Penerapan Grup Operasi Penjumlahan Aritmetika Modulo 12 Dan Modulo 24 Pada Sistem Kerja Jam

Main Article Content

Zakiyah Bahanan

Abstract

Istilah kongruensi sering muncul dalam kehidupan sehari-hari. Ketika bekerja dengan kongruensi, penggunaan aritmetika modular dalam teori bilangan menjadi dasar untuk menyelesaikan permasalahan mengenai bilangan bulat. Himpunan dari bilangan modulo sering digunakan untuk menunjukkan dalam memenuhi sifat-sifat pada teori grup pada suatu operasi biner yang berlaku pada modulo tertentu.Tujuan dari makalah ini membahas mengenai penggunaan jam dengan sistem  jam dan sistem  jam yang disajikan dengan menerapkan sifat-sifat grup penjumlahan aritmetika modulo  dan modulo . Metode yang digunakan adalah studi pustaka berdasarkan analisis sumber pustaka yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modulo  dan modulo  terhadap operasi penjumlahan memenuhi keempat sifat grup sehingga  dan  masing-masing adalah grup. Penerapan grup operasi penjumlahan aritmetika modulo  dan modulo  pada sistem kerja jam secara tidak langsung dapat membantu menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan pengaturan waktu disesuaikan dengan aturan perhitungan pada masing-masing sistem.

Article Details

How to Cite
Bahanan, Z. (2023). Penerapan Grup Operasi Penjumlahan Aritmetika Modulo 12 Dan Modulo 24 Pada Sistem Kerja Jam. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 6, 796-804. Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/66685
Section
Articles

References

Gallian, J.A. (2021). Contemporary Abstract Algebra. Tenth edition. New York: CRC Press.
Juniarti, Sukestiyarno, Mulyono, & Dwidayati, N. (2019). Modul Berbasis Structure Sense Materi Grup. Cirebon: CV. Confident.
Kaisar. (2008). Aplikasi Aritmetika Modulo dalam Metode Diffie-Hellman Key Exchange. (Online). (https://informatika.stei.itb.ac.id/~rinaldi.munir/Matdis/2007-2008/Makalah/MakalahIF2153-0708-004.pdf), diakses 9 Mei 2022.
Munir, R. (2016). Matematika Diskrit. Edisi keenam. Bandung: Informatika.
Niven, I., Zuckerman, H. S., Montgomery, H. L. (1991). An Introduction to the Theory of Numbers, Fifth edition. Canada: Courier Campaniea, Inc.
Rosen, K.H. (2011). Elementay number teory and its applications. Sixth edition. Boston: Addison Wesley.
Sembiring, E.T.br. (2012). Penerapan Sifat-sifat Grup Penjumlahan Modulo 12 dan Modulo 24 pada Jam. J. Gener. Kampus. 5(1), 76–84.
Yuniawatika. (2015). Penerapan Aritmatika Modulo dalam Budaya Primbon Jawa. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matatematika. 664–673.