PENERAPAN TEORI PERKEMBANGAN MENTAL JEAN PIAGET TERHADAP HUKUM KEKEKALAN VOLUME

Main Article Content

Nadiya Maysun Salwaa
Nirwana Zuhaida
Hazel Salsabila Santoso
Nuriana Rachmani Dewi

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh faktor adanya teori perkembangan mental yang telah diungkapkan oleh Jean Piaget terhadap hukum kekekalan volume serta penerapannya pada anak-anak usia 5-9 tahun. Adanya penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkatan hukum kekekalan volume berdasarkan usia anak. Dalam penelitian ini, kami menggunakan metode wawancara dan pendekatan kualitatif  deskriptif. Kegiatan pokoknya, mendeskripsikan kesesuaian dan membuktikan apakah anak usia 5-9 tahun sudah memahami konsep hukum kekekalan volume yang telah diungkapkan oleh Jean Piaget. Menurut hasil penelitian yang kami lakukan terhadap 4 subjek, ada 1 subjek yang dapat memahami hukum kekekalan volume, sedangkan 3 subjek lainnya belum memahami hukum kekekalan volume. Kesimpulannya penerapan teori hukum kekekalan volume terhadap anak-anak usia 5-9 tahun masih belum sesuai.

Article Details

How to Cite
Salwaa, N., Zuhaida, N., Santoso, H., & Dewi, N. (2023). PENERAPAN TEORI PERKEMBANGAN MENTAL JEAN PIAGET TERHADAP HUKUM KEKEKALAN VOLUME. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 6, 424-430. Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/66884
Section
Articles

References

Aini, I.N dan Hidayati, N. 2017. Tahap Perkembangan Kognitif Matematika Siswa Smp Kelas VII Berdasarkan Teori Piaget Ditinjau Dari Perbedaan Jenis Kelamin. JPPM Vol 10(2), hal: 25-30.
Ramlah. 2015. Penerapan Teori Perkembangan Mental Piaget Tahap Operasional Konkret Pada Hukum Kekekalan Materi. Jurnal pendidikan UNSIKA Vol 3(2), hal: 221-230
Santrok, J.W. 2007. Psikologi Pendidikan. Edisi Kedua. Jakarta: Prenadamedia Group.
Suparno, P. 2001. Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget. Yogyakarta: Kanisus.
Suratno, J., Niken. W., Hariyati. H.(2015).Konsep Kekekalan Volume.Yogyakarta: Universitas PGRI.