Kesesuaian Teori Piaget Pada Peserta Didik Umur 7 Sampai 13 Tahun Dalam Memahami Hukum Kekekalan Massa

Main Article Content

Azizah Dilla Safitri
Nadia Anggit Tyaswari
Uswatun Khasanah
Nuriana Rachmani Dewi (Nino Adhi)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kesesuaian perkembangan kognitif peserta didik dalam memahami hukum kekekalan massa (usia 9-10 tahun) sesuai dengan teori perkembangan kognitif Jean Piaget. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Populasi penelitian ini adalah peserta didik dengan rentang usia 7-13 tahun. Didapatkan 4 sampel yaitu 1 sampel dengan usia 7 tahun, 1 sampel usia 9 tahun, 1 sampel usia 10 tahun, 1 sampel usia 13 tahun. Instrumen yang digunakan adalah percobaan sederhana dengan memanfaatkan sebuah  tisu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, peserta didik dengan usia 7 tahun, 9 tahun, dan 13 tahun belum memahami hukum kekekalan massa. Ditunjukkan pula bahwa peserta didik dengan usia 10 tahun sudah memahami hukum kekekalan massa. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa peserta didik dengan usia 7 tahun dan 10 tahun sudah memenuhi teori perkembangan kognitif Jean Piaget pada hukum kekekalan massa. Sedangkan peserta didik dengan usia 9 dan 13 tahun belum memenuhi teori perkembangan kognitif Jean Piaget pada hukum kekekalan massa.

Article Details

How to Cite
Safitri, A., Tyaswari, N., Khasanah, U., & (Nino Adhi), N. (2023). Kesesuaian Teori Piaget Pada Peserta Didik Umur 7 Sampai 13 Tahun Dalam Memahami Hukum Kekekalan Massa. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 6, 652-656. Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/66712
Section
Articles

References

(2022). Diambil kembali dari etheses.uin-malang.ac.id: http://etheses.uin-malang.ac.id/2218/6/08410090_Bab_2.pdf
Aisyah, S. (2013). TEORI PERKEMBAGAN KOHNITIF JEAN PIAGET. Jurnal Al-Ta'dib, 6, 90.
Alhaddad, I. (2012). Penerapan teori perkembangan mental piaget pada konsep kekekalan panjang. Infinity Journal, 1, 31-44.
Juwantara, R. (2019). ANALISIS TEORI PERKEMBANGAN KOGNITIF PIAGET PADA TAHAP ANAK USIA OPERASIONAL KONKRET 7-12 TAHUN DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 9, 27-34.
Mastuti, A. G. (2019). Kemampuan Berpikir Logis Bertipe Kecerdasan Logis Matematis Terkait dengan Konservasi Bagi Anak Berusia 7-8 Tahun. Horizon Pendidikan, 10.
Ramlah, R. (2015). Penerapan Teori Perkembangan Mental Piaget Tahap Operasional Konkret Pada Hukum Kekekalan Materi. JUDIKA (JURNAL PENDIDIKAN UNSIKA), 3.
Wardi, F., Hayati, L., Kurniati, N., & Sripatmi, S. (2021). Kesesuaian Teori Perkembangan Kognitif Piaget Pada Peserta Didik Kelas I Dan II Dalam Memahami Hukum Kekekalan. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 1, 316-327.