Kajian Teori: Pengembangan Model Brain Based Learning berbantuan E-Module berbasis Multiple Intelligences untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik SMP

Main Article Content

Kiki Novita Sari

Abstract

Kemampuan berpikir kritis merupakan kemampuan menganalisis tingkat tinggi, dimana memproses dan menerapkan informasi untuk memecahkan masalah agar dapat membuat keputusan yang tepat. Rendahnya kemampuan berpikir kritis seringkali ditemukan dalam kelas matematika pada materi Geometri (Bangun Ruang). Peserta didik seringkali melakukan kesalahan konsep, terjemahan dan strategi dalam mempelajari Geometri. Hal ini dikarenakan kebiasaan peserta didik pada sistem hafalan dan praktik berhitung sederhana. Sehingga diperlukan solusi untuk mengurangi dampak penurunan kemampuan berpikir kritis yaitu berupa ketidakmampuan  peserta didik memecahkan masalah sehari-hari. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bahwa pengembangan model Brain Based Learning (BBL) berbantuan E-Module berbasis Multiple Intelligences (MI) dapat menjadi solusi dan inovasi untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Metode penelitian ini adalah studi literatur dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber-sumber yang digunakan dalam penelitian ini berupa artikel, jurnal, serta buku yang berkaitan dengan penelitian. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa model BBL berbantuan E-Module berbasis MI dapat menjadi solusi untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Penelitian selanjutnya yang potensial untuk dikembangkan sebagai riset adalah bagaimana proses pengembangan model BBL berbantuan E-Module berbasis MI dapat menjadi solusi untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik.

Article Details

How to Cite
Sari, K. (2023). Kajian Teori: Pengembangan Model Brain Based Learning berbantuan E-Module berbasis Multiple Intelligences untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik SMP. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 6, 325-333. Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/66931
Section
Articles

References

Batdi, V. (2017). The Effect of Multiple Intelligences on Academic Achievement: A Meta-Analytic and Thematic Study. Educational Sciences: Theory & Practice, 17(6), 2057–2092. https://doi.org/10.12738/estp.2017.6.0104
Chatib, M. (2019). Sekolahnya Manusia: Sekolah Berbasis Multiple Intelligence (Budhastuti, Ed.; 1st ed.). Kaifa.
Chiphambo, S. M., & Feza, N. N. (2020). Exploring Geometry Teaching Model: Polygon Pieces and Dictionary Tools for the Model. EURASIA Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 16(9), 1–11. https://www.ejmste.com/
Handayani, D., Elvinawati, Isnaeni, & Alperi, M. (2021). Development Of Guided Discovery Based Electronic Module For Chemical Lessons In Redox Reaction Materials. International Journal of Interactive Mobile Technologies, 15(7). https://doi.org/10.3991/ijim.v15i07.21559
Jensen, E. (2007). Brain Based Learning (The New Science of Teaching & Training) (Vol. 1). A SAGE .
Jufri, W. (2016). Belajar dan Pembelajaran Sains (2nd ed.). Pusta Reka Cipta. https://www.researchgate.net/publication/350457384
Karim, & Normaya. (2015). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Model Jucama di Sekolah Menengah Pertama. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 92–104.
Lee, H. W., & Juan, C.-H. (2013). What Can Cognitive Neuroscience Do to Enhance Our Understanding of Education and Learning? Journal of Neuroscience and Neuroengineering, 2(4), 393–399. https://doi.org/10.1166/jnsne.2013.1064
Lunenburg, F. C., & Lunenburg, M. R. (2014). Applying Multiple Intelligences in the Classroom: A Fresh Look at Teaching Writing. International Journal of Scholarly Academic Intellectual Diversity, 16(1), 1–14.
Mauliya, A. (2019). Perkembangan Kognitif pada Peserta Didik SMP (Sekolah Menengah Pertama) Menurut Jean Piaget. SciendeEdu, 2(2), 86–91.
Mufidah, L. L. N. (2014). Brain Based Teaching and Learning (1st ed., Vol. 1). Teras.
Mulyono, D., Friansah, D., & Asmara, Y. (2021). Workshop Pembuatan E-Modul Interaktif Pada MGMP Sejarah Kota Lubuklinggau. Jurnal Pengabdian Masyarakat: Maslahah, 2(1), 1–9. https://doi.org/10.30596/maslahah.v%vi%i.109
Nahdi, D. S. (2015). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Penalaran Matematis Siswa Melalui Model Brain Based Learning. Jurnal Cakrawala Pendas, I(1), 13–22. http://litbang.kemdikbud.go.id/index.php/s
Nurdiansyah, S., Sundayana, R., & Sritresna, T. (2021). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis serta Habits Of Mind Menggunakan Model Inquiry Learning dan Model Creative Problem Solving. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 95–106.
Rubiah, M. (2016). Implementation of Problem Based Learning Model in Concept Learning Mushroom as a Result of Student Learning Improvement Efforts Guidelines for Teachers. 7(22), 26–30. www.iiste.org
Setiawan, A. (2017). Belajar dan Pembelajaran (Fungky, Ed.; 1st ed.). Uwais Inspirasi Indonesia.
Sidik, M. J., Hendriana, H., & Sariningsih, R. (2018). Analisis Kesalahan Siswa SMP Kelas IX pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Saat Menyelesaikan Soal Berpikir Kritis. JPMI: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(5), 837–846.
Solihah, S. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematik Siswa MTs Dengan Menggunakan Metode Brain-Based Learning. TEOREMA : Teori Dan Riset Matematika, 4(1), 55–64. https://doi.org/10.25157/teorema.v4i1.1934
Suardana, I. N., Redhana, I. W., Sudiatmika, A. A. I. A. R., & Selamat, I. N. (2018). Students’ Critical Thinking Skills in Chemistry Learning Using Local Culture-Based 7E Learning Cycle Model. International Journal of Instruction, 11(2), 399–412. https://doi.org/10.12973/iji.2018.11227a
Tompo, B., Ahmad, A., & Muris, M. (2016). The Development of Discovery-Inquiry Learning Model to Reduce the Science Misconceptions of Junior High School Students. International Journal of Environmental & Science Education, 11(12), 5676–5686. https://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1115682.pdf
Wijaya, K. A., Kardiman, C, D. I., & Pangestika, R. R. (2020). Literasi Matematika Anak Usia Sekolah Dasar Melalui Teori Multiple Intelegent. Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 22–29. https://doi.org/10.37729/jpd
Wijayanti, T. E., & Trimulyono, G. (2019). Pengembangan Flipbook Berbasis Multiple Intelligence Pada Materi Substansi Genetika Untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas XII SMA. BioEdu: Berkah Ilmiah Pendidikan Biologi, 8(2), 253–259. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu/article/view/28796
Wulansari, N. K. A. M., Suarni, N. K., & Widiana, I. W. (2020). Animation in Science Learning With Brain Based Learning Models to Improve Student Learning Outcomes. International Journal of Elementary Education, 4(2), 160–168. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJEE
Yaumi, M., & Ibrahim, N. (2013). Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Jamak (Multiple Intelligences) Mengidentifikasi dan Mengembangkan Multitalenta Anak (T. Suhartati & S. F. S. Sirate, Eds.; 1st ed.). Kencana.
Yulando, S., Sutopo, S., & Franklin Chi, T. (2019). Electronic Module Design and Development: An Interactive Learning. American Journal of Educational Research, 7(10), 694–698. https://doi.org/10.12691/education-7-10-4