Penerapan Pendekatan Saintifik Berbasis Geogebra dalam Pembelajaran Matematika

Main Article Content

Dwi Novitasari
Indrawati Indrawati
Dwi Kartika Risfianty

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pendekatan saintifik berbasis GeoGebra terhadap hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini adalah penelitian ekperimen yaitu pre-experimental design dengan desain one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa SMA Negeri 6 Mataram sedangkan sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI IPA 1 yang berjumlah 38 orang siswa. Metode pengumpulan data yaitu melalui tes dan dokumentasi sedangkan analisis data menggunakan uji normalitas, homogenitas, uji t dan uji gain (N-Gain). Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1)  nilai rata-rata pretest adalah 71,39 dan hasil rata-rata posttest adalah 82,53 yang menunjukkan bahwa terjadi peningkatan rata-rata sebesar 11,14; 2) hasil uji t menunjukkan bahwa nila Sig. = 0,0001 < 0,05; 3) rata-rata uji gain menunjukkan bahwa peningkatan kompetensi siswa sebagian besar termasuk dalam kriteria sedang yaitu sebanyak 57,89%. Hal ini berarti dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pendekatan saintifik berbasis GeoGebra terhadap hasil belajar matematika yaitu dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa.

Article Details

How to Cite
Novitasari, D., Indrawati, I., & Risfianty, D. K. (2019). Penerapan Pendekatan Saintifik Berbasis Geogebra dalam Pembelajaran Matematika. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 178-184. Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/28908
Section
Articles

References

Bulut, M. dkk.2015. The Effects of GeoGebra on Third Grade Primary Students’ Academic Achievement in Fractions. Journal iSER, International Society of Educational Research, 11(2), 347-355.
Hake, R.R. 1998. Interactive engange-ment vs traditional methods: a six-thousand-student survei of mechanics test data for introductory physics courses. American journal of Physics, 66(1), 64-74.
Hohenwarter, M. & Zsolt L. 2009. The Strength of The Community: How GeoGebra Can Inspire Technology Integration in Mathematics Teaching. MSOR Connections. Vol 9 No 2.
Juan, K. 2015. Effects Of Interactive Software On Student Achievement And Engagement In Four Secondary School Geometry Classes, Compared To Two Classes With No Technology Integration. Disertasi. Tidak diterbitkan. University of florida.
Öçal, M.F. 2017. Asymptote Misconception on Graphing Functions: Does Graphing Software Resolve It?. Malaysian Online Journal of Educational Technology 2017. 5, 21-33.
Permendikbud No. 103 Tahun 2014 Tentang Pedoman Pelaksanaan Pembelajaran
Seloraji, P. dan Leong K.E. 2017. Students’ Performance in Geometrical Reflection Using GeoGebra. Malaysian Online Journal of Educational Technology. 5, 65-77.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta
The National Council of Teachers of Mathematics [NCTM]. (2000). Principles and standards for school mathematics. Reston, VA: Author.
Tsitsia, B.Y. 2014. The Effects Of The Use Of Computers On Students’ Learning Of Trigonometry In Mathematics In Selected Senior High Schools In Ho Municipality. Disertasi. Tidak diterbitkan. University Of Cape Coast.
Yildiz, A. 2016. The Geometric Construction Abilities Of Gifted Students In Solving Real - World Problems: A Case From Turkey. Malaysian Online Journal of Educational Technology. 4, 53-67.