Telaah Challenge Based Learning pada Kuliner Dawet Ayu Banjarnegara Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa

Main Article Content

Halillah Mahfiroh
Adi Satrio Ardiansyah

Abstract

Merancang generasi yang memiliki keterampilan intelektual tinggi merupakan persoalan yang perlu dipersiapkan dalam pendidikan untuk menghadapi perkembangan zaman. Kurang maksimalnya sistem pembelajaran menjadi salah satu faktor rendahnya kemampuan pemecahan masalah siswa di Indonesia. Challenge Based Learning pada kuliner Dawet Ayu Banjarnegara dapat dijadikan salah satu inovasi yang dapat diimplementasikan dalam pembelajaran, khususnya pada bahan ajar untuk mengembangkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Studi literatur dilaksanakan dengan tujuan untuk menelaah model Challenge Based Learning pada kuliner Dawet Ayu Banjarnegara terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. Pada penelitian ini, dipelajari pengetahuan, gagasan, atau penemuan yang terdapat di dalamnya, sehingga memberikan informasi teoritis dan ilmiah terkait Challenge Based Learning dan etnomatematika dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis. Teknik analisis data meliputi 3 tahap: 1) pengorganisasian; 2) sintesis; dan 3) pengidentifikasian. Hasil dari studi literatur menunjukkan bahwa Challenge Based Learning pada Dawet Ayu memberikan pengaruh positif terhadap kemampuan pemecahan masalah dalam pembelajaran matematika. Inovasi pembelajaran ini juga memperlihatkan efektivitas dan peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa dalam beberapa hasil studi. Strategi pembelajaran Challenge Based Learning pada bahan ajar dapat membantu siswa untuk memahami konsep, mengajukan pertanyaan, dan mencari solusi dari tantangan yang relevan dengan Dawet Ayu sehingga siswa dapat mengembangkan kemampuan pemecahan masalah mereka.

Article Details

How to Cite
Mahfiroh, H., & Ardiansyah, A. (2023). Telaah Challenge Based Learning pada Kuliner Dawet Ayu Banjarnegara Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 6, 70-76. Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/66485
Section
Articles

References

Ardiansyah, A. S., Agung, G. H., Cahya, N. D., & Dinasari, A. (2022). Upaya Mengembangkan Keterampilan 4C melalui Challenge Based Learning. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 5, 627–637. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/
Baloian, N., Hoeksema, K., Hoppe, U., & Milrad, M. (2006). Technologies and Educational Activities forSupporting and Implementing Challenge-Based Learning. In International Federation for Information Processing, Education Fot the 21 St Century-Impact of ICT and Digital Resources, 210, 7–16.
Cahyadi, W., Faradisa, M., Cayani, S., & Syafri, F. S. (2020). Etnomatematika untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Arithmetic: Academic Journal of Math, 2(2), 157–168.
Cahyaningrum, N., & Sukestiyarno, Y. (2016). Pembelajaran REACT Berbantuan Modul Etnomatematika Mengembangkan Karakter Cinta Budaya Lokal dan Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 5(1).
Dahlan, J. A., & Permatasari, R. (2018). Pengembangan bahan ajar berbasis etnomatematika dalam pembelajaran matematika sekolah menengah pertama. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(1), 133–150.
Imswatama, A., & Lukman, H. S. (2018). The Effectiveness of Mathematics Teaching Material Based on Ethnomathematics. International Journal of Trends in Mathematics Education Research, 1(1), 35–38.
Johnson, & Adams, S. (2011). Challenge Based Learning: The Report from Implementation Project. Austin, Texas: The New Media Consortium.
Johnson, Smith, R. S., Smythe, J. T., & Varon, R. K. (2009). Challenge-Based Learning: An Approach for Our Time. Austin, Texas: The New Media Consortium.
Kaniawati, D. S. (2020). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Challenge Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Listrik Arus Searah. Dinamika: Jurnal Praktik Penelitian Tindakan Kelas Pendidikan Dasar Dan Menengah, 10(2).
Nasryah, C. E., & Rahman, A. A. (2020). Pengaruh Pendekatan Etnomatematika terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Motivasi Siswa SD di Aceh Barat. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(2). https://www.ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/mtk/article/view/512/453
Nawawi, S. (2016). Potensi Model Pembelajaran Challenge Based Learning dalam Memperdayakan Kemampuan Berpikir Kritis. Prosiding Seminar Nasional Matematika Universitas Muhammadiyah Palembang, 1(1), 153–164.
Nichols, M., Cator, K., & Torres, M. (2016). Challenge Based Learner User Guide. Redwood City, CA: Digital Promise.
OECD. (2018). Indonesia – OECD: Programme for International Students Assessment (PISA) Results from PISA 2018. OECD.
Rakhmawati, I. A., & Alifia, N. N. (2018). Kearifan Lokal dalam Pembelajaran Matematika sebagai Penguat Karakter Siswa. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 5(2), 186–196.
Setyaningsih, Y. (2017). Muatan Lokal Banjarnegara Kota Dawet Ayu Kelas 3 SD/MI. Yogyakarta: Kaukaba Dipantara.
Swiden, C. L. (2013). Effects Of Challenge Based Learning On Student Motivation And Achievement. Montana : Montana State University.
Utami, R. E., Nugroho, A. A., Dwijyanti, I., & Sukarno, A. (2018). Pengembangan E-Modul Berbasis Etnomatematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(2), 268–283.
Wahyuni, A., Tias, A. A. W., & Sani, B. (2013). PERAN ETNOMATEMATIKA DALAM MEMBANGUN KARAKTER BANGSA. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Dan Pendidikan, 15.
Yoosomboon, S., & Wannapiroon, P. (2015). Development of a Challenge Based Learning Model Via Cloud Technology and Social Media for Enhancing Information Management Skills. Procedia Social and Behavioral Sciences, 174, 2102–2107.