Telaah Challenge Based Learning berbantuan Augmented Reality terhadap Kemampuan Berpikir Kritis

Main Article Content

Nico Caesario
Adi Satrio Ardiansyah

Abstract

Kemampuan peserta didik saat ini dihadapkan pada kebutuhan kemampuan Abad 21 yang disebut 4C dan kecakapan penggunaan Teknologi, Informasi, dan Komunikasi. Dari keempat kemampuan 4C tersebut salah satu yang diperlukan adalah critical thinking atau berpikir kritis. Keadaan kemampuan berpikir kritis peserta didik saat ini terbukti masih tergolong rendah. Challenge Based Learning (CBL) hadir sebagai salah satu alternatif model pembelajaran yang mampu menjawab kebutuhan kemampuan berpikir kritis. Selain itu, CBL juga dapat mendorong peserta didik untuk memanfaatkan teknologi seusai kebutuhan Abad 21 ini. Salah satunya pemilihan teknologi terkini yaitu Augmented Reality (AR) yang sebagai media pembelajaran juga terbukti dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk menelaah CBL berbantuan AR terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Implementasi CBL menerapkan kerangka yang menuntun kepada pemahaman konsep peserta didik dibantu dengan media pembelajaran AR yang memvisualkan permasalahan abstrak menjadi konsep efektif dalam merangsang peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Dengan demikian, model CBL berbantuan AR dapat dijadikan sebagai salah satu upaya meningkatkan kemampuan menghadapi tantangan Abad 21, khususnya kemampuan berpikir kritis.

Article Details

How to Cite
Caesario, N., & Ardiansyah, A. (2023). Telaah Challenge Based Learning berbantuan Augmented Reality terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 6, 92-99. Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/66487
Section
Articles

References

Aditama, P. W., Adnyana, I. N. W., & Ariningsih, K. A. (2019). Augmented reality dalam multimedia pembelajaran. In SENADA (Seminar Nasional Manajemen, Desain dan Aplikasi Bisnis Teknologi) (Vol. 2, pp. 176-182).
Apple, Inc (2008). Apple Classrooms of Tomorrow—Today: Learning in the 21st Century.
Ardiansyah, A. S., Agung, G. H., Cahya, N. D., & Dinasari, A. (2022). Upaya Mengembangkan Keterampilan 4C melalui Challenge Based Learning. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 5, pp. 627-637).
Azis, A. A., Jasruddin, J., & Reni, R. (2016). Teaching Material Development with Challenge Based Learning (CBL) Basis to Improve Critical Thinking Ability on Human Reproduction System Material of Class XI IPA 4 Students at MAN Pinrang. In Proceeding International Conference on Mathematic, Science, Technology, Education and their Applications (Vol. 1, No. 1).
Benyamin, B., Qohar, A., & Sulandra, I. M. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Kelas X Dalam Memecahkan Masalah SPLTV. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 909-922.
Berryman, D. R. (2012). Augmented reality: a review. Medical reference services quarterly, 31(2), 212-218.
Bitter, G., & Corral, A. (2014). The pedagogical potential of augmented reality apps. International Journal of Engineering Science Invention, 3(10), 13-17.
Challenge Based Learning (n.d.) Diakses pada September 18, 2022, dari https://www.challengebasedlearning.org/id/about/.
Early, O. A., Winarti, E. R., & Supriyono, S. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Ditinjau Dari Kemandirian Siswa Kelas VIII Melalui Pembelajaran Model PBL Pendekatan Saintifik Berbantuan Fun Pict. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 1, pp. 388-399).
Ekayani, P. (2017). Pentingnya penggunaan media pembelajaran untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Jurnal Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, 2(1), 1-11.
Elmqaddem, N. (2019). Augmented reality and virtual reality in education. Myth or reality?. International journal of emerging technologies in learning, 14(3).
Gelen, I. (2018). ACADEMICIANS PREDICTIONS OF 21st CENTURY EDUCATION AND EDUCATION IN THE 21st CENTURY. European Journal of Education Studies.
Kurubacak, G., & Altinpulluk, H. (Eds.). (2017). Mobile technologies and augmented reality in open education. Igi Global.
Mukarromah, M. A., Budijanto, B., & Utomo, D. H. (2020). Pengaruh Model Challenge Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA pada Materi Perubahan Iklim. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 5(2), 214-218.
Mustaqim, I. (2016). Pemanfaatan Augmented Reality sebagai media pembelajaran. Jurnal pendidikan teknologi dan kejuruan, 13(2), 174-183.
Nawawi, Sulton. (2016). Potensi Model Pembelajaran Challenge Based Learning Dalam Memberdayakan Kemampuan Berpikir Kritis. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Muhammadiyah Palembang.
Nawawi, S. (2017). Developing of module challenge based learning in environmental material to empower the critical thinking ability. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 3(2), 212-223.
Nichols, M., Cator, K., and Torres, M. (2018). Challenge Based Learning Framework. https://www.challengebasedlearning.org/framework/
Nistrina, K. (2021). Penerapan Augmented Reality Dalam Media Pembelajaran. J-SIKA| Jurnal Sistem Informasi Karya Anak Bangsa, 3(01), 1-5.
Nuryanti, L., Zubaidah, S., & Diantoro, M. (2018). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa SMP. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(2), 155-158.
Rosmalinda, N., Syahbana, A., & Nopriyanti, T. D. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal-soal Tipe PISA. Transformasi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 5(1), 483-496.
Santosa, D. S. S., Sampaleng, D., & Amtiran, A. (2020). Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran. SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 1(1), 11-24.
Saidin, N. F., Halim, N. D. A., & Yahaya, N. (2015). A review of research on augmented reality in education: Advantages and applications. International education studies, 8(13), 1-8.
Sodikin, S., Suparmi, S., & Sarwanto, S. (2014). Penerapan Model Challenge Based Learning Dengan Metode Eksperimen Dan Proyek Ditinjau Dari Keingintahuan Dan Sikap Ilmiah Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Inkuiri, 66064.
Sulistiani, E., & Masrukan, M. (2017, February). Pentingnya berpikir kritis dalam pembelajaran matematika untuk menghadapi tantangan MEA. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (pp. 605-612).
Susilawati, E., Agustinasari, A., Samsudin, A., & Siahaan, P. (2020). Analisis Tingkat Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 6(1), 11-16.
Syahbana, A. (2012). Peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa smp melalui pendekatan contextual teaching and learning. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika.
Syahputra, E. (2018). Pembelajaran abad 21 dan penerapannya di Indonesia. In Prosiding Seminar Nasional Sains Teknologi Humaniora dan Pendidikan (QSinastekmapan) (Vol. 1).
Wijayanti, R., & Rachmawati, R. (2021). PENGARUH ACAK EFEKTIVITAS PENGGUNAAN PERANGKAT MATEMATIKA AUGMENTED REALITY PADA MATERI BANGUN RUANG. Prismatika: Jurnal Pendidikan dan Riset Matematika, 3(2), 162-171.