Kajian Teori: Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Ditinjau Dari Self-Confidence Pada Pembelajaran Preprospec Berbantuan TIK

Main Article Content

Elsa Novarensa Lutfiani

Abstract

Matematika merupakan mata pelajaran di sekolah yang berperan penting dalam menciptakan siswa yang berkualitas. Terdapat keterampilan dasar matematika yang harus dimiliki dari aspek kognitif siswa salah satunya yaitu koneksi matematis. Disamping aspek kognitif, aspek lain yang perlu ditingkatkan adalah aspek afektif, dalam hal ini self-confidence. Pada abad ke-21 peranan terknologi informasi dan komunikasi merupakan bentuk upaya meningkatkan kualitas pembelajaran, untuk itu pemilihan model pembelajaran harus tepat. Salah satunya menggunakan model pembelajaran preprospec berbantuan TIK. Penelitian ini bertujuan memaparkan  kajian  bagaimana  kemampuan koneksi matematis ditinjau dari self-confidence pada pembelajaran preprospec berbantuan TIK. Studi yang digunakan dalam penelitian  ini  merupakan studi  literatur  dengan  mengumpulkan  sumber  berupa  artikel,  jurnal,  dan dokumen  lain  yang  relevan.  Hasil  studi  menunjukkan  bahwa  implementasi  model  pembelajaran  preprospec berbantuan  TIK  dapat  meningkatkan  kemampuan  koneksi matematis siswa.  Penelitian selanjutnya  perlu dianalisis lebih lanjut  bagaimana  kemampuan  koneksi matematis siswa ditinjau dari self-confidence dengan mengimplementasikan model pembelajaran preprospec berbantuan TIK.

Article Details

How to Cite
Lutfiani, E. (2023). Kajian Teori: Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Ditinjau Dari Self-Confidence Pada Pembelajaran Preprospec Berbantuan TIK. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 6, 264-269. Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/66922
Section
Articles

References

Andayani, Meri & Amir, Zubaidah. (2019). Membangun Siswa melalui Pembelajaran Matematika. Desimal: Jurnal Matematika,2(2).
Apipah, S., & AL-Hikmah Karang Asem, M. (2017). Unnes Journal of Mathematics Education Research Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Berdasarkan Gaya Belajar Siswa pada Model Pembelajaran Vak dengan Self Assessment Info Artikel. Ujmer, 6(2), 148–156
Dewi, N. R. (2020). Pembelajaran Preprospec Berbantuan TIK. Penerbit Lakeisha
Faturohman, I., Iswara, E., & Gozali, S. M. (2022). Self-Confidence Matematika Siswa dalam Penerapan Pembelajaran Online. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 85-94.
Fadlurreja, R., Dewi, N., R., & Ridlo, S. (2019). Kemampuan Penalaran Matematis Siswa melalui Model Pembelajaran PACE. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 616–62.
Hadin, H., Pauji, H. M., & Aripin, U. (2018). Analisis Kemampuan Koneksi Matematik Siswa MTS Ditinjau Dari Self Regulated Learning. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(4), 657-666.
Iswara, R., Dewi, N. R., & Cahyono, A. N. (2021). Student Mathematic Connection Ability Through Ict Assisted Preprospec Learning Model. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 10(2), 122-128.
Noviyanto, T. S. H., & Sumaryoto, S. I. (2021). Pengaruh Rasa Ingin Tahu Dan Percaya Diri Terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa Sekolah Menengah Atas Di Kota Tangerang Selatan. Jurnal Penelitian Sains dan Pendidikan (JPSP), 1(2), 143-150.
Prasetia, Yasin. (2019). Kemampuan Koneksi Matematis Ditinjau dari Gaya Berpikir Menurut Gregorc pada Model Pembelajaran CORE. Skripsi, Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang.
Prasetia, I., Akrim, A., & Sulasmi, E. (2020). Effective Competency Based School Model. Jurnal Tarbiyah, 27(1).
Putra, A., Syarifuddin, H., & Zulfah, Z. (2018). Validitas lembar kerja peserta didik berbasis penemuan terbimbing dalam upaya meningkatkan pemahaman konsep dan kemampuan penalaran matematis. Edumatika: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 56-62.
Romiyansah, R., Karim, K., & Mawaddah, S. (2020). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Pada Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1).
Saminanto, K. (2015). Analysis of mathematical connection ability in linear equation with one variable based on connectivity theory. International Journal of Education and Research, 3(4), 259-270.
Siahaan, S. (2013). Menuju Arah Pendidikan Berkualitas di Daerah Tertinggal dan Perbatasan Melalui Pemanfaatan TIK. Jurnal Teknodik, 17(1), 596–605
Vandini, I. (2015). Peran kepercayaan diri terhadap prestasi belajar matematika siswa. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(3).