Kemampuan Berpikir Kritis ditinjau dari Gaya Berpikir pada Model Problem Based Learning Berbasis Pemodelan Matematika Berbantuan Classwiz Emulator

Main Article Content

Nisrina Shufah
Arief Agoestanto

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah model pembelajaran PBL berbasis pemodelan matematika berbantuan classwiz emulator efektif terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa dan mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis matematis siswa ditinjau dari gaya berpikir menurut Gregorc. Metode yang digunakan adalah metode kombinasi (mixed method). Populasi di penelitian ini adalah siswa kelas X di salah satu MA Negeri di Pati tahun pelajaran 2022/2023. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Subjek dipilih dari kelas eksperimen. Pemilihan subjek dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling atas pertimbangan terhadap karakteristik dari populasi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket gaya berpikir, tes kemampuan berpikir kritis, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kemampuan berpikir kritis matematis siswa pada model PBL berbasis pemodelan matematika berbantuan classwiz emulator mencapai ketuntasan berdasarkan rata-rata, (2) rata-rata kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang mengikuti pembelajaran PBL berbasis pemodelan matematika berbantuan classwiz emulator lebih dari rata-rata kemampuan berpikir kritis matematis siswa pada pembelajaran dengan model ekspositori, (3) peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa pada  pembelajaran PBL berbasis pemodelan matematika berbantuan classwiz emulator lebih dari rata-rata peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa pada pembelajaran dengan model ekspositori. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran PBL berbasis pemodelan matematika berbantuan classwiz emulator efektif dengan kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Selain itu, diperoleh deskripsi kemampuan berpikir kritis matematis siswa pada masing-masing gaya berpikir, yakni: (1) siswa dengan gaya berpikir Sekuensial Konkret tidak mampu memenuhi indikator kemampuan berpikir kritis; (2) siswa dengan gaya berpikir Sekuensial Abstrak mampu memenuhi indikator kemampuan berpikir kritis.; (3) siswa dengan gaya berpikir Acak Konkret mampu memenuhi indikator kemampuan berpikir kritis; (4) siswa dengan gaya berpikir Acak Abstrak cenderung mampu memenuhi indikator kemampuan berpikir kritis.

Article Details

How to Cite
Shufah, N., & Agoestanto, A. (2023). Kemampuan Berpikir Kritis ditinjau dari Gaya Berpikir pada Model Problem Based Learning Berbasis Pemodelan Matematika Berbantuan Classwiz Emulator. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 6, 431-439. Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/66885
Section
Articles

References

Amalia, Q., Hartono, Y., & Indaryanti, I. (2019). Students’ critical thinking skills in modeling based learning. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1166, No. 1, p. 012017). IOP Publishing.
Agoestanto, A., & Sukestiyarno, Y. L. (2017). Analysis of mathematics critical thinking students in junior high school based on cognitive style. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 824, No. 1, p. 012052). IOP Publishing.
Blomhoj, M., & Kjeldsen, T. H. (2011). Students’ reflections in mathematical modelling projects. Trends in teaching and learning of mathematical modelling, 385-395.
Budiana, I. N., Sudana, D. N., & Suwatra, I. I. W. (2013). Pengaruh model creative problem solving (cps) terhadap kemampuan berpikir kritis siswapada mata pelajaran ipa siswa kelas v sd. Mimbar PGSD Undiksha, 1(1).
DePorter, B., dan Hernacki, M. (2009). Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: KAIFA.
Emir, S. 2013. Contribusing of teacher’s thinking styles to critical thinking dispositions (istanbul-fatih sample). Educational Sciences: Theory & Practice, 13(1): 337-347.
Fidan, M., & Tuncel, M. (2019). Integrating augmented reality into problem based learning: The effects on learning achievement and attitude in physics education. Computers & Education, 142, 103635.
Hendriana, Heris dkk. (2018). Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa. Bandung: Refika Aditama.
Maftukhin, M., Dwijanto, & Veronica, R. B. (2014). Keefektifan model pembelajaran creative problem solving berbantuan cd pembelajaran terhadap kemampuan berpikir kritis. Unnes Journal of Mathematics Education, 3(1), 29-34.
NCTM. (2000). Principles and Standards For School Mathematics. RestonVA: NCTM.
Nurlaeli, Noornia, A., & Wiraningsih, E. D. (2018). Pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa ditinjau dari adversity quotient 1,2,3). FIBONACCI : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 4(2), 145–154.
Patimah, D., & Murni, M. (2017). Analisis kualitatif gaya berpikir siswa sma dalam mememcahkan masalah fisika pada materi gerak parabola. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 4(2), 106-118.
Rahmawati, I., Hidayat, A., & Rahayu, S. (2016). Analisis keterampilan berpikir kritis siswa SMP pada materi gaya dan penerapannya. Pros. Semnas Pend. IPA Pascasarjana UM, 1, 1112-1118.
Rusman. (2012). Model – Model Pembelajaran : Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Sani, R. A. (2019). Pembelajaran berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills). Tangerang: Tsmart.
Sulistiani, E., & Masrukan, M. (2017). Pentingnya berpikir kritis dalam pembelajaran matematika untuk menghadapi tantangan mea. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 605-612.
Sunaryo, Y. (2014). Model pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkankemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa sma di kota tasikmalaya. JurnalPendidikan dan Keguruan, 1(2), 41-50
Hamruni. 2012. Strategi Peembelajaran. Insan Mandiri: Yogyakarta.
Tobias, C. U., & Kwee, H. T. Y. (2000). Cara Mereka Belajar. Harvest Publication House.
Toktarova, V. I., & Panturova, A. A. (2015). Learning and teaching style models in pedagogical design of electronic educational environment of the university. Mediterranean Journal of Social Sciences, 6(3 S7), 281-281.
Wijaya, A., Retnawati, H., Yunianto, W., Laksmi, P. A., Meilina, M., & Amanti, P. G. (2019). Scientific calculators to improve students’ critical thinking skills: An evidence from mathematical exploration in mathematics classroom. Electronic Proceedings of the 24th Asian Technology Conference in Mathematics, 1-8.