Kajian Kemampuan Literasi Matematika Ditinjau dari Habits of Mind Melalui Model Problem Based Learning dengan Aktivitas Math Trails Berbantuan MathCityMap

Main Article Content

Wahyuningsih Wahyuningsih
Amidi Amidi

Abstract

Matematika merupakan salah satu pelajaran yang penting dipelajari siswa. Belajar matematika tidak hanya melakukan perhitungan, namun siswa belajar meningkatkan kemampuan bernalar dan analisisnya pada kehidupan sehari-hari yang disebut kemampuan literasi matematika. Kemampuan literasi matematika siswa masih dikatakan rendah. Salah satu faktor internal rendahnya kemampuan literasi matematika yaitu habits of mind. Sehingga diperlukan model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan literasi matematika siswa dalam menyelesaikan permasalahan matematika dan mengembangkan habits of mind siswa. Salah satu model pembelajaran tersebut adalah model PBL dengan aktivitas math trails berbantuan MathCityMap karena merupakan pembelajaran matematika yang berkaitan dengan pemecahan masalah matematika di luar ruangan yang bersifat autentik. Metode penelitian yang digunakan adalah Systematic Literature Review dimana mengumpulkan informasi yang sesuai dengan topik yang dikaji. Metode ini digunakan sebelum melakukan penelitian empiris dengan menggunakan berbagai sumber tertulis seperti artikel jurnal dan dokumen yang sesuai. Hasil studi menunjukkan bahwa model PBL dapat meningkatkan kemampuan literasi matematika dan mengembangkan habits of mind siswa. Penelitian selanjutnya yang menarik untuk dikembangkan adalah bagaimana kemampuan literasi matematika ditinjau dari habits of mind siswa melalui model problem based learning dengan aktivitas math trails berbantuan MathCityMap

Article Details

How to Cite
Wahyuningsih, W., & Amidi, A. (2023). Kajian Kemampuan Literasi Matematika Ditinjau dari Habits of Mind Melalui Model Problem Based Learning dengan Aktivitas Math Trails Berbantuan MathCityMap. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 6, 7-18. Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/66644
Section
Articles

References

Alpian, Y., Anggraeni, S. W., Wiharti, U., & Soleha, N. M. (2019). Pentingnya Pendidikan Bagi Manusia. Jurnal Buana Pengabdian, 1(1), 66–72. https://doi.org/https://doi.org/10.36805/jurnalbuanapengabdian.v1i1.581
Arif Rahman Hakim, Rochmad, I. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Sekolah Dasar dalam Aktivitas Math Trail. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 5, 150–157.
Barbosa, A., & Vale, I. (2016). Math trails: Meaningful mathematics outside the classroom with pre-service teachers. Journal of the European Teacher Education Network, 11, 63–72.
Cahyono, A. N., Ludwig, M., & Marée, S. (2015). Designing Mathematical Outdoor Tasks for the Implementation of The MathCityMap-Project in Indonesia. 7th ICMI-East Asia Regional Conference on Mathematics Education, May, 151–158. https://sci-hub.tw/https://www.researchgate.net/profile/Adi_Nur_Cahyono2/publication/309728120_Designing_Mathematical_Outdoor_Tasks_for_the_Implementation_of_the_MathCityMap-Project_in_Indonesia/links/582f15fd08aef19cb8155aac.pdf
Chen, H.-W. (2013). Applying Social Networking and Math Trails to Third Grade Mathematic Class. International Journal of Innovation, Management and Technology, 4(3), 361–365. https://doi.org/10.7763/ijimt.2013.v4.422
Daryanes, F., Sriyati, S., & Priyandoko, D. (2016). Implementasi Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Habits of Mind ,Emotional Intelligence, dan Penguasaan Konsep. Seminar Nasionak Dan Saintek, 570–578.
Dewi, P. S., & Septa, H. W. (2019). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Disposisi Matematis Siswa Smk Dengan Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Multimedia Interactive. Mathema Journal, 1(1), 31–39. https://doi.org/10.36805/jurnalsekolahdasar.v1i1.59
Edi, T. M., & Nayazik, A. (2019). Penerapan “Rute Emas” Sebagai Salah Satu Desain Math Trail Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 3(2), 273–292. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v3i2.842
Efendi, A., Fatimah, C., Parinata, D., & Ulfa, M. (2021). Pemahaman Gen Z Terhadap Sejarah Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung, 9(2), 116–126. https://doi.org/10.23960/mtk/v9i2.pp116-126
Eka, P., Nuurjannah, I., Hendriana, H., Fitrianna, A. Y., Cimahi, S., & E-mail, K. P. (2018). Faktor Mathematical Habits Of Mind dan Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMP di Kabupaten Bandung Barat The Factor Of Mathematical Habits of Mind and Mathematics Literacy Students Ability Of Junior High School Program Studi Pendidikan Matematika , IKIP S. 2(2), 51–58.
Fajriah, N. A., Nursalam, N., Suharti, S., & Nur, F. (2021). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Accelerated Learning Cycle dengan Pendekatan Visualisasi terhadap Kemampuan Literasi Matematis ditinjau dari Mathematical Habits of Mind. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1626–1639. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.634
Fakhriyana, D., Mardiyana, M., & ... (2018). Analisis Kemampuan Literasi Matematika dalam Memecahkan Masalah Model Programme For International Student Assessment (PISA) pada Konten Perubahan dan …. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika (JPMM), 2(6), 421–434. https://jurnal.uns.ac.id/JMMS/article/view/37672%0Ahttps://jurnal.uns.ac.id/JMMS/article/download/37672/25052
Farida, R. N., Qohar, A., & Rahardjo, S. (2021). Analisis kemampuan literasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal pisa konten change and relationship. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2802–2815. https://doi.org/10.26877/aks.v11i2.6256
Gurjanow, I., Oliveira, M., Zender, J., Santos, P. A., & Ludwig, M. (2019). Shallow and deep gamification in mathematics trails. International Journal of Serious Games, 6(3), 65–78. https://doi.org/10.1007/978-3-030-11548-7_34
Hakim, A. R., Asikin, M., & Cahyono, A. N. (2019). Aktifitas Math Trail Berbantuan Aplikasi Mobile untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS), 2(1), 109–114.
Hasanah, N., & Purwasih, R. (2022). Respon siswa terhadap pembelajaran matematika dengan kemampuan matematik habits of mind. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 5(1), 149–158. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i1.149-158
Huda, M. N., Mulyono, Rosyida, I., & Wardono. (2019). Kemandirian Belajar Berbantuan Mobile Learning. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 798–806. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/29270
Ismaya, B. F., Cahyono, A. N., & Mariani, S. (2018). Kemampuan Penalaran Matematika dengan Math Trail Project berbantuan MathCityMap. Seminar Nasional Pendidikan Matematika Ahmad Dahlan, January, 17–26. https://www.researchgate.net/profile/Bayu-Fajar-Ismaya/publication/346407893_Kemampuan_Penalaran_Matematika_dengan_Math_Trail_Project_berbantuan_MathCityMap/links/5fc05675458515b797772bb5/Kemampuan-Penalaran-Matematika-dengan-Math-Trail-Project-berbantuan
Kdise, E., Urath, S., Rangotwat, C. A., & Ratuanik, M. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Media Pembelajaran Kreatif Roda Pada Materi Segiempat Di Kelas VII SMP Kristen Batuputih. Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi), 2(12), 2013–2027.
Kemendikbud. (2014). Materi Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013 Tahun 2014. Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan Dan Kebudayaan Dan Penjaminan Mutu Pendidikan, 197.
Lestari, R. D., & Effendi, K. N. S. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMP Pada Materi Bangun Datar. Biormatika : Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 8(1), 63–73. https://doi.org/10.35569/biormatika.v8i1.1221
Ludwig, M., & Jablonski, S. (2019). Doing Math Modelling Outdoors- A Special Math Class Activity designed with MathCityMap. 5th International Conference on Higher Education Advances (HEAd’19), 901–909. https://doi.org/10.4995/head19.2019.9583
Malasari, P. N., Herman, T., & Jupri, A. (2019). Kontribusi Habits of Mind Terhadap Kemampuan Literasi Matematis Siswa Pada Materi Geometri. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 2(2), 153–164. https://doi.org/10.21043/jpm.v2i2.6361
Masfufah, R., & Afriansyah, E. A. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa melalui Soal PISA. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2). https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i2.825
Nuurjannah, P. E. I., Amaliyah, W., & Fitrianna, A. Y. (2018). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMP Di Kabupaten Bandung Barat. Jurnal Math Educator Nusantara (JMEN), 4(1), 15–28. http://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/matematika/article/download/235/150
OECD. (2019a). PISA 2018 Assessment and Analytical Framework.
OECD. (2019b). Programme for International Student Assessment (PISA) Result From PISA 2018. I–III, 1–8. https://doi.org/10.1007/978-94-6209-497-0_69
Paloloang, M. F. B., Juandi, D., Tamur, M., Paloloang, B., & Adem, A. M. G. (2020). Meta Analisis: Pengaruh Problem-Based Learning Terhadap Kemampuan Literasi Matematis Siswa Di Indonesia Tujuh Tahun Terakhir. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(4), 851–864. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i4.3049
Pratiwi, D., & Ramdhani, S. (2017). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMK. Jurnal Gammath, 2(2), 2–13. https://doi.org/10.36277/defermat.v3i1.46
Purwasih, R., Sari, N. R., & Agustina, S. (2018). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Dan Mathematical Habits Of Mind Siswa SMP Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Numeracy, 5(1), 67–76.
Puspasari, D., & Arhasy, E. A. (2019). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dan Habits Of Mind Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers, 112–118. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i2.471
Saputra, V. H., & Febriyanto, E. (2019). Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Untuk Anak Tuna Grahita. Mathema Journal, 1(1), 15–23. https://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/jurnalmathema/article/view/350
Sari, N. M., Pamungkas, A. S., & Alamsyah, T. P. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Matematika Berorientasi Higher Order Thinking Skills Di Sekolah Dasar. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 4(2), 106–123. https://doi.org/10.35706/sjme.v4i2.3406
Selcuk, G. S., & Caliskan, S. (2013). a Comparison of Achievement in Problem-Based, Strategic and Traditional Learning Classes in Physics. International Journal on New Trends in Education and Their, 4(1), 154–164. www.ijonte.org
Shoaf, M. M., Pollak, H., & Schneider, J. (2004). Math Trail. In The Consortium for Mathematics and Its Applications (COMAP) (Vol. 9780883851). https://doi.org/10.5948/UPO9780883859773.006
Suwaibah, D., Holisin, I., & Mursyidah, H. (2020). Pengaruh Pendekatan Mathematical Habits Of Mind Terhadap Kemampuan Literasi Matematika. Journal Matematics Paedagogic, IV(2), 126–135.
Tabun, H. M., Taneo, P. N. L., & Daniel, F. (2020). Kemampuan Literasi Matematis Siswa pada Pembelajaran Model Problem Based Learning (PBL). Edumatica |Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 1–8. https://doi.org/10.24235/eduma.v9i1.6036
Triandini, E., Jayanatha, S., Indrawan, A., Werla Putra, G., & Iswara, B. (2019). Systematic Literature Review Method for Identifying Platforms and Methods for Information System Development in Indonesia. Indonesian Journal of Information Systems, 1(2), 63.
Umar, W. (2020). Membangun Budaya Habits of Mind Siswa Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pedagogik, 6(1), 10–25.
Utami, C., & Nirawati, R. (2018). Pengembangan Kemampuan Literasi Matematis Melalui Model Pjbl Dengan Pendekatan Realistic Saintific Dan Pengukuran Berbasis Pisa. AKSIOMA: Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Univ. Muhammadiyah Metro, 7(3), 345–355. https://doi.org/10.24127/ajpm.v7i3.1543
Xiao, Y., & Watson, M. (2019). Guidance on Conducting a Systematic Literature Review. Journal of Planning Education and Research, 39(1), 93–112. https://doi.org/10.1177/0739456X17723971