsung (69,36), dengan taraf signikansi sebesar 0,000.

Article Details

How to Cite
Saila, N. (2016). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions Pada Perkuliahan Konsep Dasar Matematika. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 259-267. Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/21482
Section
Articles

References

[1]Musayadah, E. 2014. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematikadengan Model Pembelajaran Kooperatiftipe Student Teams Achievement Division (Stad) Pada Siswa Kelas V Mi Muhammadiyah Ngadipuro Dukun Kabupaten Magelang Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi.(online) (http://digilib.uin-suka.ac.id/14232/2/BAB%20I,%20IV,%20DAFTAR%20 PUSTAKA.pdf) diakses 4 Mei 2014
[2]Harmoko. 2013. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Student Teams-Achievement Divisions (STAD) Ditinjau dari Keaktifan Siswa Dan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Menggunakan Alat Ukur Kelas X Jurusan Teknik Pemesinan di SMK Muhammadiyah Prambanan. Skripsi. (online) (http://eprints.uny.ac.id/ 9960/1/JURNAL%20ILMIAH.pdf) diakses 4 Mei 2014
[3]Suparyadi.2012. Meningkatkan Hasil Belajar dan Motivasi Belajar Matematika Melalui Metode Pembelajaran Kooperatif Model STAD (Student Teams Achievement Division) pada Siswa Kelas VIII A Smp Negeri 4 Samigaluh Tahun Pelajaran 2011/2012. (online) https://smpn4samigaluh.files.wordpress.com/2012/06/ meningkatkan-hasil-belajar-dan-motivasi-belajar-matematika-melalui-metode-pembelajaran-kooperati1.pdf) di akses 4 Mei 2014
[4]Asmarisa. 2013. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Stad Berbantuan Catatan Tulis Dan Susun Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Perkembangan Konsep Reaksi Redoks Kelas X MAN Malang 1. (online) (http://jurnal-online.um.ac.id/data/artikel/artikel 98BDFE7B5247A2B293BB3BF1FD08D01F.pdf) diakses 4 Mei 2014
[5]Ismail. 2003. Media Pembelajaran (Model-model Pembelajaran). Jakarta: Proyek Peningkatan Mutu SLTP.
[6] Slavin, R. E. (2010). Cooperative Learning Teori, Riset Dan Praktik. Bandung: Nusa Media.
[7] Yatim Riyanto. (2009). Paradigma Baru Pembelajaran Sebagai Referensi Bagi Pendidik Dalam Implementasi Pembelajaran Yang Efektif Dan Berkualitas. Jakarta: Kencana Prenada Media Group