Implementasi Metode Double Exponential Smoothing untuk Peramalan Luas Panen Padi di Kabupaten Pati dengan Bantuan Software Minitab 16

Main Article Content

Trisa Mariyani
Isnaini Rosyida

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memprediksi luas panen padi agar data prediksi tersebut dapat membantu merancang kerentanan atau kerawanan pangan di Kabupaten Pati. Peramalan penelitian ini menggunakan metode double exponential smoothing, dengan taraf yang digunakan adalah , , dan  dan hasil akan dilihat melalui nilai indikator MAPE (Mean Absolute Percentage Error), MAD (Mean Absolute Deviation), dan MSD (Mean Squared Deviation). Dalam penelitian ini dinyatakan bahwa peramalan dengan kesalahan terkecil adalah peramalan dengan taraf  dengan nilai MAPE 130 (dalam kateori >50%) dalam metode double exponential smoothing, pada peramalan periode selainjutnya diperoleh nilai peramalan adalah 1610,27. Karena nilai kesalahan dalam peramalan yang terlalu besar, maka dapat disimpulkan bahwa peramalan tersebut tidak akurat dan tidak dapat digunakan.

Article Details

How to Cite
Mariyani, T., & Rosyida, I. (2023). Implementasi Metode Double Exponential Smoothing untuk Peramalan Luas Panen Padi di Kabupaten Pati dengan Bantuan Software Minitab 16. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 6, 707-713. Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/66746
Section
Articles

References

Saragih, S. H. Y. (2021). BOTANI TANAMAN: Kajian Karakter Vegetatif dan Generatif Padi. CV Literasi Nusantara Abadi.

Badan Pusat Statistik (BPS) Pati. (2018). Pola Tanam Padi Kabupaten Pati 2018. CV Yudhapaty.

Badan Pusat Statistik (BPS) Pati. (2019). Pola Tanam Padi Kabupaten Pati 2018. CV Yudhapaty.

Badan Pusat Statistik (BPS) Pati. (2020). Pola Tanam Padi Kabupaten Pati 2018. CV Yudhapaty.
Hidayatullah, A. I. (2017, March 2). Time Series Data Analysis Using Moving Average in Minitab & Microsoft Excel.

Kho, B. (2018, May 18). Pengertian Peramalan (Forecasting) dan Langkah-langkah Peramalan.
Maulana, K. (2019). Peran Kelompok Tani terhadap Kondisi Perekonomian Petani. Jurnal Pendidikan Teknologi Pertanian, 5(2), 67-71.
Maricar, M. Azman.2019.Analisa Perbandingan Nilai Akurasi Moving Average dan Exponential Smoothing untuk Sistem Peramalan Pendapatan pada Perusahaan XYZ.Jurnal Sistem dan Informatika, vol. 13, No. 2.
Sungkawa, Iwa dan Megasari, Ries Tri.(2011).Penerapan Ukuran Ketetapan Nilai Ramalan Data Deret Waktu dalam Seleksi Model Peramalan Volume Penjualan PT Satriamandiri Citramulia.Comtech, vol. 2. No. 2.