Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas IX SMP Negeri 20 Pekanbaru pada Materi Persamaan Garis Lurus

Main Article Content

Wiwik Julia Fitri
Maimunah Maimunah
Elfis Suanto

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis matematis siswa khususnya pada materi persamaan garis lurus menggunakan metode penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Negeri 20 Pekanbaru tahun pelajaran 2022-2023 sebanyak 29 orang dengan menggunakan instrumen tes tertulis kemampuan berpikir kritis yaitu 2 butir soal dan 4 indikator berpikir kritis. Hasil  dari penelitian ini menyatakan kemampuan berpikir kritis siswa pada indikator menginterpretasi berada di kriteria sangat rendah dengan rata-rata 48,71%, indikator menganalisis di kriteria sangat rendah dengan rata-rata 15,95%, indikator mengevaluasi di kriteria sangat rendah dengan rata-rata 37,93%, dan indikator menginferensi pada kriteria sangat rendah dengan rata-rata 15,95%. Nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa kelas IX SMP Negeri 20 Pekanbaru adalah 29,64% pada kriteria sangat rendah. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa tidak terbiasa menyelesaikan soal-soal nonrutin, siswa perlu dibiasakan untuk mengerjakan soal-soal nonrutin untuk melatih kemampuan berpikir kritis siswa.

Article Details

How to Cite
Fitri, W., Maimunah, M., & Suanto, E. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas IX SMP Negeri 20 Pekanbaru pada Materi Persamaan Garis Lurus. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 6, 592-600. Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/66798
Section
Articles

References

Amir, M. F. (2015). Proses Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar dalam Memecahkan Masalah Berbentuk Soal Cerita Matematika Berdasarkan Gaya BElajar. JURNAL MATH EDUCATOR NUSANTARA: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah di Bidang Pendidikan Matematika, 1(2).
Dewi, D. P., Mediyani, D., Hidayat, W., Rohaeti, E. E., & Wijaya, T. T. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Smp Pada Materi Lingkaran Dan Bangun Ruang Sisi Datar. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 2(6), 371-378.
Febriarini, Y. S., & Zanthy, L. S. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 2(6), 393-400.
Fithriyah, I., & Sa’dijah, C. (2016). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa kelas IX-D SMPN 17 Malang.
Hidayat, F., Akbar, P., & Bernard, M. (2019). Analisis kemampuan berfikir kritis matematik serta kemandiriaan belajar siswa smp terhadap materi SPLDV. Journal on Education, 1(2), 515-523.
Hidayanti, D., As’ari, A. R., & Daniel C, T. (2016). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa SMP kelas IX pada materi kesebangunan.
Kusumaningrum, M., & Aziz, a., (2012, November). Kontribusi Pendidikan Matematika dan matematika dalam Membangun Karakter Guru dan Siswa, In Makalah dipresentasikan dalam seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika di Jurusan Pendidikan Matematika, FMIPA UNY, Yogyakarta (Vol. 10).
Lestari, S. Z., & Roesdiana, L. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP pada Materi Himpunan. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(1).
Mahmuzah, R. (2015). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis SIswa SMP Melalui Pendekatan Problem Posing. Jurnal Peluang, 4(1)
Novitasari, Z. D., & Fitriani, N. (2021). Analisis Kesalahan Siswa pada Persamaan Garis Lurus Berdasarkan Tahapan Kastolan. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(4), 957-964.
Pertiwi, W. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Peserta Didik SMK Pada Materi Matriks. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(2), 821-831.
Putri, A. (2018). Profil Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Kelas VIII Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(2), 793-801.
Riskiyah, S., Jannah, U. R., & Aini, S. D. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis siswa SMA berkemampuan Matematika Tinggi dalam Menyelesaikan Masalah Fungsi. Junal Tadris Matematika, 1(2), 111-122.
Sari, M., Susiswo, S., & Nusantara, T. (2016, November). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII-D SMP Negeri 1 Gambut. In Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika.
Selviana, E. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir kritis dalam Menyelsaikan Soal Persamaan Garis Lurus pada Siswa Kelas VIII MTs Negeri 4 Bone.
Setiana, D. S. (2019). Menstimulasi Berpikir Kritis Melalui Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika. Science Tech: Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, 5(1), 15-22.
Syafruddin, I. S., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis: Studi Kasus pada Siswa MTs Negeri 4 tangerang. Suska Journal of Mathematics Education, 6(2), 089-100.
Utari, S., Heris, H., & Euis, E. R. (2017). Hard Skills dan Soft Skills Matematika Siswa. Bandung Rafika Adit.
Wahyuni, R., Mariyam, M., & Sartika, D. (2018). Efektivitas Model Pembelajaran Creative Problem Solving (Cps) Dalam Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Matematis Siswa Pada Materi Persamaan Garis Lurus. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 3(1), 26-31.
Zanthy, L. S. (2016). Pengaruh motivasi belajar ditinjau dari latar belakang pilihan jurusan terhadap kemampuan berpikir kritis mahasiswa di stkip siliwangi bandung. TEOREMA: Teori Dan Riset Matematika, 1(1), 47-54.