Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Implementasi Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Ditinjau Berdasarkan Gaya Belajar

Main Article Content

Salma Ayu Fadhila
Isnarto Isnarto
Isnarto Isnarto

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan implementasi model pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa dan mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah siswa ditinjau berdasarkan gaya belajar pada model pembelajaran Contextual Teaching and Learning. Metode penelitian yang digunakan adalah mix method dengan jenis penelitian sequential explanatory. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Brebes Tahun Ajaran 2022/2023 dengan sampel penelitian kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, angket, dan wawancara. Teknik analisis data terdiri dari analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) model pembelajaran Contextual Teaching and Learning efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah (2) siswa dengan gaya belajar visual mampu memenuhi empat indikator kemampuan pemecahan masalah, siswa dengan gaya belajar auditorial mampu memenuhi keempat indikator kemampuan pemecahan masalah dan sebagian lain hanya mampu memenuhi dua indikator, serta siswa dengan gaya belajar kinestetik mampu memenuhi dua indikator kemampuan pemecahan masalah, dan sebagian lain hanya mampu memenuhi satu indikator.

Article Details

How to Cite
Fadhila, S., Isnarto, I., & Isnarto, I. (2023). Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Implementasi Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Ditinjau Berdasarkan Gaya Belajar. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 6, 490-496. Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/67016
Section
Articles

References

Al-Hamzah, I. N. F., & Awalludin, S. A. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2246–2254. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.832
Bringula, R., Reguyal, J. J., Tan, D. D., & Ulfa, S. (2021). Mathematics self-concept and challenges of learners in an online learning environment during COVID-19 pandemic. Smart Learning Environments, 8(1). https://doi.org/10.1186/s40561-021-00168-5
Guo, S., & Liao, S. (2022). The Role of Opportunity to Learn on Student Mathematics Anxiety, Problem-Solving Performance, and Mathematics Performance. Frontiers in Psychology, 13(February), 1–15. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2022.829032
Nakakoji, Y., & Wilson, R. (2020). Interdisciplinary learning in mathematics and science: transfer of learning for 21st century problem solving at university. Journal of Intelligence, 8(3), 1–23. https://doi.org/10.3390/jintelligence8030032
Tambunan, H. (2019). The Effectiveness of the Problem Solving Strategy and the Scientific Approach to Students ’ Mathematical Capabilities in High Order Thinking Skills. 14(2), 293–302.
Umrana, Edi Cahyono, M. S. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa (Analysis of mathematical problem solving abilities in terms of student learning styles). Jurnal Pembelajaran Berpikir Matematika, 4(1), 67–76.