Geometri di Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar : Kajian Materi dan Proses Pembelajaran

Main Article Content

Trimurtini Trimurtini
Rochmad Rochmad
Isnarto Isnarto

Abstract

Berbagai permasalahan yang muncul dalam pembelajaran geometri di Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), menjadi dasar penelitian ini untuk mengkaji tentang ruang lingkup materi geometri dan proses pembelajaran geometri di PGSD. Jenis Penelitian deskriptif kualitatif ini dilaksanakan di Prodi PGSD melibatkan mahasiswa yang sudah pernah menempuh matakuliah dengan kajian geometri. Cara pengumpulan data dengan angket online dengan googleform, wawancara mendalam terhadap subjek penelitian dan dokumentasi kurikulum kajian geometri di Prodi PGSD. Data dianalisis secara deskriptif dalam bentuk persentase dan interaktif model menurut Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan  bahwa materi geometri di Prodi PGSD yang terdapat dalam dua matakulaih berisi tentang content knowledge geometri dan satu matakuliah pembelajaran geometri di Sekolah Dasar. Tanggapan mahasiswa terhadap proses pembelajaran geometri menunjukkan hal yang positif, mulai dari penggunaan alat peraga dan media, sumber belajar berupa referensi hasil penelitian dan pemberian tugas yang sesuai proporsi beban kuliah (SKS). Meskipun penggunaan sumber belajar bahasa Inggris masih minim.

Article Details

How to Cite
Trimurtini, T., Rochmad, R., & Isnarto, I. (2021). Geometri di Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar : Kajian Materi dan Proses Pembelajaran. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 4, 416-421. Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/45021
Section
Articles

References

Chang, K., Sung, Y.-T., & Lin, S.-Y. (2007). Developing geometry thinking through multimedia learning activities. Computers in HUman, 23, 2212–2229. https://doi.org/10.1016/j.chb.2006.03.007
Fuys, D., Geddes, D., & Tischler, R. (1988). The Van Hiele Model of Thinking in Geometry among Adolescents. In Natioanl Council of Teachers of Mathematics (Vol. 3). New York.
Hers, R. (1997). What is Mathematics, Really? New York: Oxford University Press.
Kurtulus, A. (2013). Computers & Education The effects of web-based interactive virtual tours on the development of prospective mathematics teachers ’ spatial skills. Computers & Education, 63, 141–150. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2012.11.009
Lastrijanah, L., Prasetyo, T., & Mawardini, A. (2017). Pengaruh Media Pembelajaran Geoboard Terhadap Hasil Belajar Siswa. Didaktika Tauhidi: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 87–99. https://doi.org/10.30997/dt.v4i2.895
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitattive Data Analysis AMethods Sourcebook (3rd ed.). California: SAGE Publications.
Özerem, A. (2012). Misconceptions In Geometry And Suggested Solutions For Seventh Grade Students. Procedia Social and Behavioral Science, 55, 720–729. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.09.557
Suyitno, H. (2014). Pengenalan Filsafat Matematika. Semarang: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang.
Trimurtini, & Ahmadi, F. (2017). Tangram Interactive Game (TIF): Instructional Media in Learning Geometry. 3rd International Conference on Theory & Practice (ICTP, 2017), 49–56.
Trimurtini, Muslikah, & Wahzudik, N. (2019). Analisis Kemampuan Alumni Hasil Tracer Study Fakultas Ilmu Pendidikan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Semarang, 161–165.
Verner, I., Massarwe, K., & Bshouty, D. (2019). Development of competencies for teaching geometry through an ethnomathematical approach. Journal of Mathematical Behavior, 56, 100708. https://doi.org/10.1016/j.jmathb.2019.05.002
Vojkuvkova, I. (2012). The van Hiele Model of Geometric Thinking. WDS’12 Proceedings, 1, 72–75.
Wahyuningsih, Trimurtini, & Nugraheni, N. (2017). Teori Van Hiele dan Impementasinya pada Geometri. Semarang: PGSD FIP Universitas Negeri Semarang.
Wardhani, I. S. (2019). Geometri dan Permasalahannya dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah ( Suatu Penelitian Meta Analisis ). Prosiding Seminar NAsional Integrasi Matematika Dan Nilai Islami, 3(1), 124–129.