Penerapan Teori Perkembangan Mental Piaget pada Konsep Kekekalan Panjang

Main Article Content

Maliki Alfath
Sekar Yanuar Indasari
Yeni Febiola
Nuriana Rachmani Dewi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi perkembangan mental anak terkait pemahaman konsep kekekalan panjang, apakah anak-anak pada usia 7-8 tahun sudah memahami konsep kekekalan panjang sesuai dengan teori perkembangan kognitif Jean Piaget. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang dilakukan kepada empat orang anak dengan umur yang berbeda-beda dengan memanfaatkan tali sebagai alat percobaan dimana tali yang identik pada awalnya lurus diubah salah satu menjadi berbelok-belok. Penelitian ini dilakukan satu per satu dan dilakukan tanpa terlihat oleh anak lainnya, hal ini dilakukan supaya data valid dan tidak memengaruhi anak yang lain. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui  bahwa dari keempat anak yang   merupakan   subjek   penelitian,   hanya   satu   anak   yang   belum memahami  konsep  kekekalan  panjang yaitu anak dengan usia 3 tahun dan tiga anak yang sudah memahami konsep kekekalan panjang yaitu anak dengan usia 7,8, dan 11. Sehingga, Teori Perkembangan Mental Piaget pada konsep kekekalan panjang terbukti.

Article Details

How to Cite
Alfath, M., Indasari, S., Febiola, Y., & Dewi, N. (2023). Penerapan Teori Perkembangan Mental Piaget pada Konsep Kekekalan Panjang. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 6, 367-371. Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/66871
Section
Articles

References

Ruseffendi, E.T. (1990). Pengajaran Matematika Modern dan masa Kini untuk Guru dan PGSD D2 (Seri kedua). Bandung: Tarsito.
Ruseffendi, E.T. (2006). Pengantar kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.
Senduk, A.G. (1985). Teori Perkembangan Intelektual Jean Piaget. Bandung: FPS IKIP Bandung.
Soejadi. (2000). Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Jakarta: Direktoran Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.
Suparno, P. (2003). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget. Yogyakarta: Kanisius.