Penerapan Teori Perkembangan Mental Anak Usia 8-9 Tahun oleh Piaget Pada Hukum Kekekalan Luas

Main Article Content

Anisa Kusumawati
Farisca Ayu Pitaningtyas
Tarista Amelia Putri Indrawan
Nuriana Rachmani Dewi (Nino Adhi)

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada sebuah teori oleh Jean Piaget bahwa perkembangan mental yang dialami anak terdiri dari empat tahapan salah satunya yaitu tahap operasi kongkrit (7-11 tahun) dimana pada saat itu anak sudah memahami tentang hukum kekekalan. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat pemahaman yang dimiliki siswa usia rentang 8-9 tahun serta usia diatas dan dibawahnya mengenai hukum kekekalan luas. Penelitian ini dilakukan pada 4 anak dengan metode yang digunakan adalah wawancara dan eksperimen sehingga dapat mengetahui secara langsung kemampuan pemahaman anak tentang hukum kekekalan luas. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa anak yang berusia 9 tahun ke atas mampu memahami kekekalan luas sesuai dengan teori yang dikemukakan Jean Piaget sedangkan anak yang berusia 8 tahun dan dibawahnya belum mampu memahami hukum kekekalan luas.

Article Details

How to Cite
Kusumawati, A., Pitaningtyas, F., Indrawan, T., & (Nino Adhi), N. (2023). Penerapan Teori Perkembangan Mental Anak Usia 8-9 Tahun oleh Piaget Pada Hukum Kekekalan Luas. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 6, 156-161. Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/66579
Section
Articles

References

Alhadad, I. (2012). Penerapan Teori Perkembangan Mental Piaget Pada Konsep Kekekalan Panjang. 31.
F, W., & dkk. (2021). Griva Journal of Mathematics Education and Application. 318
Leksono, H. I. P. Interpretasi Terhadap Teori Perkembangan Mental Piaget. " Future Education in Global Challenges, 142.
Hidayati, K. (2012). Pembelajaran matematika usia SD/MI menurut teori belajar Piaget. Cendekia: Jurnal Kependidikan Dan Kemasyarakatan, 10(2), 291-308.
Mu'min, S. A. (2013). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget. Al-TA'DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 6(1), 89-99.
asri Raming, I., Putra, A. R. R., Wulandari, W., Kaindi, Y. P., Saderisa, S., & Tulzahrah, S. (2022). Penerapan Metode Beda Hingga pada Model Matematika Aliran Banjir dari Persamaan Saint Venant. Basis: Jurnal Ilmiah Matematika, 1(1), 128-138.
Karmiyati, K. (2022). Telaah Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget Dalam Pengajaran Etika Lingkungan Anak Usia Dini (Doctoral Dissertation, Uin Raden Intan Lampung).