Keefektifitan Media Pembelajaran Berbasis Android terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kemandirian Belajar

Main Article Content

Putriaji Hendikawati
Muhammad Zuhair Zahid
Riza Arifudin

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dalam dunia pendidikan menjadi motivasi untuk mengembangkan media pembelajaran berupa aplikasi berbasis android Statistic Data Analysis (SDA). Penelitian ini bertujuan untuk melihat efektifitas aplikasi SDA terhadap pencapaian kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemandirian mahasiswa. Penelitian ini menggunakan quasi experimental design dengan pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua mahasiswa prodi Pendidikan Matematika semester 2 tahun akademik 2017/2018. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling. Dipilih satu kelas eksperimen sejumlah 25 mahasiswa yang diberikan perlakuan pembelajaran menggunakan aplikasi SDA dan satu kelas kontrol yang terdiri atas 28 orang mahasiswa. Pengumpulan data dilakukan menggunakan metode dokumentasi, observasi, angket kemandirian belajar, dan tes kemampuan pemecahan masalah matematis. Data penelitian yang diperoleh selanjutnya dianalisis menggunakan uji normalitas dan homogenitas, uji hipotesis rata-rata dua populasi, serta analisis korelasi dan regresi. Hasil analisis menunjukkan terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa pada kelas eksperimen, namun tidak ada perbedaan rata-rata pencapaian kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa pada materi Statistika pada kelas eksperimen dan kontrol. Hal ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan aplikasi SDA terbukti belum efektif meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa. Hasil uji korelasi dan regresi menunjukan bahwa kemandirian belajar secara signifikan tidak memiliki hubungan dan pengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah mahasiswa. Namun, berdasarkan hasil angket diketahui bahwa penggunaan aplikasi SDA dalam pembelajaran dapat meningkatkan kemandirian belajar mahasiswa.

Article Details

How to Cite
Hendikawati, P., Zahid, M. Z., & Arifudin, R. (2019). Keefektifitan Media Pembelajaran Berbasis Android terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kemandirian Belajar. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 917-927. Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/29308
Section
Articles

References

Anderson, R. H. (1976). Selecting and developing media for instruction. Van Nostrand Reinhold; American Society for Training and Development,.
Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Desmita. (2009). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Dwijanto. (2007). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Komputer Terhadap Pencapaian Kemampuan Pemecahan Masalah dan Berpikir Kreatif Matematik Mahasiswa. Universitas Pendidikan Indonesia.
Effendi, L. A. (2012). Pembelajaran matematika dengan metode penemuan terbimbing untuk meningkatkan kemampuan representasi dan pemecahan masalah matematis siswa SMP. Jurnal Penelitian Pendidikan, 13(2), 1–10.
Handoko, H. (2013). Pembentukan Kemampuan Berpikir Kreatif Pada Pembelajaran Matematika Model SAVI Berbasis Discovery Strategy di Laboratorium Teezania. In Prosiding Seminar Nasional Matematika VII UNNES (Vol. 26, pp. 192–287).
Kaselin, K., Sukestiyarno, S., & Waluya, B. (2013). Kemampuan komunikasi matematis pada pembelajaran matematika dengan strategi REACT berbasis etnomatematika. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 2(2).
Kasman, A. D. (2013). Kolaborasi Dahsyat Android dengan PHP dan MySQL. Yogyakarta: Lokomedia.
Kumalasari, E. (2011). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Smp Melalui Pembelajaran Matematika Model Core. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika STKIP Siliwangi Bandung (Vol. 1, pp. 221–228).
NCTM. (2000). Principles and standards for school mathematics. Reston, VA: National Council for Teachers of Mathematics.
Polya, G. (2004). How to solve it: A new aspect of mathematical method. Princeton university press.
Purnamasari, Y. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (Tgt) Terhadap Kemandirian Belajar Dan Peningkatan Kemampuan Penalaran Dan Koneksi Matematik Peserta Didik SMPN 1 Kota Tasikmalaya. Jurnal Pendidikan Dan Keguruan, 1(1). https://doi.org/10.1097/gme.0b013e318230e286
Suhendri, H. (2011). Pengaruh Kecerdasan Matematis–Logis dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Formatif 1 (1), 1(1), 29–39. https://doi.org/10.30998/FORMATIF.V1I1.61
Suherman, E., Turmudi, T., Suryadi, D., Herman, T., Suhendra, S., Prabawanto, S., … Rohayati, A. (2008). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: UPI.
Sumarmo, U. (2005). Pengembangan Berfikir Matematik Tingkat Tinggi Siswa SLTP dan SMU serta Mahasiswa Strata Satu (S1) Melalui Berbagai Pendekatan Pembelajaran. Laporan Penelitian Hibah Pascasarjana Tahun Ketiga. UPI Bandung.
Susilo, M. J. (2007). Kurikulum tingkat satuan pendidikan: manajemen pelaksanaan dan kesiapan sekolah menyongsongnya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.