Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Kerja Sama Siswa Kelas X MIPA 8 SMA N 3 Semarang dengan Model DL pada Materi Sistem Pertidaksamaan Dua Variabel

Main Article Content

Afrida Ardiana Rakhim
Arief Agoestanto
Kamta Agus Sajaka

Abstract

Berdasarkan pengamatan awal di SMA Negeri 3 Semarang,  khususnya X MIPA 8, belum terbiasa menulis matematis dari permasalahan yang diperoleh. Pun dengan karakter kerja sama siswa. Siswa kelas X MIPA 8 kurang terbiasa bekerja dalam kelompok. Ketika ada pemasalahan yang harus diselesaikan secara berkelompok, mereka malah terlihat asik menyelesaikan masalah tersebut sendiri. Model Discovery Learning (DL) dapat digunakan untuk meningkatkan komunikasi matematis dan kerja sama siswa. Pada model ini, siswa diberi kesempatan untuk bekerja secara berkelompok. Selain itu, siswa juga diberi kesempatan untuk berkomunikasi matematis, baik secara lisan dalam presentasi kelompok maupun tulisan berupa hasil diskusi kelompok.


Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan kerja sama siswa kelas X MIPA 8 SMA Negeri 3 Semarang. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIPA 8 SMA Negeri 3 Semarang yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data yaitu melalui observasi, yang dilakukan oleh observer untuk mengamati kerja sama siswa, angket yaitu penilaian diri sendiri dan antar teman, serta tes untuk mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa. 


Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan komunikasi matematis dan karakter kerja sama siswa. Pada siklus I rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa adalah cukup dengan presentase siswa yang memperoleh kriteria minimal B dalam satu kelas adalah 40,625%. Pada siklus II rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa adalah sangat baik dengan presentase siswa yang memperoleh kriteria minimal B dalam satu kelas adalah 96,875%.  Untuk karakter kerja sama siswa terjadi peningkatan yaitu pada siklus I presentase siswa yang memperoleh kriteria minimal B dalam satu kelas adalah mencapai 37,50% dan pada siklus II mencapai 96,875%. Dari hasil yang diperoleh, dapat diambil simpulan bahwa penerapan model pembelajaran DL dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan karakte kerja sama siswa pada pembelajaran matematika.

Article Details

How to Cite
Rakhim, A. A., Agoestanto, A., & Sajaka, K. A. (2019). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Kerja Sama Siswa Kelas X MIPA 8 SMA N 3 Semarang dengan Model DL pada Materi Sistem Pertidaksamaan Dua Variabel. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 301-304. Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/28943
Section
Articles

References

Baun, S.G. & Wardhayani, S. 2015. Peningkatan Kualitas Pembelajaran PPKn melalui Model DL dengan Media Visual. Unnes Journal of Joyful Learning. 4(1):27-35.
Choo, S.S.Y, Rotgans, J.I., Yew, E.HJ & Schmidt, HG. 2011. Effect of worksheet scafflods on student learning in problem based-learning. Advances in Health Sciences in Education. 16(1): 517-528.
Depdiknas. 2008. Analisis SI Dan SKL Mata Pelajaran Matematika SMP/MTs Untuk Optimalisasi Pencapaian Tujuan. Yogyakarta: PPPPTK Matematika.
Fachrurazi. 2011. Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar. ISSN 1412-565X. Edisi Khusus No.1: 81 - 82. Tersedia di http://jurnal.upi.edu/file/8-Fachrurazi.pdf [diakses 12-06-2017].
Sapto, A.D., et al. 2015. Keefektifan Pembelajaran Strategi REACT dengan Model SSCS terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika dan Percaya Diri Siswa Kelas VIII. Unnes Journal of Mathematics Education, 4(3): 223-229. Tersedia di https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujme/article/view/9049/5850 [diakses 21-03-2017]
Wahjudi, E. 2015. Penerapan Discovery Learning dalam Pembelajaran IPA Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa kelas IX-1 di SMP Negeri Kalianget. Jurnal Lentera Sains (Lensa). 5(1): 1-16.
Yulianti, S. D. et al. 2016. Pendidikan Karakter Kerja Sama dalam Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar pada Kurikulum 2013. Jurnal Teori dan Praktis Pembelajaran IPS, 1(1): 53. Tersedia di http://id.portalgaruda.org/article.php?article=437409&val=8690 [diakses 21-03-2018]