Identifikasi Penyakit Trotol Pada Tanaman Bawang Merah (Allium Ascalonicum L.) Menggunakan Pengolahan Citra Digital Dengan Metode Jarak

Main Article Content

Desy Lusiyanti
Ayu Lestari
I Wayan Sudarsana
Andri Andri

Abstract

Bawang merah (Allium ascalonicum L.) merupakan bahan baku industri pengolahan bawang goreng dan menjadi produk terbaik di Kota Palu. Dalam usaha penanaman, penyakit bawang merah merupakan salah satu resiko yang dihadapi oleh  petani karena sangat penting bagi suksesnya usaha tanaman bawang merah. Pada tugas akhir ini penulis akan merancang sistem identifikasi penyakit pada tanaman bawang merah otomatis berbasi pengolahan citra digital agar proses pengecekan penyakit pada tanaman bawang merah bisa lebih efisien. Cara kerja dari sistem ini adalah dengan membandingkan sampel tanaman bawang merah yang akan diteliti dengan referensi yang ada pada database. Pada penelitian ini hanya mengidentifikasi tanaman normal dan penyakit trotol, sistem yang dirancang menggunakan metode jarak dan diimplementasikan menggunakan aplikasi matlab. Berdasarkan hasil pengujian secara keseluruhan, dapat disimpulkan bahwa sistem dapat mengidentifikasi jenis peenyakit pada tanaman bawang merah. Dan hasil akurasi yang diperoleh adalah 93,75%.

Article Details

How to Cite
Lusiyanti, D., Lestari, A., Sudarsana, I., & Andri, A. (2023). Identifikasi Penyakit Trotol Pada Tanaman Bawang Merah (Allium Ascalonicum L.) Menggunakan Pengolahan Citra Digital Dengan Metode Jarak. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 6, 720-723. Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/66761
Section
Articles

References

Deperindakop. (2009). Laporan Akhir Studi Kelayakan Usahatani Industri Bawang Goreng. Deperindakop, Palu.
https://pemrogramanmatlab.com/2017/04/08/segmentasi-citra-dengan-metodethresholding/
Kadir, A. and Susanto, A. (2013). Teori dan Aplikasi Pengolahan Citra. Andi Publisher: Yogyakarta.
Lestari, P., Hidayat, B. and Susatio E. (2012). “Deteksi Cacat Daun Teh Camellia Sinensis dengan Pengolahan Citra Digital dan JST Learning Vector Quantization”. IT Telkom Jornal on ICT.
Limbongan J. and Maskar. (2003). Potensi Pengembangan dan KetersediaanTeknologi Bawang Merah Palu di Sulawesi Tengah. Litbang Pertanian, 22(3), 103-109.
Munir R. (2004). Pengolahan Citra Digital dengan Pendekatan Algoritmik. Informatika, Bandung.
Nishom M. (2019). Perbandingan Euclidean Distance, Minkowski Distance, dan Manhaatan Distance pada Algoritma KMeans Clustering berbasis ChiSquare. JPIT: Informatika, 4(1), Politeknik Harapan Bersama, Tegal.
Nurfadillah, Muis A. and Tangkesalu D. (2018). Analisis Produksi Bawang MerahLokal Palu di Limoyo Kelurahan Pantoloan Boya Kecamatan Tawaeli. e-J. Agrotekbis, 6(1), Universitas Tadulako, Palu.
Putra and Darma. (2010). Pengolahan Citra Digital. Andi. Yogyakarta.
Rusdi M., Herman S. and Boy R. (2009). Peningkatan Pendapatan Rumah Tangga Petani Bawang Merah Lokal Palu Melalui Pendekatan PTT di Sulawesi Tengah Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Sulawesi Tengah.
Saputro, P.A. and Supriayanto, C. (2015). Analisis Metode Forward Chaining Dalam Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Pada Hewan Sapi, Jurnal Teknik Informatika FIK UDINUS, (5)11.
Saraswati Y. (2009). Sistem Klasifikasi Jenis dan Kematngan Buah Tomat berdasarkan Bentuk dan Ukuran serta Warna Permukaan Kulit Buah Berbasis Pengolahan Citra. Institut Teknologi Telkom, Bandung.
Sari S. N. D. and Fadlil A. (2014). Sistem Identifikasi Citra Jahe (Zingiber Officinale) Menggunakan Metode Jarak Czekanowski. Sarjana Teknik Informatika, 2(2), UAD Yogyakarta.
Sitorus, M. (2017). Rancang Bangun Sistem Pakar Identifikasi Penyakit Bawang Merah dengan menggunakan Metode Teorema Bayes. 10(1), Universitas Satya Negara Indonesia, Jakarta.
Utami A. W. and Putra R. S. (2015). Sistem Pakar Identifikasi Penyakit Tanaman Bawang Merah Menggunakan Metode Teorema Bayes. Manejemen Informatika, 4(1), Universitas Negeri Surabaya.
Yogiswara G. H., Magdalena R. and Fauzi H. (2016). Identifikasi Jenis Penyakit pada Kakao dengan Pengolahan Citra Digita dan K-Nearest Neighbor. eProceeding of Engineering : 3(1), Universitas Telkom,Bandung.